Yuk, Kenali Ikan Arus Deras yang Jadi Primadona di Kabupaten Kerinci

0
269
Ikan semah.

Berkunjung ke Kerinci, lupakan sejanak tentang gunung vulkaniknya yang megah, juga aroma kopinya yang mendunia, karena akan sayang rasanya jika harus melewatkan kuliner yang satu ini. Kuliner yang saya maksud adalah gulai ikan semah.

Gulai Ikan Semah sudah sangat populer bagi kalangan pelancong, terutama bagi mereka yang sudah pernah berkunjung ke Kerinci. Perpaduan rasa bumbu dan bahannya yang khas akan membuat travelers ketagihan hanya dalam sekali suap. Bukan hanya karena kelezatan rasa, tapi banyak hal mengapa kuliner yang satu ini begitu dicari para wisatawan lokal ataupun manca negara. Penasaran seperti apa? Berikut ulasannya.

Ikan Semah

Ikan Semah adalah ikan air tawar yang hidup di sungai-sungai berarus deras. Ikan ini berasal dari Indo-Australia. Di Indonesia, Ikan Semah memiliki banyak nama seperti, Kancra (Bahasa Sunda), Sapan (Bahasa Kalimantan), Curong (Bahasa Batak), dan masih banyak lainnya. Sementara itu, nama Semah sendiri lebih populer untuk wilayah Sumatera bagian tengah dan sekitarnya.

Ikan yang sekerabat dengan ikan mas ini sangat terkenal sebagai bahan baku panganan ikan kelas tinggi. Dahulu, ikan ini hanya dimakan oleh kaum bangsawan saja. Ikan semah bisa mencapai panjang 1 meter, namun biasanya yang banyak di jumpai dan dikonsunsi rata-rata panjang 30 cm.

Olahan Ikan Semah
Olahan ikan semah dalam bentuk sale atau di asapin.

Ikan semah memiliki tekstur daging yang padat dan lezat. Tak heran, kemudian jenis ikan ini menjadi bahan olahan primadona seantero Jambi, khususnya wilayah pegunungan seperti Kerinci. Biasanya ikan ini diolah dengan tambahan bumbu bumbu segar yang di dapatkan saat itu juga.

Olahan yang paling populer dari ikan semah adalah gulai ikan semah. Yap, tidak ada yang menampik kelezatan gulai ikan semah. gulai ikan semah adalah ciri masakan khas nusantara. Adapun bumbu bumbu dasar dari gulai ikan semah adalah cabe rawit, garam, bawang merah, bawang putih, jahe, laos, serta santan kelapa. Saat memilih ikan semah, pastikan untuk memilih yang berukuran besar, karena ikan kecil akan banyak duri dan mengganggu kenikmatan saat menyantapnya.

Keunikan olahan ikan semah ini adalah pada bagian sisiknya yang juga bisa di makan. Memang terdengar sedikit aneh, tapi rasanya sangat enak dan gurih seperti menggigit tulang muda pada ayam.

Sulitnya, mendapatkan bahan baku, serta didukung kelezatan yang melekat di lidah membuat olahan ini cukup mahal di pasaran. Sekilo ikan semah bisa mencapai harga Rp 180.000. Untuk menemukan kuliner ini tidak perlu khawatir, karena hampir di setiap rumah makan di Kerinci terdapat gulai ikan semah. Terlebih jika travelers berkunjung ke Danau Kerinci. Perpaduan angin sepoi-sepoi, serta view Danau Kerinci akan membuat anda tidak bosan untuk mengunyahnya.

Khasiat Ikan Semah
Olahan ikan semah yang di padankan dengan nanas.

Ikan semah bukan hanya lezat, tapi juga kaya manfaat. Ikan semah mengandung asam lemak omega 3 yang bagus untuk pertumbuhan dan membantu menutrisi otak manusia.

Selain untuk menutrisi otak dan pertumbuhan, ikan semah juga diyakini mampu meningkatkan selera makan. Tubuh jadi tambah bergizi dan tidak rentan terhadap penyakit.

Khasiat yang tidak kalah pentingnya, mengonsumsi ikan semah dapat menyehatkan limpa. Organ tubuh yang berperan sebagai penghasil antibodi terhadap sesuatu yang asing yang bisa merusak tubuh.

Jadi bagaimana? Bukan hanya lezat bukan. Ikan semah ini ternyata juga kaya manfaat. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak mencicpi kuliner ini ketika menyambangi Kabupaten Kerinci.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.