Tips Traveling ke Pulau Tidak Berpenghuni

0
963

Indonesia memiliki 17.000 lebih pulau, dari yang banyak penghuninya sampai yang tidak berpenghuni, karena banyak pulau dan wilayah perairan, maka negara kita memiliki banyak potensi. Mulai dari potensi sumber daya alam sampai pariwisata. Banyaknya potensi wisata laut, membuat Indonesia menjadi salah satu tujuan destinasi paling dituju.

Karena banyak pulau-pulau tidak berpenghuni yang belum dieksplorasi, maka wisata eksplorasi pulau menjadi sangat menarik untuk dicoba. Banyak cara dan gaya perjalanan yang bisa kita lakukan untuk mengeksplorasi pulau pulau kosong. Mulai dari dilakukan secara mandiri dengan perahu nelayan sampai mengikuti lewat jasa paket tur.

Apapun caranya, yang penting kita harus mencoba dan mengeksplor. Berikut adalah tips tips yang bisa kalian ikuti dan lakukan saat travelling ke pulau pulau tak berpenghuni. Yuk , disimak.

Menyapa Warga Lokal.
Menyapa warga lokal

Saat berkunjung dan travelling ke sebuah wilayah, berarti kita memasuki kawasan tinggal orang lain. Tentu adat dan budaya yang kita biasa temui di rumah akan berbeda dengan yang kita temui saat travelling. Maka, kita harus meminta petunjuk dan nashiat dari warga sekitar.

Nah, masalahnya, gimana kalau kita sedang travelling ke pulau yang kosong? Kita minta petunjuk ke siapa? Pohon? Atau batu karang?

Nah, kalau kita travelling ke pulau pulau tidak berpenghuni, tentu kita tidak langsung ada di pulau itu. Proses perjalanan dan pengamatan kita ketika travelling cukup untuk mendapat informasi dari warga lokal. Nelayan dan warga yang kita temui di pelabuhan pun cukup membuat kita mengerti kondisi sekitar.

Membawa perbekalan yang cukup

Jangan lupa, kita sedang travelling ke pulau yang tak berpenghuni. Jika kita belum terbiasa membuat dan mengolah makanan dari alam sekitar, maka bawalah perbekalan yang cukup. Perbekalan makanan dan miuman adalah hal yang cukup penting jika travelling ke pulau yang tidak berpenghuni. Apabila kita tidak mempersiapkan, belum tentu ada warung dan warga lokal yang bisa menolong jika kita kelaparan.

Makanan instan dan minuman sachet bisa kamu jadikan alternatif untuk persediaan bekalmu. Jadi, jangan lupa bekal ya!

Kapal Nelayan yang Mengantar.
Taati aturan

Jika kita menjelajahi pulau yang tidak berpenghuni, maka kita wajib menghormati dan menaati aturan yang berlaku. Walaupun pulau yang kita jelajahi tidak berpenghuni, tapi aturan dan adat istiadat warga lokal masih ada. Seperti dilarang menggunakan sabun dan sampo di area laut, larangan mengganggu satwa hidup, bahkan larangan menyalakan musik.

Oleh karena itu, bertanya dan berbincang dengan warga lokal terlebih dahulu akan sangat berguna. Sepengalaman saya, setiap daerah memiliki adatnya masing masing dalam menghadapi orang asing atau pendatang yang sedang travellling. Sudah menjadi keharusan bagi kita para traveller untuk menaati setiap aturan dan adat istiadat.

Bawa pulang sampahmu!

Tak bisa dipungkiri, kalau sektor wisata adalah salah satu penghasil sampah terbanyak di Indonesia. Mobilitas dan perpindahan tempat mungkin membuat para wisatawan lalai membuang sampah pada tempatnya. Masalahnya, alam Indonesia memiliki banyak sekali potensi wisata yang asri dan natural, jika pariwisata merusak keseimbangan siklus alam, bagaimana? Keindahan apa yang bisa kita nikmati?

Kebanyakan pulau yang tidak berpenghuni di Indonesia adalah pulau “perawan”. Yang dimana kondisi alamnya masih sangat asri dan natural, tidak ada penghuni dan seharusnya bersih dari sampah sampah anorganik. Anehnya, beberapa kali saya mengunjungi pulau kosong, minimal saya menemukan sampah plastik, baik di permukaan laut atau daratan.

Sudah merupakan tugas kita untuk menjaga keindahan alam Indonesia.

Dengan tips-tips tersebut, kunjunganmu ke pulau-pulau tidak berpenghuni akan semakin nyaman dan aman. Yang terlebih penting, kondisi alam di pulau pun terjaga dan tidak rusak! Jadi bagaimana? Kapan kita mau menjelajahi pulau-pulau kosong tak berpenghuni?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.