Warung Sate Kambing Legendaris Pak Toha Lumajang

0
225
Nasi, Gulai, Sate Kambing, dan Es Teh pak Toha Lumajang.

Siapa sih yang ngga kenal dengan kuliner satu ini? Sate, potongan danging sapi, kambing, ayam atau kelinci yang ditusuk dengan dibumbui bumbu khas dari masing-masing daerah. Kuliner sate ini banyak ditemui di berbagai daerah mulai dari sate Padang, sate buntel di Solo, dan tentu saja Sate Madura. Dari baunya saja sudah pasti menggugah selera, apalagi menikmatinya ketika perut sedang kosong. Nah, di Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Lumajang, ada salah satu rumah makan legendaris yang menyajikan menu sate, namanya adalah warung makan Sate Kambing Pak Toha.

Sate Kambing Pak Toha adalah warung sate legendaris yang dikenal hampir seluruh warga Lumajang, khususnya penikmat sate kambing. Aroma yang dihasilkan ketika membakar sate di atas bara arang menjadi daya tarik calon pembeli ketika lewat di depannya. Di setiap porsi terdiri dari 10 tusuk sate yang setiap tusuknya terdiri dari 4-5 daging dan lemak kambing. Tenang saja bagi kalian yang ingin menikmati sate tanpa lemak, karena Sate Kambing Pak Toha menyediakan menu sate tanpa lemak.

Sate Kambing Pak Toha yang buka sedari pagi ini menyuguhkan sate kambing dengan bumbu khas Madura, karena memang Kota Lumajang adalah kota pertama yang menjadi pusat pencampuran dengan budaya Jawa. Hal ini menjadi istimewa dengan terciptanya kuliner yang khas. Bagaimana tidak, warung Sate Kambing Pak Toha ini memiliki cara khusus untuk menjadikan daging kambingnya empuk tanpa dimasak menggunakan presto, bumbu yang digunakan untuk menjadikan daging menjadi empuk ketika disantap masih dirahasiakan oleh pemilik warung Sate Kambing Pak Toha.

Terlihat pemilik warung membakar Sate kambing di atas bara arang.

Satu menu lagi yang wajib kalian coba ketika berkunjung ke Sate Kambing Pak Toha ini adalah gulai kambing. Gulai kambing yang disajikan di sini sangat cocok untuk menemani kalian yang sedang menikmati sate kambing. Sekedar tips nih buat kalian yang sedang menikmati sate kambing dengan kuah gulai, yaitu menambah sedikit kecap atau bumbu sate kambing di kuah gulai dengan begitu dijamin perpaduan gulai dan sate kambing yang sedang dinikmati terasa lebih nikmat dan lezat.

Meski terlihat sederhana menu satu porsi yang terdiri dari gulai, sate kambing, es teh, atau minuman lain dan tentunya nasi putih yang merupakan makanan pokok orang indonesia. Dijamin ketika sudah merasakannya, dan kalian akan selalu mengingat kelezatan dari Sate Kambing Pak Toha ini.

Untuk menunya, warung Sate Kambing Pak Toha menyediakan berbagai macam makanan, antara lain sate kambing yang dibanderol dengan harga Rp 24.000. Sedangkan sate kambing tanpa lemak dibanderol dengan harga Rp 28.000, adapun menu gulai dan kikil dibanderol dengan harga Rp 25.000 per porsinya. Untuk minuman, warung Sate Kambing Pak Toha menyediakan menu minuman antara lain es teh, es jeruk, teh panas, jeruk Panas, hingga es soda gembira. Wah sungguh nikmat sekali ya menu-menunya, apalagi dengan harga yang tidak menguras dompet.

Sate Kambing pak Toha.
How to get there?

Jika kalian dari arah terminal Minak Koncar, kalian bisa menaiki angkutan umum ke arah kota. Untuk lokasi dari Warung Sate Kambing Pak Toha terletak di Jalan Jendral Suprapto No. 6, Dusun Tompokersan, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Nah bagi kalian yang beradai di luar kota dan kebetulan mengunjungi Kota Lumajang, jangan lupa untuk mampir sembari mencoba kuliner legendaris dari Kota Lumajang ini. So bagaimana ada dari kalian yang tertarik untuk mencoba Sate Kambing Pak Toha? Yuk kunjungi Warung Sate Pak Toha!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.