Tips Mengambil Foto Bagi Traveler Pemula

0
1560
(sumber: unsplash.com)

Ketertarikkan traveling begitu erat kaitannya dengan foto, entah itu foto pemandangan, portrait, hingga swafoto dan masih banyak lagi. Sederhananya, seorang traveler sudah tidak mau lagi ribet membawa seperangkat kamera namun masih ingin mengabadikan gambar. Maka tak heran, kini fungsi smartphone pun lebih sering digunakan sebagai alat untuk mengabadikan momen. Namun, bagaimana jika kamu memang seorang traveler yang memiliki tujuan utama untuk memuaskan hobi fotografi? Apalagi, untuk orang yang baru merambah dunia fotografi, sangat perlu untuk tahu bagaimana mengoptimalkan skill serta kamera yang kamu miliki, sehingga tidak kerepotan lagi untuk mengambil foto dengan situasi dinamis saat traveling.

Harus Mau Ambil Gambar Manual Setting Dengan Berbagai Situasi
Terlepas dari penyesuaian objek, background, dan pencahayaan, kemampuan memotretmu diuji dengan manual setting (M) yang terdapat pada kameramu. Sederhananya, terdapat tiga point utama saat mengambil gambar seperti ISO, shutter speed, dan diagframa atau sebagian banyak orang menyebutnya dengan bukaan. Karena saat traveling, kondisi cuaca pun begitu dinamis. Untuk mengambil satu gambar dengan situasi yang tidak terprediksi, tentu membutuhkan settingan yang berbeda untuk hasil yang optimal.

Membawa Tripod atau Gear Lain Untuk Menunjang Hasil Potret
Adanya tripod membantumu saat ingin mengabadikan gambar lanskap yang begitu luas. Pengoperasiannya pun bisa lewat smartphone, maka tidak perlu pusing lagi untuk mengatur atau kerepotan mengambil foto sendiri. Tripod portable pun bisa kamu butuhkan untuk beberapa kategori foto yang kamu inginkan.

Cari Sudut Pandang Fotomu yang Paling Unik
Sudut Pandang, atau disebut juga dengan angle dapat memengaruhi kreativitasmu dalam mengambil foto. Kamu bisa mengambil gambar pada titik angle terendah maupun tertinggi sehingga foto yang dihasilkan berbeda dan menarik. Walaupun dengan mengambil angle terlalu rendah dan tinggi akan sedikit menyulitkanmu sesaat kamu mengambil gambar.

Sesuaikan Komposisi Foto
Sebenarnya terdapat aturan dasar dalam komposisi foto seperti Rule of Third, Golden Ratio, Breaking Symmetry, dan masih banyak lagi. Memang hal tersebut bukan aturan tertulis, namun jika kamu terapkan dengan baik tentu kamu akan mendapat hasil yang maksimal. Perlu catatan juga, banyaknya komposisi foto yang kamu pelajari, kamu pun pada akhirnya akan menentukan sendiri komposisi mana yang sesuai dengan selera yang kamu sukai. Kamu juga bisa membaca beberapa komposisi foto yang bisa kamu praktikan sendiri.

Suka Foto Lanskap? Ubah Mode Panorama Untuk Hasil Foto Lanskap Terbaik
Memang tidak semua kamera dilengkapi dengan lensa lebar, bahkan tidak sedikit uang yang perlu dikeluarkan untuk menambah fitur lensa. Maka, kamu perlu coba dan belajar sendiri menggunakan fitur satu ini di kameramu. Jika kamu masih bingung menggunakan fitur ini, kamu juga bisa mengambil gambar satu persatu yang kemudian menghasilkan overlay yang bisa kamu edit di photoshop atau lightroom.

Gunakan Fitur Grid Untuk Memudahkanmu Mengambil Gambar Dengan Optimal
Ketika kamu sudah mengerti dengan berbagai konsep komposisi gambar, saat proses pengambilan gambarnya pun kamu akan terbantu dengan grid yang telah tersedia di kameramu. Selain itu, fitur grid pada kamera pun akan membantu mengoptimalkan gambar yang sudah kamu ambil.

Gunakan Kamera Terbaikmu
Sebagus apapun kameranya, tetap saja kamera terbaik versimu adalah kamera yang sudah terbiasa ada dalam genggamanmu. Karena saat traveling, kamu akan bermain dengan waktu dan situasi. Kamera terbaikmu adalah senjata utama untuk menangkap sasaran, maka sebisa mungkin saat traveling kamu gunakan kamera yang memang sudah kamu kuasai tetek-bengeknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.