Wisata Kerajaan di Kawasan Keraton Surakarta Hadiningrat

0
62
Kawasan Keraton Surakarta Hadiningrat.

Mungkin wisata budaya keraton sudah tidak asing di kalangan masyarakat mengingat banyaknya peninggalan sejarah berupa bangunan khas kerajaan tersebut yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Keraton sendiri merupakan sebutan untuk istana tempat kediaman ratu atau raja. Keraton yang cukup dikenal di antaranya Keraton Kasepuhan Yogyakarta, Keraton Kasepuhan Cirebon, Keraton Kasepuhan Sumenep, Keraton Surakarta Hadiningrat, dan masih banyak yang lainnya. Selain Solo tersohor akan wisatawa kulinernya, maka wisata budaya Keraton Surakarta Hadiningrat sudah sepatutnya dimasukan ke dalam list destinasi liburan ketika berkunjung ke kota ini.

Keraton Surakarta Hadiningrat termasuk kedalam kawasan cagar budaya berdasarkan Undang Undang RI No 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Kawasan ini berlokasi di Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah. Menariknya lokasi keraton tidak jauh dari Benteng Vastenburg sehingga wisatawan dapat berkunjung ke dua destinasi sekaligus. Walau benteng tersebut hanya dibuka pada hari-hari tertentu, wisatawan tetap bisa berfoto di depan pintu masuknya. Nah, setelah puas berfoto , wisatawan dapat berjalan kaki atau menyewa becak tradisional dari area benteng menuju kawasan Keraton Surakarta.

Kebo Bule.

Gapura berwarna putih menyambut para pengunjung yang akan memasuki kawasan Keraton Surakarta Hadinigrat. Tidak jauh dari gapura terdapat Alun-Alun Utara dan masuk lebih dalam kawasan keraton terdapat Museum yang memamerkan benda peninggalan keraton berserta informasi sejarah di dalamnya. Museum Keraton Surakarta dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 09.00 – 14.00 WIB kecuali hari Jumat karena libur. Cukup merogoh kocek sebesar Rp 10.000, pengunjung sudah bisa berkeliling di museum tersebut. Selain itu, di sini juga ada tour guide ramah yang akan memberikan beragam informasi mengenai kawasan Keraton Surakarta bagi pengunjung yang perlu pendampingan mereka.

Peninggalan yang dipamerkan dalam ruang di museum terdiri dari berbagai benda pusaka, alat angkut tradisional, kendaraan raja, arca, diorama, prasasti, rangka tulang kebo bule, dan lainnya. Sedangkan bagian luar di tengah museum terdapat taman yang cukup luas dengan pepohonan besar yang tumbuh menambah sejuk udara sekitar. Pada bagian taman terdapat sumur yang diberi nama Sumur Songo yaitu sumur yang dulunya dipergunakan oleh Raja Pakuwono IX untuk bersemedi yang beralaskan papan di atas sumur tersebut.

Sumur Songo.

Setelah puas berfoto dan berliling museum tidak lengkap rasanya jika tidak melihat Kereta Jenazah, Kereta Pesiar, dan Kebo Bule. Kereta Pesiar dulu digunakan sebagai kereta trip liburan, sedangkan Kereta Jenazah merupakan kereta yang digunakan untuk mengantarkan jenazah Pakubuwono X ke pemakaman beliau. Kini kedua kereta ini berada dekat Alun-Alun Selatan dan tidak jauh dari tempat pemeliharaan Kebo Bule. Kebo Bule merupakan kerbau berwarna putih yang berbeda dari kerbau pada umumnya yang berwana hitam atau gelap. Oleh karena itu, kerbau unik ini kerap disebut dengan nama Kebo Bule. Selain familiar dengan nama Kebo Bule, kerbau ini juga dipanggil dengan sebutan Kerbau Kyai Slamet karena dipercaya menjadi penjaga pusaka milik Kyai Slamet.

Hal lain yang membuat Kebo Bule spesial yaitu setiap malam satu suro berdasarkan penanggalan Jawa, hewan tersebut beserta pusaka keraton akan diarak mengelilingi area sekitar Keraton Surakarta Hadiningrat. Ritual ini disebut dengan Kirab Pusaka Satu Suro. Ritual tersebut hingga kini masih dilaksanakan oleh pihak keraton. Selain menjalankan tradisi dan budaya, ritual ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin melihat langsung kegiatan malam suro tersebut. Keraton Surakarta dengan semua infomasi sejarah, tradisi, dan budaya yang dimilikinya merupakan salah satu contoh dari banyaknya ragam budaya Indonesia. Sungguh pengalaman yang mengesankan untuk berwisata sambil menambah pengetahuan tentang warisan budaya yang kita miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.