Yuk, Tengok Mana Saja Lokasi Syuting Dibalik Pembuatan Film “Martabak Bangka”

0
117
Jembatan Emas dengan Teknologi Bascule.

Hai sobat traveler, pasti pada tahu tentang Pulau Bangka Belitung kan? Bangka Belitung itu dua pulau yang berbeda loh. Nah, kalau keindahan Pulau Belitung sudah pernah diangkat menjadi film, yaitu Laskar Pelangi. Pulau Bangka juga gak mau kalah, September 2019 lalu telah dirilis film yang berjudul “Martabak Bangka”.

Film tersebut bercerita mengenai drama romansa berbau kuliner khas Bangka. “Martabak Bangka” tidak hanya menyinggung tentang keindahan Pulau Bangka, tetapi juga kearifan lokal budayanya. Kali ini saya ingin kasih info sobat traveler mana aja sih lokasi yang dijadiin tempat pembuatan Film Martabak Bangka. Barangkali bisa menambah info buat sobat traveler yang ingin berlibur di Pulau Bangka.

Bandara Depati Amir

Film ini bercerita tentang perjalanan seorang pemuda bernama Jaya yang diperankan Ramon Y. Tungka ke Pulau Bangka. Jaya ditemani temannya Asep (Ario Astungkoro) berangkat dari Jakarta ke Pulau Bangka. Sepeninggal Koh Acun, Jaya berniat untuk mengembalikan harta dan abu jenazah milik Koh Acun pada keluarganya, serta meminta izin untuk tetap menggunakan resep martabak Koh Acun yang dia pelajari sendiri dari Koh Acun.

Nah, dari sini cerita Jaya dimulai. Dalam film ini Bandara Depati Amir Pangkalpinang yang sempat disorot menjadi awal perjalanan Jaya dan Asep.

Alun-alun Taman Merdeka.

Alun-alun Taman Merdeka

Salah satu ikon terkenal di Kota Pangkalpinang ini juga dijadikan sebagai latar pembuatan film Martabak Bangka loh sobat traveler. Alun-alun yang biasa disingkat dengan ATM ini memiliki ikon “I Love PGK” yang tentunya cocok banget buat spot-spot foto buat menandakan kamu pernah main ke Pulau Bangka.

Pantai Indah Batu Bedaun

Sobat traveler pasti tahu kan apa yang menjadi wisata andalan Pulau Bangka. Film ini mengangkat keindahan salah satu pantai yang ada di sungailiat. Pantai Indah Batu Berdaun. Dinamakan batu bedaun dikarenakan masyarakat melihat ada tumpukan batu granit dan pohon yang berdiri diatasnya. Batu berdaun itupun menjadi ciri khas pantai ini.

Keindahan Pantai Indah Batu Berdaun sempat terlupakan karena adanya pantai-pantai lain yang menarik perhatian pengunjung. Padahal Pantai Indah Batu Bedaun juga tak kalah cantiknya dengan pantai lain. Pantai ini mempunyai ciri khas yang unik dengan tumbuhan diatas batu granit. Nama tumbuhan yang tumbuh diatas bebatuan itu adalah Saike. Saike merupakan tumbuhan sejenis bonsai dinamai oleh para pecinta bonsai. Pantai Indah Batu Bedaun terletak di Lingkungan Bukit Kuala, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka atau sekitar 45 menit dari kota Pangkalpinang. Lokasinya cukup mudah dijangkau. Di daerah Sungailiat terdapat banyak jajaran pantai-pantai indah lainnya, jika sobat traveler ingin menginap di daerah Sungailiat terdapat jangan khawatir terdapat vila dan hotel bagus di sekitar Pantai Indah Batu Bedaun.

Hotel Pantai Indah Batu Bedaun.

Danau Kaolin

Nah kalau Danau Kaolin sobat traveler pasti sudah banyak yang tahu dong. Danau Kaolin terdapat di Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Danau Kaolin merupakan danau yang timbul akibat bekas galian pertambangan mineral kaolin yang kemudian menjelma menjadi danau yang indah dan menawan. Danau Kaolin biasanya memiliki warna biru dan hijau yang berkilauan dibawah sinar matahari. Di sekitar danau terdapat gundukan pasir putih yang menambah kesan dramatis danau ini. Sungguh pemandangan danau yang sangat indah.

Jembatan Emas

Sejak tahun 2018, Jembatan Emas menjadi salah satu ikon baru wisata di Bangka Belitung. Jembatan Emas menghubungkan Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka. Panjangnya sekitar 785 meter, dengan lebar 23 meter, membentang di atas aliran Sungai Pangkal Balam, wilayah Ketapang, Pangkalpinang. Tahukah sobat traveler, apakah yang menarik dari Jembatan Emas ini? Jembatan Emas ini sudah memakai teknologi bascule loh atau yang biasa disebut sistem buka tutup seperti jembatan terkenal yang bernama London Bridge. Tidak tanggung-tanggung proses pengerjaannya sampai memakai konsultan ahli dari Inggris, alhasil jembatan ini terlihat megah ditambah dengan teknologi basculenya.

Kopi Tung Tau.

Tung Tau

Kopi merupakan merupakan salah satu minuman favorit Indonesia, hampir setiap wilayah di Indonesia pasti memiliki warung kopi andalan. Sobat traveler, Pulau Bangka Belitung juga punya warung kopi andalan loh. Tung Tau merupakan salah satu warung kopi andalan Pulau Bangka sejak Tahun 1938.

Warung kopi Tung Tau pertama kali berada di Sungailiat, Kabupaten Bangka. Sekarang sudah ada banyak cabang Warung Kopi Tung Tau yang ada di Kota Pangkalpinang. Keistimewaan Warung Kopi Tung Tau adalah ciri khas desain interiornya yang bernuansa tempo dulu. Selain terkenal dengan menu kopinya, warung Tung Tau juga menawarkan panganan untuk teman kopi kalian. Nah, gimana sobat traveler, tertarik untuk ngopi ditempat ini?

Martabak Acun Sungailiat

Film yang di sutradarai Eman Pradipta ini menceritakan mengenai perjalanan Jaya ke Pulau Bangka untuk mengembalikan abu jenazah Koh Acun. Dalam film ini, Koh Acun adalah orang yang sudah mengarjarkan Jaya tentang resep Martabak Bangka. Sobat traveler pasti tahu kan kalau rasa lezat dan legit dari martabak bangka sudah terkenal hingga pulau Jawa.

Gimana sobat traveler? Tertarik untuk menelusuri Pulau Bangka dan mecicipi lezatnya Martabak Bangka yang asli? Yuk cus tunggu apa lagi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.