Vihara Maitreya – Vihara Terbesar Se-Asia Tenggara

0
541
Gambar bagian depan bangunan Maha Vihara Maitreya.

Sumatera Utara memang punya banyak tepat wisata, baik dari segi keindahan alam, bangunan, kuliner serta budaya nya yang beragam. Kali ini ceritanya datang dari salah satu Vihara di Medan, sudah 4 tahun berdomisili di Medan namun baru tahun ini aku berkunjung ke Maha Vihara Maitreya padahal namanya sudah sering kali saya dengar. Bertepatan lokasi Maha Vihara Maitreya berdekatan dengan lokasi kampus saya yaitu, hanya perlu menghabiskan waktu 10 menit untuk sampai menuju Vihara tersebut. Maha Vihara Maitreya sendiri adalah salah satu tempat ibadah agama Buddha di Medan, Sumatera Utara. Namun selain dijadikan tempat ibadah Maha Vihara Maitreya juga di jadikan sebagai objek wisata.

Maha Vihara Maitreya merupakan Vihara terbesar di Indonesia bahkan terbesar se-Asia Tenggara wah luar biasa kan. Pertama kali saya melihat bangunan luarnya saja sudah sangat terlihat besar dan terlihat ukiran-ukiran gambar serta patung-patung khas Buddha. Masuk kedalam bangunan nih guys, adapun bangunan dari Maha Vihara Maitreya terdiri dari tiga bangunan utama yaitu bangunan baktisala umum dengan kapasitas 1.500 orang, bangunan Baktisala Maitreya dengan kapasitas 2.500 orang dan bangunan balai pertemuan dengan kapasitas 2.000 0rang, wah benar-benar besar banget bangunannya.

Megahnya bangunan Maha Vihara Maitreya.

Nah, sekedar informasi Maha Vihara Maitreya sudah didirikan sejak tahun 1991 di atas tanah seluas 4,5 hektar dan diresmikan pada 21 Agustus 2008. Walaupun di jadikan sebagai objek wisata dan banyak di kunjungi oleh wisatawan namun di Maha Vihara Maitreya masih terjaga ketenangannya. Maha Vihara Maitreya juga biasanya digunakan sebagai tempat mengadakan acara bakti sosial, donor darah, resepsi pernikahan dan lain-lain. Nama Maha Vihara Maitreya sendiri di ambil dari nama Buddha Maitreya, yang di tinggikan karena ajarannya tentang kasih semesta kepada umat Buddha. Selain bisa melihat langsung tempat ibadah Budha kita juga bisa mengetahui informasi lisan dari pemandu wisata disana, cukup memberikan donasi suka rela kok. Tapi, kalau tidak memakai pemandu juga tidak apa-apa ( berarti tidak usah bayar deh). Untuk kamu yang suka memfoto atau di foto, Maha Vihara Maitreya keren deh sebagai background foto kamu.

Nah setelah selesai mengunjungi Vihara Maha Maitreya pastinya lapar nih hehehe. Kamu enggak usah khawatir karena lokasi Maha Vihara Maitreya sendiri terkenal dengan vegetarian food nya terdapat restoran vegetarian food tepat berada di dalam bangunan Vihara, selain di Maha Vihara Maitreya Kamu juga bisa nemuin restoran vegetarian di sekitar kompleks Cemara Asri. Tapi kalau kamu tidak suka vegetarian food masih ada kok pilihan restoran lainnya di Cemara Asri yang bukan vegetarian food. Selain itu Maha Vihara Maitreya juga mempunyai toko yang menjual souvenir lho, jadi bisa sambil belanja oleh-oleh juga deh.

Patung dan ukiran khas agama Buddha.

Selain objek wisatanya lokasi Maha Vihara Maitreya juga cukup sejuk lho guys,karena masih di kelilingi oleh pohon-pohon. Tidak jauh dari bangunan Maha Vihara Maitreya kamu juga bisa melihat taman dengan kolam yang di penuhi oleh burung bangau. Nah, untuk transportasi menuju lokasi Maha Vihara Maitreya aku saranin pakai transportasi pribadi atau becak ataupun ojek online. Kalau transportasi umum kayak angkot sih ada tapi kamu harus berjalan kaki cukup jauh untuk masuk ke kompleks Cemara.

Yang penting nih guys walaupun Maha Vihara Maitreya di jadikan sebagai objek wisata kita tetap harus menghargai dan menjaga ketenangan di Vihara pada saat berkunjung ya.

Jadi buat apalagi enggak usah mikir panjang, yukkk ajak keluarga, teman, pacar maupun tetangga untuk berkunjung ke Vihara terbesar se- Asia Tenggara” Maha Vihara Maitreya”.

SALAM PESONA INDONESIA 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.