Yuk Nikmati Keindahan Rinjani Lewat Jalur Torean

0
263
Air Terjun Penimbungan di Jalur Torean.

Salah satu yang membuat para pendaki ketagihan mendaki gunung adalah perjalanannya. Karena bagi kebanyakan pendaki, menikmati perjalanan saat mendaki gunung salah satu tujuannya. Salah satunya saat mendaki Gunung Rinjani ketika melewati jalur Torean. Jika travelovers mendaki gunung Rinjani Lombok, coba deh melewati jalur Torean. Walaupun memiliki jalur yang lumayan panjang di Gunung Rinjani, jalur Torean memiliki pemandangan yang sungguh menakjubkan. Indah dan menantang! Hehe

Cuuss… Seperti biasanya, mendaki Gunung Rinjani memiliki aturan yang harus dipenuhi pendaki pada umumnya. Mendaftar di Balai Taman Nasional Gunung Rinjani selama beberapa hari, baru kemudian anda bisa mendaki. Tapi tenang, biaya masuk di pendakian Gunung Rinjani tak semahal gunung pada umumnya. Hanya Rp 5.000 saja perharinya dan Rp 10.000 untuk biaya asuransinya. Sangat murah kan bagi travelovers yang hobi mendaki. Dapat diketahui, dari sudut mana pun Gunung Rinjani, yang memiliki ketinggian 3726 meter di atas permukaan laut ini, selalu tampak cantik. Sekali lagi, dari sudut mana pun Rinjani bak wanita muda yang anggun dengan kemolekannya.

Jalur Torean sendiri merupakan sisi lain dari Gunung Rinjani. Biasanya pendaki yang ingin berdiri di puncak Rinjani pasti melewati jalur Sembalun atau jalur Senaru yang masuk dalam wilayah Lombok Timur dan Lombok Utara. Akan tetapi, Gunung Rinjani sebenarnya memiliki banyak jalur. Ada jalur Timbanuh untuk wilayah Lombok Timur di Kecamatan Pringgasela. Dan Jalur Aik Berik di Kecamatan Batu Keliang Utara, Desa Aik Bukak, Lombok Tengah, dan satu lagi ialah jalur Torean di Kecamatan Bayan, Desa Torean, Lombok Utara bersebelahan dengan jalur Senaru di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Tetapi, uniknya, di jalur Torean, pendaki tak akan naik ke pelawangan jika hendak menuju Danau Segara Anak. Jika kembali ke basecamp melewati jalur Torean, para pendaki juga tak harus naik ke pelawangan Sembalun atau pun Senaru.

Kondisi jalur Torean melewati lembah.

Keindahan jalur Torean sungguh menakjubkan. Layak lembah yang berada di luar negeri. Bagaimana tidak, diapit oleh dua bukit seperti lembah di Film Jurasic Park. Jalur Torean adalah jalur yang dibuat pertama kali oleh orang Torean sendiri, melewati belahan jalur di Sungai Kokok Putek yang ada di Desa Torean. Jalur Torean sebenarnya jalur lembah. Melewati tebing lembah Gunung Rinjani bagian barat bernama puncak Sangkareang membuat jalur ini lebih ekstrem dari jalur Rinjani pada umumnya. Akan tetapi, di jalur Torean ini, travelovers akan menemukan beberapa keindahan alam yang memanjakan mata para pendaki. Salah satunya yang akan travelovers temui jika pulang melewati jalur Torean ialah Gua Susu dan pemandian aiq kalaq (air panas) di area Gua Susu. Dan, terdapat 3 goa yang akan kita lewati jika pulang lewat jalur Torean.

Ada Gua Susu, ada juga Gua Banyu Urip, dan Gua Pitu. Jika travelovers mendaki ke Gunung Rinjani dan menuju Danau Segare Anak di Gunung Rinjani, cobalah ajak warga setempat atau guide untuk pulang melewati jalur Torean. Karena jalur Torean merupakan jalur adat, Badan Nasional Taman Gunung Rinjani sengaja tidak meresmikan jalur ini. Mengingat jalur Torean adalah jalur adat untuk para Mangku Adat di beberapa desa di sekitar Gunung Rinjani. Jadi, jalur Torean ialah jalur ilegal. Tapi, ketentuan melewati jalur ini hanya satu, travelovers harus berhati-hati dan harus bersama pendaki yang pernah melewati jalur Torean. Hal itu untuk menghindari agar pendaki tidak tersesat di tengah hutan Torean.

Air terjun pertama yang ditemukan lewat Jalur Torean.
Menemukan Air Terjun yang Indah

Selama di perjalanan dari Danau Segara Anak di Gunung Rinjani, melewati jalur Torean, travelovers akan menemukan 6  air terjun yang sungguh menakjubkan. Bahkan, saya pun tidak tahu persis nama 5 dari 6 air terjun tersebut. Pemandangan setelah berjalan selama 1 jam dari Danau Segara Anak, travelovers akan menemukan Goa Susu. Di sana terdapat pemandian air hangat loh. Setelah melanjutkan perjalanan sekitar 1 jam, travelovers akan menemukan Kokoq Putek atau Sungai Putih. Setelah itu, berjalan selama 30 menit lagi, anda akan melihat pada tebing sebelah timur jalur pendakian air terjun yang indah.

Salah satu air terjun yang cukup menakjubkan yang akan ditemui lewat jalur Torean ialah air terjun Penimbungan. Setelah berjalan selama 2 jam lamanya dari Kokoq Putek tadi, travelovers akan disuguhkan oleh air terjun Penimbungan. Diperkirakan air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60-70 meter loh. Berada di tengah lembah Torean, air terjun ini menjadi bonus bagi para pendaki yang pulang dari Gunung Rinjani melewati jalur Torean. “Sungguh maha karya Tuhan yang sudah menciptakan bumi dengan penuh keindahan”, seraya dalam hati berucap saat melihat air terjun Penimbungan itu.

Lembah Torean.

Dari 6 air terjun lainnya, air terjun Penimbunganlah yang paling menakjubkan. Dari 6 air terjun itu, ada tiga air terjun musiman yang akan travelovers temui. Tapi, melewati jalur Torean, travelovers harus ekstra hati-hati. Walaupun tak ada track yang begitu nanjak seperti jalur di Rinjani pada umumnya, di jalur Torean memiliki beberapa tebing yang harus dilewati dengan sangat hati-hati.

Setelah anda berfoto membelakangi air terjun Penimbungan, tak ada lagi pemandangan indah lagi di jalur Torean. Karena, setelah air terjun Penimbungan, travelovers akan melewati hutan Torean kurang lebih 3-5 jam lamanya sampai Desa Torean. Perjalanan dari jalur Torean memang menantang. Jika travelovers pulang melewati jalur ini, pastikan baterai atau daya kamera dan handphone cukup untuk berfoto di beberapa spot di jalur Torean.

Yuk ke Rinjani! Biar bisa pulang atau berangkat lewat Jalur Torean. Pasti menantang dan menakjubkan. Eiiiits jangan lupa bawa sampahnya turun ya! Hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.