Tips Traveling Nyaman Bersama Balita

0
463
Traveling yaman bersama balita.

Traveling bersama keluarga memang sangat menyenangkan. Kebanyakan orang tua milenial beranggapan bahwa traveling bersama balita bisa merekatkan bonding antar anggota keluarga dan memberikan kenangan manis untuk si kecil.

Dengan traveling, anak akan belajar banyak hal. Belajar tentang kekayaan alam ciptaan Tuhan YME dan bersyukur karenanya. Belajar memahami perbedaan budaya dan kebiasaan setempat, mengajarkan anak untuk peka terhadap lingkungan, dan bahkan bisa membantu untuk menemukan passion anak sedari dini.

Membawa balita traveling juga memberikan beberapa keuntungan, karena biasanya ada harga khusus untuk transportasi dan tiket masuk wahana untuk anak-anak balita. Tentu saja hal ini bisa membantu menghemat budget liburan.

Namun bepergian bersama balita butuh persiapan matang agar anak tidak rewel dan menikmati perjalanan. Menjaga mood anak sangat penting, karena akan berpengaruh juga kepada mood orang tuanya. Pastikan liburan menjadi perjalanan yang berkesan. Yuk, simak tips berikut ini agar nyaman traveling bersama balita.

Pastikan Membawa Semua Kebutuhan dan Perlengkapan Anak.
Jangan lupa untuk membawa sunblock.

Membawa balita berlibur memang butuh tas yang cukup besar, karena membawa baju ganti saja tidak cukup. Kita perlu membawa popok, sabun khusus anak, minyak telon, dan beberapa obat-obatan/vitamin khusus anak. Jangan lupa juga untuk membawa sunblock for kids, apalagi jika destinasi liburan cuacanya cukup terik.

Pastikan membawa semua kebutuhan tersebut, karena biasanya anak tidak bisa memakai sembarangan produk. Belum tentu produk yang biasa dipakai anak bisa ditemukan di tempat kita berlibur. Untuk mensiasati agar tidak banyak makan tempat, orang tua bisa memindahkannya ke dalam kemasan travel size.

Bawa Mainan Kesayangan Anak.

Perjalanan yang cukup jauh biasanya akan membuat anak bosan dan rewel. Untuk itu, jangan lupa membawa mainan kesayangan anak. Bawa mainan yang berukuran kecil-kecil saja seperti boneka mini atau mobil-mobilan. Bisa juga membawakannya buku cerita, yang bisa dibaca bersama saat di perjalanan.

Bawa Cemilan Kesukaan Anak.

Selain bosan menunggu, anak bisa menjadi rewel karena kelaparan. Jadi pastikan untuk membawa cemilan kesukaannya. Sedikit tips, sebaiknya jangan memberikan cemilan dengan rasa coklat terlalu banyak, karena itu akan membuat perut anak mual dan muntah. Berikan pilihan varian rasa lain seperti strawberry atau vanila.

Alihkan Perhatian Anak dengan Bernyanyi dan Bermain.

Jika anak terus-terusan bertanya, “kapan sampai?”, dan mulai rewel, segera alihkan perhatian anak dengan mengajaknya bernyanyi dan bermain bersama. Misalnya menghitung pohon yang ia lihat selama di perjalanan, atau menyanyikan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” ketika melihat pemandangan gunung dari jendela mobil.

Jaga Kesehatan Anak Sebelum Pergi.

Ada baiknya mengajak anak ke dokter untuk check up kesehatan, sehingga sebagai orang tua akan lebih tenang jika tahu bahwa anak dalam kondisi yang fit untuk pergi berlibur. Jika perlu, hindari dulu makanan dan minuman yang bisa memicu anak sakit. Pastikan juga anak tidak terlalu kecapekan sebelum pergi traveling.

Tentukan Destinasi Liburan yang Ramah Anak.
Tips membawa balita berlibur.

Traveling dengan membawa balita artinya kita tidak bisa egois pergi ke tempat-tempat yang indah saja namun tidak ramah anak. Cobalah untuk menentukan destinasi liburan yang ramah anak. Misalnya kota yang ada wahana bermain, kebun binatang, atau pertunjukan tokoh kartun.

Namun anak juga harus dibawa ke alam seperti pantai, perkebunan, atau persawahan, sehingga bisa memberikan edukasi kepada anak bahwa hiburan tidak melulu harus ke wahana bermain. Alampun bisa menjadi tempat bermain yang menyenangkan.

Itu dia enam tips yang bisa diterapkan para orang tua milenial ketika mengajak anak balitanya traveling. Semoga bermanfaat dan mendapatkan kenangan liburan yang berkesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.