Tips Solo Traveling Khusus Cewek

Di bawah pohon pinus.

“Jalan-jalan itu bukan direncanakan, tapi dilakukan.” Begitulah kata seorang kawan saya. Dan saya sepakat dengan itu. Kebanyakan orang suka jalan-jalan kalau ada temannya. Nah nyocokin waktu dengan partner ini nih yang susah match. Maka pilihannya cuma satu kalau mau tetap jalan-jalan, yaitu jalan-jalan sendirian alias solo traveling.

Salah satu hobi saya adalah jalan-jalan (tidak jelas). Sekedar mengunjungi tempat-tempat tertentu dengan harapan yang sederhana, menyaksikan keindahan alam, napak tilas sejarah, dan tentu saja menambah pengalaman. Selama ini, saya selalu jalan-jalan minimal dengan seorang teman. Belum pernah saya melakukan solo traveling. Mau coba pun tak berani. Sampai akhirnya pada akhir Oktober 2019 ini saya mendapat tugas ke Bandung dan saya pun merasakan sensasi solo traveling.

Saya tiba di stasiun Bandung hari Senin pagi pukul 04.11 WIB, sementara saya baru bisa check in di hotel pukul 14.00. Saya belum pernah ke Bandung sebelumnya dan belum ada satu pun rekan saya yang datang. Akhirnya saya putuskan untuk solo traveling di dekat hotel saya menginap di wilayah Dago, usai menitipkan barang-barang di hotel. Tips pertama nih Sobat Travelblog, jangan bawa barang banyak-banyak ya. Bawa secukupnya saja. Karena selain berat juga jadi ribet. Hehe.

Ternyata, solo traveling tidak semengerikan dalam bayangan saya. Ada kalanya solo traveling terasa menyenangkan. Terutama ketika ingin sendirian, hehe. Sisi positif lain dari solo traveling adalah kita hanya perlu berkompromi dengan diri sendiri, tidak perlu melibatkan orang lain. Misalnya, saat kita harus menunggu berjam-jam. Belum tentu partner jalan kita keep in good mood. So kita terpaksa harus menjaga mood diri sendiri dan partner kita. Nah kalau solo traveling, santai aja. Selain itu, saat solo traveling kita bisa sepuas-puasnya nongkrong atau eksplorasi di tempat yang kita interest.

Berikut ini sepuluh tips solo traveling khusus cewek yang saya dapat dari pengalaman jalan-jalan (sendirian) di Taman Hutan Raya Ir. Juanda, Bandung.

Ramah Pada Semua Orang

Sikap ramah adalah sikap yang mulia. Sikap yang menyenangkan orang lain. Ramah juga menghadirkan kenyamanan bagi orang lain yang kita jumpai. Selain itu, “Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung”. Sobat Travelblog pasti pernah dengar peribahasa ini. Artinya di manapun kita berada, kita harus menghormati penduduk setempat. Dengan bersikap ramah, orang yang baru kita jumpa akan merasa senang dengan kehadiran kita. Sehingga kita pun jadi nyaman dan aman.

Selalu Berfikir Positif

Selalu berfikir positif baik terhadap manusia maupun terhadap alam. Selalu berfikir positif ini bisa dibilang susah, karena pikiran negatif sering kali muncul secara sporadis tanpa bisa kita bendung. Munculnya pikiran negatif biasanya dipicu oleh apa yang kita saksikan atau kita lihat. Maka ketika solo traveling, pikirkan saja yang baik-baik. Jangan berfikir misalnya,“Jangan-jangan di tempat ini ada ular,” atau “Jangan-jangan ini itu bla-bla-bla blue-blue-blue,”. Jangan memikirkan hal-hal negatif karena itu akan membuat kita ketakutan. Lalu bila tiba-tiba muncul bagaimana? Segera alihkan perhatian pada yang lain. Atau bergabung dengan traveler lainnya.

Handphone Selalu On

Saat solo traveling, kita harus waspada terhadap segala kemungkinan yang mungkin terjadi. Karena itu alat komunikasi kita harus selalu on. Agar kita bisa cepat menghubungi orang lain bila terpaksa ada hal buruk yang terjadi. Pastikan membawa power bank dan kabelnya ya.

Tetap Sadar dan Konsentrasi
Santai menunggu sambil ngopi.

Tetap sadar dan konsentrasi ini penting agar kita bisa sigap mengantisipasi segala sesuatu yang mungkin terjadi. Bukan hal yang mustahil, hal-hal mistis semacam kerasukan atau penipuan melalui hipnotis bisa saja terjadi. Karena itu, konsentrasi adalah kunci mengantisipasi atau menangkal kejadian semacam itu.

Tidak Main Handphone Saat di Jalan

Sudah banyak kasus penjambretan handphone di jalan raya. Bahkan ada yang berujung hingga kematian. Ketika kita melakukan solo traveling, keamanan kita adalah yang nomor satu. Karenanya, menyimpan handphone adalah salah satu langkah menjaga keamanan. Selain itu, menggunakan handphone di jalan juga berisiko terjatuh dan bisa saja merusak handphone seketika.

Seringkali kita menggunakan bantuan Google Maps untuk memandu kita ke suatu destinasi dan memantau posisi kita. Apabila kita melakukan solo traveling sebaiknya mengonfigurasi destinasi kita dengan baik dan percaya pada driver. Sehingga kita tidak perlu mengeluarkan handphone.

Mengenakan Pakaian yang Sopan dan Tidak Memakai Perhiasan Berlebihan

Terlepas dari segala pro dan kontra serta batasan sopan dalam berpakaian, alih-alih kita menuntut orang lain menahan diri agar tidak tergoda, lebih mudah kita melindungi diri sendiri dengan cara tidak mengundang kejahatan. Yaitu dengan mengenakan pakaian yang sopan dan tidak memakai perhiasan yang berlebihan.

Tidak Pergi ke Tempat yang Sepi atau Saat Larut Malam
Biji pinus.

Tempat yang sepi atau malam yang larut bukanlah sahabat yang baik bagi cewek kalau mau solo traveling. Apabila memutuskan melakukan solo traveling, pilihlah destinasi yang ramai dan juga tidak di waktu malam.

Jangan Sungkan Bergabung

Saat kita solo traveling, tidak ada salahnya kita bergabung dengan rombongan traveler lain. Selain menambah teman baru, bergabung dengan orang lain juga membuat kita lebih tenang karena tidak lagi sendirian. Tapi ingat Sobat Travelblog, jangan sampai salah memilih teman bergabung yaaa.

Membawa Air

Ini penting Sobat Travelblog. Jangan sampai kita dehidrasi dan menderita saat traveling. Traveling itu tujuannya biar happy, bukan?

Memilih Ojek

Solo traveling sebenarnya tidak begitu berbeda dengan traveling bersama teman. Bedanya cuma sendirian. Hehe. Untuk transportasi umum jarak dekat saya merekomendasikan ojek saja. Selain hemat, ojek lebih terbuka, sehingga lebih aman.

Demikian tips solo traveling dari saya. Semoga bermanfaat. Ayo Sobat Travelblog, sesekali kita perlu mencoba solo traveling loh!