Wisata Petik Apel di Kota Batu

0
412
Buah apel yang menggiurkan.

Kota Batu sudah dikenal sebagai Kota Apel. Pemberian nama itu bukan tanpa makna. Pasalnya, di Kota Batu banyak perkebunan apel yang tumbuh subur. Selain apel, ada juga buah jenis lain yang hanya bisa hidup di tempat dingin seperti buah stroberi yang juga banyak dicari oleh wisatawan saat berkunjung ke Kota Batu.

Untuk itulah, kota ini menyediakan destinasi wisata yang bisa dijajal oleh wisatawan. Alih-alih ingin membeli buah apel sebagai oleh-oleh dari pedagang, wisatawan bisa membeli buah apel secara langsung dari kebunnya. Bahkan, wisatawan bisa memilih buah terbaik dari kebun lalu memetiknya. Wisatawan juga diizinkan untuk makan langsung di kebun. Nikmat, bukan?

Wisatawan sedang memilih buah apel terbaik untuk dipetik.

Nah, sayangnya destinasi wisata petik apel ini memberikan peraturan yang sedikit merugikan wisatawan, meskipun bisa dibilang menguntungkan wisatawan dari segi perut. Yah, di wisata petik apel ini wisatawan tidak diizinkan untuk membawa pulang buah yang dipetiknya. Setelah dipetik, buah apek harus dikumpulkan pada pengelola wisata. Jika wisatawan ingin membeli buah yang dipetiknya, pengelola sangat mempersilakan. Intinya, wisatawan hanya boleh memetik buah dan makan secara langsung di lokasi sepuas-puasnya hingga kenyang.

Untuk jenis apel yang ada di Batu, Malang, ada lima jenis, yaitu apel granny smith, apel manalagi, apel rome beauty, apel wangling, dan apel anna. Namanya memang kebarat-baratan, ya? Padahal seluruh jenis apel ini hanya berbeda dari segi rasa dan tekstur daging buahnya. Selain itu, tidak semua lokasi wisata petik apel menyediakan semua jenis.

Deretan pohon apel.

Rata-rata, tiket masuk ke destinasi wisata ini cukuplah murah. Dengan harga Rp.30.000-Rp. 50.000, wisatawan sudah bisa memuaskan diri dengan memetik dan makan buah apel di kebun. Wisatawan pun bisa sambil bercengkerama dengan teman, sahabat, dan keluarga di kebun apel. Pokoknya serasa piknik di kebun apel. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang perlu wisatawan ketahui, yaitu kenakan payung agar tidak kepanasan, bawalah air minum agar bisa minum setelah makan buah apel, dan bawalah pisau. Buat apa? Tentu untuk mengupas buah apel karena di kebun tidak disediakan air cucian sehingga kurang sehat jika langsung dikonsumsi tanpa dicuci terlebih dahulu. Datanglah saat perut kalian kosong. Terakhir, waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB karena cuaca sedang hangat. Jika sore hari, sejuk sih, tapi khawatir hujan.

Di Kota Batu, sudah ada banyak destinasi wisata petik buah apel yang bisa kalian pilih. Ada Wisata Petik Apel Agro Rakyat, Wisata Petik Apel Kelompok Tani Makmur Abadi (KTMA), Wisata Petik Apel Mandiri, dan Kusuma Agrowisata. Rata-rata, destinasi wisata petik apel ini buka setiap hari dari pukul 07.00 WIB —17.00 WIB. Tentunya, saat weekend, tiket masuknya menjadi sedikit lebih mahal. Belum lagi kalian pun perlu membayar lagi untuk membeli buah apel yang kalian petik sendiri.

Selain membeli buah apel, wisatawan juga bisa membeli oleh-oleh lainnya yang berasal dari olahan buah apel. Olahan itu berupa keripik apel. Rasanya yang khas menjadikan keripik ini begitu disukai oleh kalangan wisatawan. Terakhir, jangan lupa untuk mengabadikan momen memetik buah apel kalian dengan kamera yang kalian bawa.

Apakah lokasi wisata petik apel ini bisa dijangkau dengan transportasi daring? Sangat bisa! Kalian hanya perlu memasukkan destinasi tujuan wisata petik apel di aplikasi. Driver akan siap mengantar kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.