Tips Naik Kereta Api Kelas Ekonomi

0
892
Kereta Ekonomi
Naik kereta ekonomi, tut tut tut, siapa hendak turut.

Baru pertama kali ingin naik kereta api kelas ekonomi? Tidak perlu khawatir dengan transportasi favorit masyarakat satu ini, karena sekarang pelayanannya sudah jauh lebih bagus. Semua gerbong sudah dilengkapi dengan mesin pendingin dan bersih, lho.

Sebagai pengguna kereta api kelas ekonomi sedari tahun 2015, tidak ada salahnya bagi saya memberikan tips naik kereta satu ini kepada kalian. Yuk baca poin-poinnya di bawah ini.

Menunggu kereta di Stasiun Senen
Menunggu kereta di Stasiun Senen.

1. Beli tiket 3 bulan sebelum berangkat

Karena kereta kelas ekonomi digemari oleh kebanyakan masyarakat, sehingga kalian harus gercep untuk membeli tiket kereta, bahkan 3 bulan sebelum berangkat. Kalian bisa membeli tiketnya di berbagai aplikasi penyedia tiket atau langsung masuk ke website PT. KAI. Selain itu, membeli tiket kereta dari jauh-jauh hari memperlebar peluang kalian untuk mendapatkan posisi gerbong terbaik dan posisi duduk di dekat jendela. Untuk gerbong kalian bisa memilih gerbong yang ada di tengah, kalau gerbong yang ada di ujung, rasanya terlalu jauh dengan jarak pintu masuk-keluar.

Kalau kalian bisa mendapatkan posisi duduk di dekat jendela, pastinya kalian akan merasakan perjalanan yang lebih menyenangkan. Kalian bisa mengamati pemandangan pada setiap kota yang dilewati, bahkan mendokumentasikannya ke dalam foto atau video. Kalian seorang vlogger? Harus banget duduk di dekat jendela kereta! Bawa stabilizer agar video tampak lebih enak dilihat penonton.

2. Bawa buku dan isi gawai kalian dengan lagu-lagu favorit

Hal ini untuk meminimalisir rasa bete yang melanda selama ada di kereta. Tahu sendiri kalau naik kereta ekonomi itu memakan waktu yang lebih panjang ketimbang jika kalian naik kereta kelas lain. Khusus lagu, simpan lagu-lagu berjenis mp3 di gawai, karena lagu streaming biasanya akan berjalan kurang maksimal akibat sinyal yang naik turun selama di perjalanan.

3. Letakkan gawai di dalam jaket atau tas yang selalu dipeluk

Selalu berhati-hati dengan barang berharga yang dibawa. Selalu peluk tas kalian dan letakkan barang berharga di bagian tas yang paling aman.

4. Jangan tidur selama sedang charger gawai di dalam kereta

Karena kita tidak pernah tahu apakah orang di sebelah dan seberang bangku kita benar-benar orang baik. Jadi, selalu berhati-hati, guys.

Selalu ada-ada saja kelakuan pengguna kereta ekonomi. Suatu waktu pernah ada seorang cowo yang duduk di sebelah saya tidur di pundak. Entah modus atau bukan, yang jelas pada saat itu saya begitu berjaga-jaga diri.

5. Bawa makanan dan minuman dari luar

Harga makanan di dalam kereta memang kurang terjangkau, pun rasanya kurang enak, menurut saya. Beruntungnya kalian tidak dilarang untuk membawa makanan dari luar, selama tidak membuang sampah sembarangan di dalam kereta. Makanan/minuman yang biasa saya bawa yakni roti sobek, biskuit, bekal makanan dari rumah, dan air mineral.

6. Jangan terlalu banyak minum

Hal ini untuk meminimalisir bolak-balik ke toilet. Menurut saya toilet kereta ekonomi masih kurang nyaman, sehingga saya seringkali minum sedikit selama berada di dalam kereta. Jika sudah sampai di tempat tujuan, biasanya saya bisa langsung bebas minum. Maklum, saya memang suka sekali minum untuk menjaga kesehatan kulit.

7. Pakai jaket atau bawa selimut kecil, serta pakai kaos kaki!

AC di dalam kereta kelas ekonomi itu dingin sekali, terlebih pada malam hari. Sehingga saya menyarankan kalian untuk memakai segala penghangat tubuh.

7. Selalu berdoa

Di mana pun kalian berada, berdoalah. Setidaknya berdoa bisa membuat perjalanan kalian tidak dipenuhi dengan ketakutan, dan kalian bisa selalu dijaga olehNya.

Sekian tips saya kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk para backpacker hemat seperti saya, hehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.