Tips Mudik dengan Kereta Api yang Nyaman dan Anti Bosan!

0
4380
Suasana Sore Hari di Stasiun.

Kereta api menjadi pilihan tranportasi darat yang cukup nyaman untuk digunakan saat mudik, di samping mobil pribadi atau bus. Selain harganya yang cukup terjangkau, kereta api juga memberikan jadwal keberangkatan dan kedatangan yang bisa kamu sesuaikan.

Ditambah lagi, setiap tahun PT. KAI memberikan program mudik lebaran gratis bagi masyarakat. Kuota kursi gratis tersebut setiap tahun semakin bertambah. Jadi, akan semakin banyak orang yang menggunakan jenis transportasi darat ini. Nah, agar mudik pakai kereta api semakin nyaman dan tidak membosankan, berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan ketika berada di perjalanan.

Mudik Pada Malam Hari
Berpegianlah pada Malam Hari.

Bulan Mei sepertinya sudah memasuki musim kemarau. Jadi, tidak salah jika suhu udara lebih terasa panas, apalagi pada saat siang hari. Memang, bagi orang yang berada dalam perjalanan ketika mudik, boleh untuk melakukan qadha puasanya pada hari lain di luar bulan Ramadhan. Tapi, apabila perjalanan kalian tidak terlalu jauh dan merepotkan, kalian bisa menyiasatinya dengan mengambil jadwal keberangkatan kereta api pada malam hari. Selain bisa tetap melakukan makan dan minum, udara di malam hari juga bisa lebih terasa sejuk.

Atau, bisa juga mengambil jadwal keberangkatan pada sore hari. Sehingga, kalian akan tiba di kampung halaman saat malam atau menjelang waktu sahur. Jadi, puasa kalian tidak akan batal dan kamu masih dapat melanjutkan puasa keesokan harinya.

Membawa Dua Jenis Tas
Bagasi dalam Gerbong Kereta.

Memang, kebanyakan pemudik mungkin membawa lebih dari dua barang bawaan. Hal itu sah-sah saja selama tidak merepotkan selama berada di perjalanan. Apalagi berat maksimum bagasi penumpang di kereta api yang diperbolehkan adalah sekitar 20 kg.

Hanya saja, saat kamu mudik, lebih baik diperhatikan jenis tas yang kamu bawa. Backpack atau ransel dan koper mungkin menjadi barang bawaan yang sering dibawa pemudik. Karena, bisa untuk menyimpan pakaian yang lebih banyak dan untuk oleh-oleh juga.

Tapi, untuk kemudahan kamu bergerak di dalam gerbong kereta dan agar tidak mengganggu kenyamanan sesama penumpang kereta api lain, selain ransel atau koper kalian juga membutuhkan daypack. Jenis tas yang ukurannya lebih kecil dari ransel ini berguna untuk menyimpan peralatan yang lebih sering digunakan kecil seperti, handphone, dompet, charger, powerbank, kamera, bahkan minuman atau makanan ringan. Jadi, tidak harus bolak-balik membuka ransel atau koper yang disimpan di bagasi atas untuk mengambil barang-barang tersebut.

Update Status dan Informasi
Suasana Sore Hari di Stasiun.

Penggunaan media sosial sudah semakin sering digunakan pada zaman milenial seperti sekarang ini. Bagi generasi milenial, media sosial sudah menjadi alat yang tidak bisa dielakkan penggunaannya di kehidupan sehari-hari. Selain, untuk update status dan mengirim pesan, media sosial ini biasanya untuk berbagi berita dan informasi.

Daripada kalian berbagi berita dan informasi yang belum tentu kebenarannya atau biasa disebut berita hoax, lebih bijaksana lagi jika menggunakannya ke arah yang lebih positif. Misalnya, update status di facebook atau nge-twit di twitter tentang perjalanan mudik, seperti keadaan di stasiun, tempat makan, cuaca, layanan umum, ataupun hal-hal yang berkaitan dengan perjalanan mudik bersama teman dan keluarga.

Dengan berbagi informasi tentang hal-hal yang bermanfaat tersebut, semoga bisa juga menghilangkan rasa bosan kamu selama di perjalanan.

Berbagi Foto dan Video
Bagikan Pemandangan Menarik.

Jika kalian adalah seorang vlogger, tentu tidak akan merasa canggung untuk berbicara di depan kamera. Kalian juga bisa meliput berbagai hal ketika sedang berada di perjalanan saat mudik. Tapi, walaupun bukan seorang vlogger, kalian tetap bisa berbagi video langsung melalui fitur instastory dari Instagram. Video yang kamu buat dengan kamera handphone juga bisa kamu bagikan ke Facebook, bahkan channel Youtube kamu.

Tidak harus video tentang berita mudik saja, tapi pemandangan alam di luar kereta api atau keadaan saat di stasiun atau di dalam gerbong kereta api tentu akan menjadi video yang menarik dan bermanfaat bagi teman dan follower kalian yang mungkin mempunyai kampung halaman yang sama.

Ditambah, melalui akun sosial media, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan yang lainnya, kalian juga bisa membagikan foto-foto kamu di tempat-tempat yang unik dan instagramable saat berada di perjalanan. Bisa saja, hasil jepretan kalian menjadi referensi bagi orang-orang yang juga ingin berkunjung ke tempat-tempat yang dibagikan tersebut.

***

Jadi, agar selama di perjalanan saat mudik kamu tidak merasa bosan, pastikan isi kuota internet handphone kalian agar siap untuk berbagi berita dan infromasi bagi sesama pemudik lainnya yang menggunakan moda transportasi dan mungkin tujuan mudik yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.