Wisata Religi Sambil Ngabuburit di Masjid Raya Al Mashun Medan

0
4803
Arsitektur bangunan Masjid Raya AL Mashun.

Kalau datang ke kota Medan, Sumatera Utara kurang lengkap rasanya jika tidak singgah di objek wisata yang satu ini. Salah satu ikonnya kota Medan, Masjid Raya AL Mashun berada di jalan Sisingamangaraja kecamatan Medan Kota, kota Medan ini merupakan Masjid terbesar di Sumatera Utara yang dapat menampung ribuan jamaah. Tapi kalau saya boleh sarankan sebaiknya sebelum mengunjungi objek yang satu ini, ada baiknya kamu berkunjung ke wisata Istana Maimun dulu deh. Karena letak Masjid Raya ini cukup dekat dengan Istana Maimun cukup berjalan kaki sekitar 5 menit dari Istana Maimun menuju Masjid Raya.

Masih di pintu masuk saja saya sudah di suguhkan dengan pemandangan bangunan Masjid Raya yang begitu indah dengan arsitektur bergaya khas Timur Tengah, India dan Spanyol, membuat saya akan betah berlama-lama di sini. Tapi sebelumnya saya mau informasiin nih buat kamu yang tidak menutup aurat ataupun kamu beragama non-muslim tetap bisa kok berkunjung ke Masjid ini. Cukup dengan menyewa kerudung dan sarung dengan harga Rp. 2000 tanpa ada batas waktu pemakaian lho. Selain itu kamu juga harus menitipkan alas kaki kamu dan nanti kamu cukup bayar sukarela kok untuk penitipannya. Tapi beneran kok ini berasa berada di Timur Tengah lho heheeh. Padahal saya belum masuk ke dalam Masjid.

Tanpa menunggu lama lagi saya pakai kerudung dan sarung, kemudian menitipkan sepatu. Setelah itu saya langsung menuju bangunan bagian dalam Masjid Raya. Wahh,saya sangat kagum dan desain interiornya yang megah dan kokoh memanjakan mata saya. Terdapat ukiran juga lho di bagian dinding Masjid yaitu, berupa ukiran daun yang merupakan hasil dari perkebudan kesultanan Deli.

Desain interior Masjid Raya.

Ternyata Masjid Raya AL Mashun ini, adalah salah satu peninggalan kesultanan Deli juga lho. Memang keren banget deh desain interiornya yang di desain oleh arsitek Belanda Van Erp yang juga merancang Istana Maimun. Sedangkan beberapa bahan bangunan Masjid ini di impor lho seperti: lampu gantungnya dari Prancis, marmer dari Italia dan kaca patrinya dari China.

Bangunan Masjid Raya sendiri di bagi menjadi dua bagian yaitu,ruang utama: tempat wudhu, pintu masuk dan menara. Sedangkan bagian kedua yaitu, ruang utama: tempat sholat, berbentuk segi delapan tidak sama sisi. Nah ternyata bangunan Masjid Raya AL Mashun sebagian besar masih bangunan asli, hanya beberapa bagian saja yang sudah di renovasi. Kebayang enggak sih bahwa ternyata bangunan Masjid Raya ini sudah berumur lebih dari satu abad dan masih mempunyai bangunan yang belum pernah di renovasi yang menandakan bangunan ini benar-benar kokoh. Masjid Raya merupakan salah satu bangunan tua di Indonesia.

Betah deh berlama-lama di sini.

Walaupun dijadikan sebagai tempat wisata sekaligus tempat beribadah, sebagai pengunjung kita harus tetap menjaga ketenangan dan ketertiban saat berkunjung ya. Pada saat berkunjung kita juga boleh mengabadikannya kok tapi tetap jangan sampai mengganggu yang beribadah ya.

Oh iya kalau lagi bulan ramadhan seperti saat ini, di Masjid Raya AL Mashun juga menyajikan bubur sop anyang sebagai hidangan berbuka puasa. Bubur Anyang merupakan makan khas suku Melayu yang pastinya selalu ada setiap tahunnya di bulan ramadhan.

Ternyata bukan hanya masyarakat lokal saja yang berkunjung ke Masjid Raya namun wisatawan mancanegara juga banyak lho yang datang ke Masjid yang satu ini. Konon katanya Karena sama-sama peninggalan kerajaan Deli, Masjid Raya terhubung langsung dengan Istana Maimun, melalui sebuah terowongan yang mengarah ke kamar sultan Deli di Istana Maimun. Terowongan tersebut biasanya digunakan oleh sultan apabila ingin pergi ke Masjid. Namun,saat ini terowongan tersebut tidak ada lagi karena sudah roboh.

Jadi tunggu apalagi nih, seperti pada bulan ramadhan kali ini cocok nih wisata religi sambil ngabuburit dan berbuka puasa disana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.