Wisata Murah Meriah ke Kampung Betawi – Setu Babakan Jakarta

0
2538
Danau Setu Babakan
Salah satu toko yang menjual ondel-ondel.

Ada yang sudah pernah mendengar atau mengunjungi Kampung Betawi, Setu Babakan? Bagi warga Jakarta mungkin sudah tidak asing lagi dengan objek wisata bertemakan betawi yang berada di selatan Jakarta ini. Jika kalian ingin berwisata sambil mengenal budaya betawi lebih dekat, Kampung Betawi, Setu Babakan bisa jadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

Lokasinya sendiri beralamat di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Setu babakan dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 pagi hingga 18.00 sore. Untuk harga tiket masuknya sendiri adalah gratis. Tetapi jika kita menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor akan dikenakan biaya parkir 5000 rupiah saja. Kampung Betawi, Setu Babakan diresmikan oleh gubernur Jakarta, Sutiyoso pada tahun 2004 silam.

Selain lokasi yang strategis dan bisa diakses melalui berbagai macam moda transportasi. Dari kopaja, busway, kereta commuter line, bahkan ojek online. Jika mau naik kopaja bisa dari halte terminal Blok M lalu dilanjut naik kopaja nomor 616 jurusan Jagakarsa dan turun di Setu Babakan. Kalau mau naik busway juga bisa dari Blok M, di koridor 3 jurusan Blok-M – Cipedak. Busnya tidak terlalu besar dan berwarna biru langit.

Danau Setu Babakan
Rumah adat betawi.

Untuk yang mau naik kereta commuter line bisa turun di stasiun Lenteng Agung dan lanjut naik angkot turun di Setu Babakan atau bisa coba naik ojek online. Karena lokasinya hanya 3.7 km saja dari stasiun Lenteng Agung. Di sana kita akan disuguhkan pemandangan kampung betawi seperti rumah yang terbuat dari kayu khas arsitektur adat betawi. Berbagai macam pernah-pernik khas betawi juga terlihat dipajang di toko-toko yang berjajar di area Kampung Betawi, Setu Babakan. Seperti ondel-ondel, roti buaya, pakaian adat betawi dll.

Danau Setu Babakan
Loket masuk sepeda air (bebek-bebekan).

Karena namanya Kampung Betawi, Setu Babakan, pastilah terdapat juga Setu (danau), yang merupakan danau buatan yang cukup luas. Terdapat juga wahana sepeda air atau bebek-bebekan yang ramai dikunjungi oleh anak-anak dan orang dewasa. Fasilitas umum yang tersedia di Kampung Betawi, Setu Babakan termasuk lengkap dan bagus. Seperti tersedianya mushola dan toilet yang bersih.

Danau Setu Babakan
Abang penjual gulali di Setu Babakan.

Karena ini adalah tempat wisata, pastilah banyak sekali pedagang yang menawarkan jajanan. Terdapat banyak pedagang disekeliling area setu babakan. Terutama pedagang yang menjual makanan khas betawi atau khas Jakarta. Seperti bir pletok, dodol betawi, laksa betawi, kerak telor toge goreng, hingga jajanan yang umum seperti bakso dan mie ayam. Jajanan jaman dulu seperti arum manis atau rambut nenek dan gulali yang bisa dibentuk ada juga di sini. bahkan yang menjual ondel-ondel pun disini tersedia

Lokasi yang berada dipinggiran Jakarta, karena berbatasan dengan depok ini, bisa terbilang cukup asri. Di area Kampung Betawi, Setu Babakan banyak terdapat pepohonan yang rindang. Membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Danau Setu Babakan
Danau Setu Babakan.

Karena areanya yang luas. Setu Babakan Sering kali dijadikan area jogging track. Di setiap akhir pekan, pada pagi hari biasa digunakan untuk lari pagi para pengunjung. Mengelilingi satu atau dua kitaran area Setu sudah cukup membakar banyak kalori.

Kampung Betawi, Setu Babakan cocok digunakan sebagai tempat berkumpul diakhir pekan. Baik kumpul bersama keluarga, teman-teman dekat, ataupun ajang kumpul komunitas. Jika datang ke Kampung Betawi, Setu Babakan sebaiknya pada saat weekend, karena jika datang di weekdays bakal sepi pengunjung dan pedagang.

Kampung Betawi, Setu Babakan bisa menjadi Alternatif liburan murah meriah di Jakarta jika kalian bosan dengan suasana mall. Sekalian juga kita bisa belajar mengenal budaya betawi lebih dekat yang juga sebagai suku asli Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.