Traveling ke Karimun Jawa Hanya 400 ribuan!

0
1303
Karimun Jawa.

Banyak orang berfikir bahwa liburan adalah sesuatu yang mahal. Butuh uang yang banyak, tabungan selama beberapa bulan, dan hal-hal eksklusif. Tapi sebenarnya, liburan itu bisa sesuai banget dengan budget kita.

Karimun Jawa seringkali dianggap sebagai tempat eksklusif dan mahal. Karena letaknya di laut jawa dan lumayan jauh dari pulau jawa, maka banyak orang yang menganggap bahwa liburan ke Karimun Jawa adalah hal yang mahal. Tapi sebenarnya, kita bisa Karimun Jawa cuma pakai duit 400 ribu rupiah aja!

Ini dia langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk liburan ke Karimun Jawa dengan uang 400 ribuan aja.

Transportasi ke Karimun Jawa

Karimun Jawa terletak di Kabupaten Jepara, untuk menuju Karimun Jawa kita bisa menuju ke Jepara. Dari manapun kota asalmu, arahkanlah ke Jepara. Kamu bisa menaiki bus dan turun di Terminal Jepara, sudah cukup banyak jurusan bus yang tersedia dari berbagai kota. Nah, kita akan memulai perjalanan dari Terminal Jepara. Dari Terminal Jepara, kita bisa berjalan kaki atau naik becak ke pelabuhan Jepara, hanya sekitar 15 menitan saja kita sampai ke pelabuhan.

Kapal Laut Siginjai.

Sesampainya di pelabuhan, ada dua pilihan kapal laut menuju Karimun Jawa. Yang pertama adalah kapal cepat atau Express, waktu tempuhnya sekitar 2 jam dan biaya perjalanannya 150 ribu rupiah. Pilihan kedua adalah kapal Siginjai, kapal ini memiliki waktu tempuh sekitar 5 jam dan biaya perjalanannya 75 ribu rupiah. Karena bagi kita 400 ribuan, maka kita harus memilih kapal Siginjai untuk menuju Karimun Jawa. Tapi, kamu harus jeli melihat jadwal kapal agar tidak tertinggal atau tidak bisa berangkat, keberangkatan siginjai hanya ada di hari Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu. Waktu keberangkatannya pun dimulai dari pukul 07.00 pagi, sehingga sekitar jam 06.00 pagi kita harus sudah sampai di pelabuhan untuk membeli tiket.

Akomodasi di Karimun Jawa

Salah satu hal yang harus kita pikirkan berikutnya adalah penginapan. Karena kita melakukan low budget trip, maka disarankan untuk menggunakan tenda atau melakukan camping. Sebenarnya, biaya penginapan di Karimun jawa pun tidak terlalu mahal, penginapan sederhana harganya berkisar 90 sampai 150 ribu-an per kamarnya. Tapi untuk mengecilkan biaya akomodasi kita bisa melakukan camping.

Berkemah di Pantai Anora.

Ada beberapa spot yang bisa kita pakai untuk kemping, spot yang paling saya rekomendasikan adalah pantai, karena lahan dan fasilitas di pantai cukup enak untuk camping. Pantai Ujung Gelam, Pantai Pancuran, dan Pantai Anora adalah nama-nama pantai yang bisa kamu pertimbangkan sebagai lokasi pendirian kemah. Tentu masing-masing pantai memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi, dengan berkemah di pantai kamu bisa menekan biaya akomodasi menjadi sangat hemat. Di pantai, hanya ada biaya keamanan dan kebersihan saja 20 ribu per tenda. Murah kan?

Makan di Karimun Jawa

Satu hal yang harus kita perhatikan juga adalah biaya makan, biaya makan di Karimun Jawa bisa murah atau mahal. Tergantung kita sendiri. Tetapi, karena kita melakukan low budget trip, maka kita harus menekan biaya makan.

Makan ikan di Karimun Jawa.

Biaya standar makan di Karimun Jawa adalah 10 sampai 15 ribu rupiah. Biasanya warung warung nasi di area kota Karimun Jawa mematok harga sekitar itu. Biasanya mendapat nasi dan beberapa lauk, juga minumnya. Asumsikan kita 3 kali makan sehari, maka kita membutuhkan sekitar 40 ribu an per hari untuk biaya makan.

Jika kamu ingin sekali kali mencoba seafood di Karimun, maka kamu bisa mencari di Alun alun. Untuk makan seafood akan saya bahas di tulisan lain.

Tips Traveling di Karimun Jawa

Yang pertama, karena jarak antar objek wisata cukup jauh, kita bisa sewa motor. Letak pelabuhan atau Alun alun ke Pantai Ujung Gelam lumayan jauh, sehingga memakai motor akan menolong. Satu motor sewaan harganya sekitar 75 – 100 ribu rupiah.

Yang kedua, ikut one day trip. Biar kita bisa menikmati keindahan bawah laut Karimun Jawa, kita harus snorkeling dan mengunjungi pulau pulau kecil di Karimun Jawa. Untuk tips ini akan saya bahas di tulisan lain.

Yang ketiga, santai! Nikmatin semua momen berharga di Karimun Jawa. Karimun Jawa akan terkenang dan berkesan sekali jika kamu menikmati setiap momennya!

Perhitungan Biaya
  • Kapal Siginjai (Pulang Pergi) = 150 ribu rupiah.
  • Tiket Karimun Jawa + Retribusi = 6 ribu rupiah.
  • Sewa motor (1 Hari) = 75 ribu rupiah.
  • Biaya mendirikan tenda (2 malam) = 40 ribu rupiah.
  • Biaya makan (8 kali) = 120 ribu rupiah.
  • Minum dan snack = 30 ribu rupiah.

Total = 421 ribu rupiah.

Jadi, ayo menabung, nikmati dan kenali Indonesia melalui alamnya. Yuk ke Karimun Jawa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.