Warung Rica-Rica Kerang Bu Endang, Kerang Terenak di Semarang

0
1378
Warung Kerang Bu Endang.

Warga asli Kota Semarang pasti kenal dengan warung bernama Rica-Rica Kerang Bu Endang. Warung yang menjual aneka kerang ini memang tidak pernah sepi pelanggan. Setiap harinya ada ratusan orang yang berkunjung ke sini. Meskipun lokasinya tak terlalu luas, namun tetap saja menjadi idola pencari kuliner. Lokasi warung berada di Jalan Singosari Raya, cukup 5 menit perjalanan dari Simpang Lima Semarang.

Warung Rica-Rica Bu Endang menjual beraneka kerang, seperti kerang hijau, kerang dara, kerang ceples, kerang batik, kerang simping, dan menu kerang lainnya. Selain itu, warung ini juga menjual menu selain kerang, seperti kepiting, udang dan ikan. Bumbu untuk masakan juga tak melulu rica-rica, tetapi ada pilihan lain seperti saus padang, lada hitam, asam manis, saus tiram, pedas manis, goreng mentega, gongso dan rebus. Ketika saya berkunjung, saya memesan kerang hijau bumbu rica-rica dan kerang simping bumbu saus padang.

Begitu diantar ke atas meja, terhidang nasi dan tempat nasi dari anyaman bambu, sepiring kerang, dan kobokan untuk cuci tangan. Kerang hijau di dalamnya ada daging berwarna oranye, dengan siraman bumbu rica-rica yang sangat pedas. Kerang hijau disajikan lebih banyak, namun dagingnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan kulit kerangnya. Jadi, kulit kerangnya yang membuat seolah sepiring penuh makanan. Dengan ditemani nasi putih yang masih hangat, kerang hijau yang saya pesan berhasil menggoyangkan lidah saya.

Kerang Hijau Bumbu Rica-Rica.

Kerang simping memiliki ukuran yang lebih besar dibanding dengan kerang hijau, dengan jumlah porsi yang lebih sedikit, tapi daging kerang simping lebih banyak, lebar, dan gemuk. Rasanya seperti daging ikan.

Ketika memasuki warung, saya langsung disambut oleh pelayan yang ramah. Seperti pada umunya menyodorkan menu kepada saya. Saya sempat bertanya, apakah menu paling banyak dipesan, tetapi katanya semua menu juga laris dibeli pengunjung. Dapur untuk memasak sengaja ditempatkan di depan, sehingga pembeli yang akan masuk dapat melihat proses memasak. Koki di warung Rica-Rica Bu Endang kebanyakan adalah ibu-ibu. Hanya pelayannya yang sebagian laki-laki, para koki tersebut juga sesekali ikut menyambut pembeli dan mengajak bergurau sambil memasak makanan.

Kerang Simping Bumbu Saus Padang.

Tempat duduk di Warung Rica-Rica Kerang Bu Endang terbagi menjadi jenis, yaitu lesehan yang berada di dalam, dan kursi panjang yang ada di luar. Jika mengajak anak-anak, saya sarankan jangan duduk lesehan, karena kipas angin yang disediakan kurang kuat. Jadi cukup membuat gerah dan mengurangi selera makan. Lain halnya jika dibandingkan dengan duduk di kursi luar, bisa lebih nyaman, karena ada sirkulasi udara dari luar yang lebih segar.

Meskipun kurang menyenangkan pada saat menunggu proses masak, namun bisa dipastikan, dan saya rekomendasikan mengenai rasa makanannya yang sangat sedap. Paduan bumbu dan daging kerang sangat pas di lidah. Tidak heran setiap harinya warung ini selalu ramai diserbu pembeli. Lokasinya juga sangat strategis, berada di depan Hotel Grand Edge. Harga seporsi makanan yang saya pesan, yaitu kerang hijau hanya Rp. 13.000, sedangkan kerang simping Rp. 17.000, dan untuk jenis kerang lainnya harganya berada pada kisaran di bawah Rp. 20.000.

Saya dan pembeli yang datang biasanya akan sedikit kesal karena waktu menunggu yang cukup lama, tetapi setelah disajikan, lidah tak mampu berkata apa-apa. Ingin menikmati saja sampai tak tersisa. Selain datang ke lokasi, pembeli juga bisa memesan menggunakan aplikasi ojek online, jika ingin terhindar dari antrian, tetapi tetap ingin untuk mencicipi kelezatannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.