Traveling ke Tanjung Bira, Makassar

0
245
Flickr.com/M Reza Faisal

Kehabisan ide untuk traveling di Indonesia? Bingung mau ke mana liburan kali ini? Kamu tak perlu risau, Indonesia itu kaya akan tempat-tempat wisata dan memiliki aneka ragam jenis wisata, dari wisata kuliner, adat budaya sampai wisata belanja.

Destinasi yang bisa kamu coba kunjungi adalah Tanjung Bira. Jika nama ini terdengar asing di telingamu dan kamu bertanya Tanjung Bira di mana, destinasi traveling di Indonesia ini ada di kota Bulukumba dan satu provinsi dengan kota Parepare, kota kelahiran Almarhum B.J. Habibie, yaitu Sulawesi Selatan. Berminat untuk jalan-jalan di pantai yang indah sambil menikmati kuliner lezat? Traveling ke Tanjung Bira bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kelebihan Tanjung Bira

Kawasan wisata di Sulawesi Selatan ini banyak disamakan dengan Maladewa oleh wisatawan. Kesamaannya terletak di pantainya yang hampir sama dengan pantai yang ada di negara kecil tersebut. Disebut juga dengan nama Tanjung Bire, tempat pariwisata ini menawarkan keindahan alam bawah laut yang menggoda. Keindahan alam yang dimiliki tempat ini mampu menghipnotis mereka yang datang berkunjung.

Indonesia bagian timur memang terkenal dengan keindahan pantainya yang kelas wahid, jadi tak heran bila Tanjung Bira pun sama indahnya seperti pantai-pantai lain di wilayah Indonesia timur.

Kelebihan lain dari destinasi wisata ini adalah penduduknya yang ramah. Mereka yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan ini umumnya memiliki kapal. Terkadang mereka berprofesi sebagai guide untuk wisatawan yang ingin mengunjungi spot snorkeling atau diving. Selain itu, para ibu di wilayah ini terkenal pandai mengolah bahan makanan menjadi kuliner yang lezat, seperti conro dan coto Makassar.

Destinasi Wisata di Tanjung Bira

Saat jalan-jalan ke tempat wisata ini, jangan lupa untuk berkunjung ke tempat pembuatan kapal Phinisi yang terletak di tepi pantai. Kamu bisa menyaksikan pembuatan kapal sambil menikmati keindahan matahari terbenam di sini.

Kawasan wisata ini tak hanya menawarkan pantai pasir putih, keindahan bawah laut dan pemandangan sorenya yang syahdu, ada juga tempat liburan eksotik yang layak untuk dikunjungi. Cek tempat-tempat berikut ini.

Pantai Ujung Tiro

View this post on Instagram

In this series, I present the nature beauty of Makasar – South Sulawesi during my last Phototrip with a group of fantastic photographers and mentors, special thanks to @miwafajri @phototripindonesia @adekurniafs and happy friends, you guys are rocks 🤘 #ig_exquisite #fantastic_earth #nature_wizards #landscape #landscape_capture #landscape_captures #landscape_hunter #landscape_lover #landscape_lovers #landscape_photography #landscapehunter #landscapelover #landscapelovers #landscapephotography #landscapephotomag #landscapephotos #landscapes #landscapeshot #landscapeslovers #landscape_specialist #natgeo #nationalgeographic #naturephotography #nature_prefection #ourplanetdaily #lensanyaeko #sonyalphaid #pantaiujungtiro

A post shared by Escape (@eko_scape) on

Hamparan laut berwarna biru di pantai bertebing ini adalah pesona yang ditawarkan oleh Pantai Ujung Tiro. Kejernihan air lautnnya membuat kamu tak perlu menyelam untuk melihat keindahan karang bawah laut. Jangan lewatkan sajian sunset yang indah di sini.

Pulau Liukang Loe

https://www.instagram.com/p/BoqUZsDDznu/

Apa sih yang ditawarkan oleh pulau ini? Pulau dengan nama yang diambil dari bahasa Konjo dan dikenal dengan nama Liukang memiliki banyak kayu hitam seperti arti namanya. Penggemar kehidupan bawah laut akan cinta dengan pulau ini karena memiliki pemandangan bawah laut yang indah juga hamparan pasir putihnya yang lembut. Pulau Liukang juga memiliki terumbu karang yang eksotis. Lokasinya persis di depan Pantai Bira. Destinasi wisata ini banyak dikunjungi turis dan backpacker dari Eropa, contohnya Prancis, Spanyol, Jerman dan Belanda. Ada juga pengunjung dari Indonesia.

Tebing Apparalang

Kamu penggemar olahraga yang menantang adrenaline? Cobalah cliff jumping dari ketinggian 7 meter. Jika ingin menikmati keindahan biota laut, kamu bisa snorkeling di sini.

Pulau Kambing

View this post on Instagram

Meski gak bisa berenang, tapi kalau udah ke Bira & nyebrang ke Pulau Kambing ini wajib turun meski pakai pelampung.. karena bawah lautnya keren 👍 Air yang biru & tenang, banyak terumbu karang & ikan warna warni 🐠🐟🐡 Seperti ikan warna orange (bukan kucing orange ya) yang lewat depan saya.. 4 tahun lalu ke Bira, tapi snorkeling nya di Pulau Liukang.. Dan kali ini, sekalian ke Pulau Kambing (refrensi travelblogger @wiwiafrina) dan emang tjakep 😎 Kali ini gak berani turun ke Pulau Liukang karena ombaknya lagi kenceng banget 🌊 Dan yang terpenting, ke Bira bareng sama c anak gunung (keliatan anak gunung takut naik kapal pas nyebrang pulau) 😂 #pulaukambing #pulauliukang #pantaibira #hakunamatata #tanjungbira #bulukumba #snorkeling #amazing #exploremakassar #sulawesiselatan #pesonaindonesia #indonesia

A post shared by Julianto Bule (@juliantobule) on

Ingin bermain snorkeling? Kamu bisa berkunjung ke daerah yang letaknya hanya 20 menit dari Tanjung Bira, yaitu Pulau Kambing. Destinasi wisata yang memiliki air laut yang sebiru Kristal ini terkenal akan kecantikan alam bawah lautnya  yang melebur dengan tebing terjal sehingga menjadikan pulau tampak lebih elok.

Tiket dan Transportasi

Tiket masuk ke Tanjung Bira sebesar Rp10.000 untuk wisatawan lokal dan Rp20.000 untuk wisatawan asing.

Untuk sampai di Tanjung Bira, kamu harus memulai perjalanan dari Bulukumba atau Makassar. Jika kamu memulai dari Makassar, kamu  bisa lanjutkan dengan transportasi umum travel ke Bulukumba dengan membayar RP40.000/orang. Kemudian diteruskan menuju Tanjung Bira dengan naik mikrolet yang juga dikenal dengan nama pete-pete. Ongkosnya sebesar Rp15.000/orang.

Nah, itulah Tanjung Bira, destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan jalan-jalan baru buatmu.

Penulis: Siti Hasanah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.