Wisata Religi: Masjid Agung Jawa Tengah

0
2060

Berlibur ke Semarang belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi masjid terbesar di Jawa Tengah. Salah satu mimpi saya adalah dapat mengunjungi dan solat di masjid ini. Nah mumpung lagi ada di Semarang, saya menyempatkan untuk mengunjungi dan solat di masjid ini.

Ngomong-ngomong tentang masjid, apa travellovers ada yang tau apa nama masjid agung ini? Saya kasih clue yah travellovers, masjid ini merupakan masjid agung di Semarang yang lokasinya ada di Sambirejo? Ada yang tau? Yap betul, namanya adalah Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan salah satu masjid terbesar yang berlokasi di Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Masjid ini diresmikan pada tanggal 14 November 2006 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono, setelah pengerjaan sejak tahun 2001 sampai dengan di resmikan tahun 2006. Masjid Agung Jawa Tengah ini berdiri diatas lahan 10 Ha. MasyaAllah sangat luas bukan travellovers?

Dari luar kita sudah bisa melihat megahnya masjid ini. Dengan gaya arsitektur campuran Jawa, Islam, dan Romawi membuat semakin agung rumah Allah ini. Memasuki pelatan masjid, kita sudah bisa melihat megah dan kokohnya pilar-pilar yang berhiaskan kaligrafi yang berjumlah 25 pilar.

Cantik banget kan Masjid Agung Jawa Tengahnya travellovers?

Semakin berjalan lagi ke area serambi Masjid Agung Jawa Tengah, kita akan melihat 6 payung raksasa seperti yang ada di Majid Nabawi. Payung ini merupakan payung otomatis atau elektrik dengan ketinggian mencapai 20 meter dengan diameter 14 meter. Nah biasanya payung elektrik ini akan dibuka secara otomatis setiap Solat Jumat, Idul Fitri, dan juga Solat Idul Adha. Itu pun jika kondisi angin dalam keadan normal yaa travellovers.

Ini dia megahnya arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah.

Selain itu di Masjid Agung Jawa Tengah ini terdapat Menara Asma Al-Husna yang memiliki tinggi 99 meter. Menara ini terdiri dari beberapa lantai yang terdiri dari: lantai 1 difungsikan sebagai Studio Radio Dais (Dakwah Islam) dan juga pemancar TVKU, selanjutnya lantai 2 difungsikan sebagai Museum Perkembangan Islam di Jawa Tengah, selanjutnya di lantai 18 difungsikan sebagai rumah makan berputar, dan lantai 19 difungsikan sebagai gardu pandang yang dilengkapi dengan 5 teropong untuk dapat melihat keindahan Kota Semarang dan tempat untuk melihat rukyat al-hilal.

Travellovers, selain untuk tempat ibadah, Masjid Agung Jawa Tengah ini bisa menjadi tempat wisata religi. Di masjid agung ini sudah disediakan penginapan dengan total 23 kamar dengan berbagai kelas, sehingga jika travellovers kemalaman bisa menginap di wisma ini.

Cantik banget kan Masjid Agung Jawa Tengahnya travellovers?

Menjelang waktu solat, Masjid Agung Jawa Tengah ini akan dipenuhi oleh orang-orang yang akan melaksanakan ibadah. Nah, waktu saya berkunjung kesini menjelang solat magrib. Sebelumnya saya sudah sedikit berkeliling-keliling. Memandangi megahnya Masjid Agung Jawa Tengah ditemani langit sore yang mulai menguning.

Ohiya travellovers, jangan heran yah kalau banyak orang yang berfoto disini, termasuk saya juga hehe. Sayang aja kalau kalian kesini nggak foto. Eitss, buat yang muslim jangan lupa ibadahnya juga yah.

Nah ini dia Al Quran terbesar yang ada di dalam masjidnya travellovers.

Azan Magrib berkumandang waktunya kita melaksanakan solat magrib. Alhamulillah akhirnya saya bisa solat di rumah Allah yang megah ini. Ohiya travellovers, memasuki dalam masjid kita akan melihat koleksi Al Quran raksasa yang berukuran 145 x 95 cm2 yang ditulis oleh Drs. Hayat dari Universitas Sains Al-Quran (unsiq) Wonosobo, Jawa Tengah. Lama penulisan Al Quran ini adalah 2 tahun 3 bulan. Luar biasa bukan travellovers?

Untuk travellovers yang akan atau sedang berada di Semarang jangan lupa untuk wisata religi ke Masjid Agung Jawa Tengah yah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.