Tips Touring Semarang – Yogyakarta

0
134
Tugu Yogyakarta.
Tugu Yogyakarta.

Siapa bilang touring hanya bisa dilakukan para laki-laki?

Kali ini saya bisa membuktikan bahwa touring tidak hanya dapat dilakukan oleh laki-laki saja, Saya bersama 3 teman lainnya contohnya. Kami melakukan perjalanan dari Semarang ke Yogyakarta menggunakan sepeda motor. Perjalanan ini direncanakan ketika liburan semester ganjil, karena kita semua masih merasa butuh hiburan. Maka kami merencanakan perjalanan ini dan terlaksana pada akhir pekan semester genap.

Mungkin bagi sebagian orang perjalanan ini sudah biasa, tapi tidak dengan kami ber-4. Perjalanan ini merupakan perjalanan sekaligus pengalaman pertama yang kami alami karena perjalanan kali ini hanya dilakukan oleh perempuan saja. Tanpa didampingi atau dibantu oleh laki-laki satupun. Perjalanan ini merupakan pengalaman yang luar biasa, tak menyangka bahwa rencana ini bisa terlaksana.

Melakukan perjalanan ini tidak mudah, banyak yang harus disiapkan dan direncanakan. Pembahasan untuk rencana touring-pun tidak hanya dibahas satu atau dua kali saja. Perjalanan ini harus mempunyai persiapan dan rencana yang matang. Kami melakukan berbagai diskusi dimulai dari perencanaan waktu, estimasi biaya serta destinasi yang akan dikunjungi di Yogyakarta.

Perjalanan menuju Yogyakarta.

Memakai alat pelindung diri saat berkendara

Melakukan perjalanan dari kota ke kota harus mempunyai persiapan yang matang salah satunya adalah menggunakan alat pelindung diri ketika berkendara seperti jaket, helm, masker serta sarung tangan. Barang-barang tersebut dapat melindungi kita dari risiko berkendara. Kami juga tidak lupa membawa jas hujan untuk antisipasi karena ketika melakukan touring memang sedang memasuki musim hujan.

Hal lain yang perlu disiapkan untuk keselamatan berkendara adalah kondisi motor, mulai dari rem, kondisi ban serta mesin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Destinasi yang akan dikunjungi

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan sudah memiliki destinasi yang akan dikunjungi ketika berada di kota tujuan. Destinasi yang akan dikunjungi juga harus dipertimbangkan dengan waktu liburan yang kita punya. Tidak sulit untuk mencari wisata yang ada di Yogyakarta karena Yogyakarta merupakan kota pariwisata. Hanya saja, dengan waktu liburan yang sangat singkat saya dan teman-teman hanya memilih beberapa destinasi wisata saja yang akan dikunjungi. Sebagai pertimbangan kami, destinasi wisata yang dipilih juga disesuaikan dengan budget yang kami punya, karena kami juga tidak ingin terlalu boros dalam perjalanan kali ini.

Destinasi yang kami kunjungi adalah Candi Borobudur, Situs Warungboto, Pantai Drini dan tidak lupa tempat yang wajib dikunjungi setiap datang ke Kota Yogyakarta yaitu Malioboro.

Keberangkatan Semarang – Yogyakarta.

Kondisi fisik yang prima

Selain perencanaan dan persiapan touring yang sudah disebutkan, persiapan kondisi fisik juga merupakan hal yang paling penting untuk disiapkan ketika akan melakukan perjalanan.

Kami mempersiapkan kondisi fisik sebelum melakukan perjalanan dengan istirahat yang cukup, menghindari begadang karena ketika melakukan touring kami memerlukan kefokusan yang lebih tinggi dibandingkan biasanya agar tidak terjadi kecelakaan yang diakibatkan kondisi fisik yang lelah atau mengantuk. Kami juga menyiapkan kondisi fisik dengan mengonsumsi makanan sebelum melakukan perjalanan, menyediakan beberapa vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga asupan makanan dan minuman agar tidak dehidrasi.

Itulah beberapa persiapan yang saya lakukan bersama teman-teman sebelum melakukan touring. Perjalanan selesai, tetapi perjalanan tersebut menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Setiap rincian kegiatan begitu mengesankan dan kini Kota Yogyakarta bukan hanya kota yang istimewa, tetapi sangat istimewa. Sampai jumpa di lain waktu dan kesempatan Yogyakarta!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.