Trip ke Karimun Jawa: Backpacker atau Paket Tour?

0
903
Keindahan pulau Cemara Besar.

Salah satu pertanyaan yang paling dipertanyakan oleh traveler yang ingin ke Karimun Jawa adalah:

“Lebih enak sendiri atau ikut paket tour?”

Tulisan ini adalah uraian jawaban yang saya ingin jawab untuk teman-teman yang punya pertanyaan yang sama. Karena ketika saya traveling ke Karimun Jawa, pilihan untuk ikut paket tour dan trip sendiri benar-benar cukup membingungkan.

Hopping island dengan one day trip.

Yang pertama, kita harus tau dulu nih tujuan awal kita trip ke Karimunjawa untuk apa. Maksudnya, hal apa yang ingin kita utamakan dan prioritaskan dalam trip kita ke Karimunjawa. Apakah wisata laut, apakah tur darat, atau sekedar tur pantai saja. Pertimbangan-pertimbangan ini sangat menentukan langkah yang akan kita ambil selanjutnya.

Lalu, berapa budget yang kita siapkan. Jumlah uang yang kita siapkan untuk traveling di Karimunjawa menentukan langkah yang kita ambil, apakah ikut paket tur atau menyusun trip sendiri. Jika kita traveling dengan gaya low budget, kita bisa backpackeran dan menyusun sendiri yang ingin kita jalani. Tetapi jika kita punya uang lebih dan ingin fokus menikmati trip saja, maka berbagai pilihan paket tur pun bisa kita ikuti.

Ada Lebih dan Kurang
Bakar ikan di pulau Cemara Besar, dengan one day trip.

Semua pilihan yang kita pilih memiliki sisi “nilai lebih” dan “kurang”. Banyak nilai yang bisa kita dapat di setiap gaya perjalanan yang kita lakukan, entah itu mengikut paket tur atau menyusun sendiri. Jika kita mengikut paket tur, maka semua perjalanan kita sudah terencana dan terjamin. Makan, penginapan, transportasi, bahkan fasilitas snorkeling di bawah laut pun sudah disediakan oleh penyedia jasa. Lalu, kita pun akan dipandu oleh pemandu wisata yang sudah berpengalaman. Sehingga kita sudah tak sulit lagi menyesuaikan diri dan memikirkan segala detil perjalanan di Karimun Jawa.

Hanya saja, bagi beberapa orang, gaya wisata seperti ini kurang menantang dan kurang memiliki tingkat eksplorasi yang bebas. Jadwal yang padat dan objek wisata yang “mainstream” sudah menjadi hal yang harus kita maklumi jika mengikuti paket tur. Lalu, karena perjalanan yang sudah terjadwal dan terstruktur itu, maka kesempatan untuk kita mendapat cerita seru dari warga lokal atau berkemah di pinggir pantai secara bebas pun tidak akan banyak didapat.

Pertimbangan untuk menyusun wisata sendiri pun memiliki sisi “nilai lebih” dan kurang. untuk nilai lebihnya, trip backpacker sendirian di Pulau Karimunjawa akan lebih bebas dan eksploratif. Kita bisa menginap di rumah warga lokal, berkemah di tepi pantai, mengunjungi makam Sunan Nyamplungan, bahkan sekedar berbincang-bincang larut malam dengan para nelayan. Trip yang lebih santai dan fleksibel akan membuat kita lebih bisa menyesuaikan kondisi dengan kebutuhan kita.

Untuk sisi nilai kurangnya, kita sedikit lebih sulit dan mengandalkan keberuntungan. Adaptasi yang lebih dan penyesuaian kondisi dengan daerah yang baru kita kunjungi adalah hal yang menantang, jika kita melakukan trip backpackeran. Semua kondisi yang terburuk bisa terjadi, tetapi semua bisa diatasi dengan riset dan perencanaan yang lebih matang.

Sebuah solusi
Snorkling dengan paket tour one day trip di Karimun Jawa.

Saya pergi ke Karimun Jawa, hari Jumat 12 April 2019. Saya melakukan trip dengan cara nge tank atau backpackeran dari Jepara. Ketika sampai di Karimunjawa saya melakukan kemping dan menginap di rumah warga lokal. Gaya seperti ini saya pilih karena saya ingin melakukan trip yang lebih fleksibel dan eksploratif.

Tetapi di hari kedua, hari Sabtu 13 April 2019. Saya mengikuti one day trip atau open trip yang diselenggarakan oleh salah satu paket tur di Karimun Jawa. Saya mengikuti trip paket snorkeling dan hopping island sehari full. Menurut saya, one day trip ini sangat bisa dipertimbangkan sebagai pilihan, apalagi kalau kamu suka backpackeran dan melakukan wisata dengan petualangan yang eksploratif. Banyak penyedia jasa one day trip atau open trip yang bisa kita temukan di Karimun Jawa, biayanya mulai dari 150 sampai 200 ribuan. Dengan fasilitasnya yaitu, kapal wisata seharian, dua spot snorkeling, 2 pulau untuk hopping Island, dan makan siang yaitu ikan bakar segar.

Dengan harga yang murah dan waktu yang relatif cukup panjang, maka one day trip di Karimun Jawa ini sangat patut kamu pertimbangkan. Apalagi untuk kamu yang mencari jalan tengah antara backpackeran atau mengikuti paket tur.

Jadi, pilihan mana yang kamu pilih? Yuk berangkat ke Karimun Jawa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.