Watu Lumbung, Edukasi Tentang Alam dan Kehidupan yang Bersahaja

0
2080
Watu Lumbung.

Kawasan wisata yang berada di daerah Kretek, Parangtritis, Bantul ini merupakan hasil dari gagasan seseorang yang ingin memajukan masyarakat, turut serta menjaga alam dan kepedulian terhadap pendidikan masyarakat setempat. Dengan konsep yang sederhana dan out of the box, kawasan wisata ini akan memberikan pelajaran hidup yang luar biasa padamu. Salah satunya adalah kesederhanaan, mencintai alam, dan saling menghormati.

Dikemas dengan konsep yang unik, tempat ini akan memberikan pengalaman berwisata yang berbeda dari tempat lain. Sebenarnya ada banyak warung yang menawarkan konsep dan menu yang berbeda. Ada yang menawarkan kopi dan jajanan gratis bagi kamu yang bersedia menyumbang buku, ada warung kejujuran tanpa kasir, ada diskon bagi kamu yang bersedia menanam bibit pohon, ada pula diskon jika kamu mau membantu pemilik warung untuk memasak dan mencuci piringmu sendiri, yang menarik di tempat ini sebagai tamu kamu juga diharuskan untuk melayani tamu yang lain.

Lembayung Surya.

Sungguh konsep menarik yang tidak akan kamu jumpai di tempat lain. Nantinya buku yang kamu sumbangkan akan dikumpulkan dan dijadikan perpustakaan agar dapat diakses oleh masyarakat sekitar. Sehingga dengan menyumbangkan buku layak baca yang kamu miliki, kamu turut serta memajukan pengetahuan bagi masyarakat setempat.

Pada saat mengunjungi tempat ini beberapa waktu yang lalu di pagi hari, tempat ini kelihatan sepi karena biasanya akan ramai pengunjung pada waktu sore menjelang matahari terbenam. Di sana aku bertemu dan sempat berdiskusi dengan salah satu pemilik warung yang juga seorang seniman. Banyak cerita menarik yang beliau ceritakan terkait konsep wisata ini dan juga pengalaman-pengalaman beliau dengan seni. Ditemani pisang goreng dan jahe hangat, di pagi yang sepi pengunjung itu aku mendapatkan banyak sekali pelajaran hidup sebagai upaya menjadi manusia yang bermanfaat bagi lingkungan melalui kesederhanaan.

Berbagi Cerita dengan Pemilik Warung.

Nah, bagi kamu yang liburan ini berencana ke liburan ke Yogyakarta, kamu harus mengunjungi tempat ini. Menikmati secangkir wedang uwuh ditemani jajanan pasar sembari menyaksikan matahari terbenam dengan bersahaja, atau mencari spot foto untuk feed instagram lebih berwarna. Selain itu, kamu bisa turut serta memajukan tempat ini dengan menanam bibit pohon, membantu pemilik warung memasak, dan melayani tamu , atau menyumbangkan buku yang layak baca untuk ditukarkan dengan jajanan yang ditawarkan. Tidak hanya sebagai tempat wisata, tempat ini juga menjadi tempat berbagi, baik berbagi cerita, berbagi rasa, berbagi dengan sesama dan juga berbagi dengan alam.

Beberapa nilai-nilai kehidupan yang dapat kamu petik dari berwisata ke Watu Lumbung , seperti kejujuran, kesederhanaan, mencintai alam, berbagi dengan sesama, dan saling menghormati dapat kamu aplikasikan di kehidupan sehari-harimu. Selain sebagai sarana hiburan bagi kamu yang ingin berlibur dari aktivitas sehari-hari, tempat ini juga menawarkan sesuatu yang dapat meningkatkan kualitas dirimu sebagai manusia. Untuk kamu yang mau wisata di Yogyakarta, tempat ini harus ada di salah satu list destinasimu. Mari belajar menjadi manusia, memanusiakan manusia, dan mencintai alam semesta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.