Weekend Ini Mau Ke Mana? Berikut Rekomendasi Vakansi Akhir Pekan Untukmu, Intip Yuk!

0
1389
Rencanakan Vakansi Di Weekend Ini (sumber: unsplash.com)

Menjelang weekend, sudah ada renacana berakhir pekan ke mana nih? Intip yuk rekomendasi tempat untuk inspirasimu di akhir pekan ini atau bisa juga untuk merencanakan weekend lainnya.

Selasar Sunaryo Art Space, Bandung

Selasar sunaryo art space (sumber: artspace.id)

Mau liburan menikmati karya seni rupa sekaligus santap makanan enak? Di sini tempatnya. Selasar Sunaryo berlokasi di Bukit Pakar Timur No. 100, Bandung. Di Selasar Sunaryo ini selain bisa melihat hasil karya milik Sunaryo serta menikmati santap siang, kalian pun bisa juga mengadakan pameran seni di sini. Karena terdapat space galeri kosong yang biasanya pun digunakan oleh masyarakat Bandung untuk menggelar pameran seni atau pertunjukan seni.

Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) sendiri didirikan pada tahun 1997 oleh Sunaryo, seorang seniman kontemporer serta mantan dosen seni rupa Institut Teknologi Bandung. SSAS pun diresmikan pada tahun 1998 oleh  Direktur Jenderal Kebudayaan, Edi Sedyawati. SSAS pun aktif menyelenggarakan kegiatan program seni rupa kontemporer baik itu pameran, diskusi, residensi dan lokakarya. Namun, tidak hanya itu, SSAS pun aktif menggelar kegiatan seni di luar disiplin seni rupa loh! SSAS pun sering juga menggelar kegiatan desain, kriya, seni pertunjukan, sastra, dan masih banyak lagi. Setiap kegiatan yang dilakukan SSAS pun diarahkan langsung oleh Dewan Pertimbangan Kuratorial, semuanya terdiri sari akademisi, kritikus dan praktisi seni. Selain itu, di komplek yang sama, kamu pun bisa mengunjungi Wot Batu Sunaryo, Wot Batu ini merupakan instalasi seni dengan media batu. Untuk Wot Batu sendiri, kamu dikenakan biaya. Berbeda dengan SSAS yang tidak dikenakan biaya sama sekali.

Setelah terkagum-kagum melihat karya seni luar biasa dari Sunaryo, jangan lupa mengunjungi cafenya. Di café SSAS, kamu akan disuguhkan pemandangan sejuk Dago Pakar serta kopi Selasar, signature coffee Selasar ini merupakan perpaduan kopi, susu, jahe segar, dan foam di atasnya. Tertarik untuk ke Selasar Sunaryo?

Motion Skatepark, Bali

Motion Skatepark Bali (sumber: skateboard.com.au)

Skateboard, salah satu cabang olah raga ekstrim ini tetap eksis dan menjadi olah raga yang diminati di Indonesia. Tak hanya orang dewasa, bahkan tak jarang anak-anak pun menyukai olah raga ekstrim ini. Hanya saja jarang sekali ada yang meramaikan, mengekspos fasilitas atau membahas olah raga ekstrim satu ini. Apalagi bagi kamu yang ingin mencoba olah raga ekstrim ini, tentu tidak bisa disembarang tempat ataupun mencoba tanpa pengawasan professional bukan? Nah, kali ini kami punya salah satu referensi yang wajib banget kamu coba untuk mengisi weekendmu dengan main atau belajar skateboard.

Motion Indoor Skatepark, tepatnya berada di Kuta, Bali, merupakan salah satu skatepark yang bisa kamu datangi bersama keluarga atau teman-temanmu. Skatepark satu ini salah satu skatepark yang tenar di Bali, berdiri sejak tahun 2009 dan dikelola secara professional, sehingga Motion Skatepark ini menjadi skatepark yang nyaman untuk semua kalangan. Motion sendiri sangat terbuka bagi semua segment, mulai dari beginner hingga yang professional, juga dari anak-anak hingga dewasa. Seperti namanya, skatepark satu ini didesain Indoor, jadi kamu tak perlu pusing melihat cuaca yang pas untuk skateboarding. Tapi, kalau merasa tak nyaman atau ingin skateboarding di tempat terbuka, Motion Skatepark pun memiliki fasilitas untuk skateboarding outdoor. Bagi kamu yang sedang di Bali atau berdomisili di Bali. Kamu bisa banget ke sini dan mencoba setiap obstacle yang ada di dalamnya. kamu juga dapat menemukan Skateshop. Inilah alasannya mengapa Motion Skatepark sangat ramah bagi para beginner, selain kamu pun bisa diajari langsung oleh tutornya yang professional, kamu juga bisa langsung datang dan mencoba memilih sendiri papanmu. Skateshopnya sendiri pun menjual berbagai aksesoris bagi kamu yang ingin mendandani papanmu. Belum lagi, di sini pun ada café yang bisa kamu singgahi setelah lelah bermain skate, kamu pun bisa juga berbagi pengalaman dengan skateboarder lain. Maka, sayang jika kamu tidak menyambangi skatepark satu ini.

