Wisata Lokal Anti Wabah Corona!

0
121
Gunung Sumbing, salah satu gunung indah di pulau Jawa.

Virus corona atau COVID-19 sudah mewabah ke berbagai negara, mulai dari negara di Benua Asia, Australia, Eropa, sampai Amerika. Bahkan beberapa negara yang bergantung pada industri pariwisata mengalami kesulitan ekonomi. Tak hanya itu, banyak wisatawan asal Indonesia yang membatalkan perjalanan mereka ke berbagai negara, terutama ke Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, Taiwan, dan Singapura. Wisatawan asal Indonesia mendadak galau dan risau karena gagal berlibur.

“Kacau! Udah beli tiket 10 juta, ternyata batal gara-gara corona!”, teman saya curhat karena gagal travelling ke Beijing, Tiongkok. Banyak juga teman lain yang mengeluh karena sudah memesan tiket pesawat pulang pergi sampai kamar hotel. Untungnya beberapa tiket pesawat bisa dibatalkan dan uangnya bisa kembali, walaupun tidak 100%. Rata-rata teman saya yang gagal travelling, bertanya seperti ini: “Kalau kondisinya udah gini, bagusnya liburan kemana ya?”.

Saya selalu menyarankan kepada teman-teman yang gagal berangkat untuk menjelajahi wisata lokal di Indonesia. Memang, banyak teman saya yang sudah bosan dan malas berwisata ke daerah-daerah populer, seperti Bali dan Yogyakarta. Tetapi Indonesia itu luas! Tulisan ini akan membahas beberapa daerah wisata yang tidak populer tapi menyimpan banyak harta karun tersembunyi. Ayo kita mulai!

Menjelajahi Lasem, Miniatur Tiongkok!
Pesona bangunan khas Tionghoa di Lasem.

Tempat ini cocok banget buat kalian yang gagal liburan ke Tembok China dan Guangzhou! Lasem adalah kabupaten yang terletak di pesisir utara Jawa Tengah, kira-kira cuma 2 jam dari Semarang. Daerah ini memang kurang populer kalau dibanding Semarang, tapi jangan salah, Lasem itu keren banget!

Sejak abad ke-18, daerah ini jadi pusat pemukiman orang-orang keturunan Tionghoa. Makanya tata kota dan bentuk bangunannya persis seperti di Tiongkok. Di Lasem juga banyak terdapat tempat ibadah unik, seperti Klenteng Gie Yong Bio dan Klenteng Cu An Kiong. Keliling Lasem rasanya damai banget karena daerah ini tidak riuh dan cenderung sepi. Cocok untuk penyuka wisata budaya, sejarah, dan wisata anti-mainstream!

Mendaki Gunung-gunung Indah di Pulau Jawa
Gunung Sumbing, salah satu gunung indah di pulau Jawa.

Kalau kalian gagal ke Gunung Fuji atau Himalaya karena himbauan dari pemerintah, maka mendaki gunung di Pulau Jawa bisa jadi pilihan utama! Gunung-gunung indah di Jawa menunggu dijelajahi. Mulai dari gunung yang bisa didaki bersama keluarga sampai gunung paling ekstrim tersedia di Jawa!

Kalau pergi bareng keluarga, kalian bisa hiking ringan ke Gunung Kelud di Jawa Timur, Bukit Sikunir di Dieng, atau Gunung Tangkuban Parahu di Jawa Barat. Tetapi, kalau kalian sudah terlatih naik gunung, maka kalian bisa mendaki Gunung Raung dan Gunung Argopuro di Jawa Timur, Gunung Sumbing dan Gunung Slamet di Jawa Tengah, atau Gunung Salak di Jawa Barat. Dijamin, gunung-gunung itu bisa mengalihkan rasa sedih kalian dari gagal mengunjungi Gunung Fuji atau Himalaya!

Menjelajahi Lampung Yang Terlupakan
Salah satu pantai tersembunyi di Lampung Selatan.

Nah, kalau yang satu ini cocok untuk kalian yang gagal liburan ke Pattaya, Thailand, atau ke Maladewa. Banyak orang menganggap Lampung hanya daerah transit saja untuk melintasi Sumatera, padahal tidak! Lampung menyimpan banyak sekali wisata indah yang tersembunyi. Mulai dari pulau-pulau keren di Lampung Selatan sampai pantai langganan kompetisi surfing dunia di Lampung Timur.

Provinsi Lampung menurut saya adalah sebuah daerah wisata yang super lengkap. Ada dataran tinggi, pulau-pulau indah, dan ada pula pantai dengan ombak terbaik se-Indonesia! Hanya masalahnya, belum banyak wisatawan yang tahu dan tertarik menjelajahi Lampung. Padahal bisa dibilang, keindahan alam dan budaya Lampung tidak kalah dengan Bali.

Itulah tiga pilihan tempat wisata yang bisa kalian pertimbangkan. Kalau dihitung-hitung, itu baru sekitar 1% saja dari seluruh wisata keren di Indonesia! Daripada sedih dan galau akibat gagal liburan, yuk jelajahi berbagai tempat wisata keren di Indonesia! Dijamin, rasa kecewa akibat wabah corona akan terganti dengan rasa bahagia! Tetapi mau kemanapun berlibur, tetap hati-hati dan selalu jaga kesehatan. Semoga wabah ini cepat berlalu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.