Yang Perlu Diperhatikan Saat Pertama Kali Ke Luar Negeri

0
1591
(sumber: unsplash.com)

Sejuta rasanya ketika dapat kesempatan untuk pelesir ke negara yang belum pernah disinggahi sebelumnya. Apalagi kamu sendiri punya negara impian untuk dikunjungi, tentu euphoria liburan akan lebih terasa. Namun, di luar rasa-rasa yang dirasakan untuk pertama kalinya menginjak negeri orang, kamu pun perlu mengetahui apa saja yang perlu kamu perhatikan sesaat sebelum ke luar negeri. Umumnya, konsentrasi kamu akan terpaku pada dokumen-dokumen penting sesaat sebelum pergi. Sebut saja paspor, visa, dan lain sebagainya. Memang dokumen-dokumen tersebut perlu jadi perhatian, namun terlepas dari itu, kamu pun perlu memperhatikan yang lainnya. Kamu bisa perhatikan hal lain sebelum pelesir ke negara impianmu seperti berikut

Unduh Map Offline

(sumber: unsplash.com)

Fitur google maps yang kaya jangan sampai kamu tidak manfaatkan sebaik mungkin. Kamu bisa unduh map negara atau kota tujuan kamu, sehingga kamu tidak perlu panik jika kamu tersesat dan terkendala oleh sinyal. Jangan lupa untuk menandai atau mengetahui lokasi penting di negara tersebut seperti kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), kantor polisi, serta kantor imigrasi di negara yang akan kamu tuju.

Jangan Pergi Terlalu Jauh dari Bandara saat Transit

(sumber: unsplash.com)

Mungkin saat kamu membeli tiket pesawat, kamu sudah mengetahui sebelumnya berapa lama durasi transit saat kamu pergi. Jika durasi transit yang kamu lalui dua jam atau kurang, pastikan kamu tidak jauh-jauh dari bandara atau bahkan keluar bandara. Selain itu, sebelum pergi, pastikan kamu tidak membawa barang yang tidak perlu atau dilarang oleh maskapai penerbangan. Tentu kamu tidak mau kan perjalanan terhambat hanya karena barang yang sebenarnya tidak perlu juga kamu bawa?

Antisipasi alat Komunikasi yang Akan Digunakan Saat di Luar Negeri

(sumber: unsplash.com)

Sebenarnya, tidak menjadi masalah jika kamu menggunakan nomor telepon seluler yang biasa kamu gunakan saat di negara sendiri. Namun, biaya yang bengkak malah membuatmu kesulitan untuk berkomunikasi kan? Jika kamu ingin yang praktis, kamu bisa menyewa atau membeli wifi portable. Cara lain jika kamu merasa wifi portable tidak efektif, kamu bisa mengurus kartu seluler milik kamu jauh hari sebelum berangkat. Jangan lupa, kamu harus pastikan baterai ponselmu terisi dan cukup untuk perjalanan sertakan juga steker yang sesuai dengan negara tujuanmu.

Bawa Sedikit Uang Tunai Asing dan Tarik Kembali di Negara Tujuan Lewat ATM

(sumber: unsplash.com)

Memang perlu untuk menukar uang asing sebelum pergi ke negara asing. Namun, kamu tidak perlu membawa uang segepok di dalam dompet atau tas. Selain merepotkan, berat, membawa uang tunai segepok pun dirasa tidak aman. Terlebih, sebagai pelancong baru ke luar negeri hal tersebut cukup riskan. Kamu bisa mengestimasi jumlah uang yang perlu kamu bawa tunai sebelum pergi dan setelah sampai di negara tujuan, kamu bisa menambah uang tunai yang bisa kamu bawa. Kamu bisa mengambil uang di ATM negara tujuan.

Selalu Bawa Fotokopi Dokumen Penting

(sumber: unsplash.com)

Yang namanya melancong di tempat asing tentu akan banyak sekali pengalaman tak terduga, entah baik ataupun buruk. Maka sebaiknya bawa selalu fotokopi dokumen penting, mulai dari KTP, Visa, Paspor, Kwitansi Hotel, dan lain-lainnya.

Unduh Aplikasi Pendukung Sebelum Pergi ke Negeri Impian

(sumber: unsplash.com)

Sesaat sampai di negara tujuan, kamu pasti akan kebingungan untuk memenuhi segala kebutuhanmu. Amannya, kamu unduh berbagai macam aplikasi untuk mendukung travelingmu. Kamu bisa unduh Uber untuk memudahkan mobilitas, kemudian kamu bisa unduh Yelp untuk referensi tempat makan, XE currency untuk menghitung konversi mata uang, serta Safe Travel Kemlu untuk mengetahui informasi para WNI yang sedang berada di luar Indonesia. Masih banyak lagi aplikasi penunjang perjalanan kamu di luar negeri, bahkan kamu pun bisa mencari pemandu perjalananmu dengan ponsel, yaitu dengan mengunduh aplikasi Get Your Guide.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.