lokasinya sendiri tepatnya berada di samping jalan sunset road, jalan café legong nomor 420, Kuta, Bali. Biaya masuknya pun terjangkau, cukup merogoh kocek sebesar Rp. 30.000,- kamu bisa bermain skateboard seharian. Bagi kalian yang sedang plesir di Bali, bisa banget luangkan waktunya untuk berkunjung ke Motion Skatepark dan mencoba sendiri olah raga ekstrim satu ini atau kamu pun bisa masukan Motion Skatepark ke dalam list perjalananmu di Bali ya.

The Lucky Boomerang Bookshop, Jogjakarta

The Lucky Boomerang Bookshop (sumber: facebook/LuckyBookshop)

Ini spot terbaik bagi kamu para bookworm yang lagi jalan-jalan di Jogja! The Lucky Boomerang Bookshop ini “thrift shop”nya buku. Namun saat kalian kemari, kamu tidak hanya menemukan buku-buku saja. Kamu pun akan menemukan banyak postcards juga souvenir. Buku yang disediakan pun beragam, mulai dari buku baru atau bekas dengan genre yang beragam pula. Kamu pun akan melihat banyak buku impor loh di sini! Gak tanggung-tanggung, bukunya pun dalam bahasa asing seperti Jerman, Perancis, Belanda, dan masih banyak lagi. Di sini kamu tidak hanya dapat membeli buku, kamu pun bisa menukar atau menjual koleksi buku. Tak jarang Bookshop ini pun disambangi pelancong baik lokal ataupun asing.

Konsep yang disuguhkan Lucky Bookshop ini pun sangat unik, benar-benar mengusung Indonesia Tempo Dulu dengan rak yang terbuat dari bambu serta kayu. Toko buku istimewa ini berlokasi di Gang Sosrowijayan Wetan, Gang 1, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta. Selain kamu bakal menemukan The Lucky Boomerang Bookshop, kamu pun akan menemukan banyak sekali penginapan yang sangat murah, tak jarang penginapannya pun disambangi para turis untuk menginap.

Snorkeling Pulau Weh, Aceh

Pantai Rubiah, Pulau Weh, Sabang (sumber: horesabang.co.id)

Weekend bikin rencana Snorkeling? Seru total nih. Nih, Pulau Weh, salah satu destinasi oke di Sabang, Aceh yang bisa kamu datangi untuk Snorkeling. Tak jarang, traveler-traveler memasukan Pulau Weh sebagai wishlist destination mereka karena memang panorama Pulau Weh sangat cantik!

Pertimbangan untuk masalah kenyamanan traveling, Pulau Weh pun kini sudah banyak penginapan dan resor yang nyaman untukmu. Jika kalian ingin snorkeling dan tidak punya perlengkapan serta action camera, kamu pun bisa menyewa di sana loh! Spot terbaik Pulau Weh untuk snorkeling pun banyak. Beberapa diantaranya yang sering disebut-sebut sebagai spot favorit snorkeling adalah di Iboih dan Rubiah. Kalau kamu tidak ingin asik sendiri, kamu pun bisa bergabung dengan wisatawan lain, kamu juga bisa menyewa pemandu dan juru foto di sana. Seru kan? Kamu akan menemukan banyak biota laut yang sangat terawat di Pulau Weh.

Setelahnya kamu capek-capek snorkelling, jangan melewatkan minum kopi aceh dan menikmati sunset di Tugu Nol Kilometer karena lokasi Tugu Ini merupakan penanda geografis paling barat Indonesia yang berbatasan langung dengan Samudera Hindia.

 

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.