Tips Menemukan Surga Tersembunyi di Nusantara

0
292
Pura Lempuyang Luhur di Bali.

Indonesia merupakan negara yang sangat luas, dengan memiliki lebih dari 17.000 pulau, salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, dan memiliki ratusan budaya yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Sebagai perbandingan, naik pesawat dari Jakarta ke Arab Saudi membutuhkan waktu sekitar 10 jam, lalu durasi perjalanan pesawat dari Sabang sampai Merauke adalah 12 jam. Itulah luasnya wilayah Indonesia.

Tapi, dari sekian luas dan besarnya Indonesia, pilihan wisatawan untuk mengunjungi sebuah daerah wisata masih kurang bervariasi. Terlihat dari minimnya paket wisata atau bahkan informasi tentang daerah-daerah wisata. Yogyakarta, Bali, atau Raja Ampat adalah daerah wisata yang sering sekali dikunjungi, tapi apakah memang hanya itu yang tersedia di Indonesia? Atau wisatawan yang malas mencari daerah baru?

Tulisan ini akan membahas bagaimana tips mencari daerah yang tersembunyi, atau bisa diaplikasikan juga untuk mencari surga tersembunyi di daerah wisata. Yuk, kita mulai!

Menghubungi Jaringan Wisata Lokal.

Salah satu cara paling nikmat ketika menikmati sebuah daerah adalah dengan cara warga lokal. Dengan cara itu, banyak hal baru yang tidak akan kita temui dalam wisata mainstream. Kita bisa menikmati makanan, obrolan, bahkan kawasan yang merupakan tempat warga lokal beraktivitas.

Tentu untuk menikmati itu semua, kita harus memiliki jaringan. Entah itu kenalan atau teman kita. Karena tanpa jaringan, kita tidak akan mungkin bisa menikmati gaya life like a local itu. Sekarang, ketika teknologi sudah sangat canggih, kita bisa memanfaatkan sosial media untuk menemukan jaringan kita di daerah yang ingin kita tuju. Atau, kita bisa memakai aplikasi seperti Couchsurfing, yang memudahkan kita dalam mencari jaringan dan relasi.

Menggunakan Open Trip Spesial.
Pulau tak berpenghuni di Lampung Selatan.

Salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk mencari surga tersembunyi adalah dengan open trip. Open trip akan membuat kita menikmati daerah yang selama ini sulit dijangkau, perlu transportasi lebih, dan dengan cara yang sangat berbeda dengan paket tur pada umumnya. Apalagi, jika kita bisa menemukan open trip yang istimewa dan khusus menjelajahi daerah tersembunyi.

Pada berbagai daerah, sudah banyak penyedia jasa open trip yang memiliki kredibilitas yang sangat baik. Sudah banyak juga wisatawan yang berhasil mengunjungi area tersembunyi dengan bantuan open trip. Pada bulan Juli 2019, saya menggunakan open trip untuk menjelajahi sebuah pulau di Lampung Selatan bernama Pulau Pahawang, tapi di sana ternyata banyak pulau-pulau yang masih sepi, bahkan kosong. Dengan open trip, saya bisa menjelajahi kawasan spesial itu dengan aman dan nyaman.

Menggunakan Insting dan Spontanitas.
Penjelahan dengan perahu wisata.

Nah tips ini merupakan tips yang sedikit beresiko dibanding dua tips sebelumnya, karena cara ini merupakan cara yang sedikit tidak tertebak, tapi cara inilah yang paling menantang. Dan tentunya akan menghasilkan banyak cerita berharga, pengalaman unik, dan pengetahuan baru.

Seringkali dalam menjelajah, kita terlalu banyak berhitung dan berpikir, sampai kehilangan rasa spontanitas dan keberanian. Kalkulasi itu penting, riset itu penting, semua itu sangat penting, tapi keberanian melangkah juga penting. Dengan insting dan spontanitas, hal-hal yang buntu bisa kita atasi. Apalagi, jika kita ternyata menemukan hal baru yang belum pernah kita alami. Penjelajahan dalam travelling itu intinya pengalaman, ketika kita memahami dan mengerti apa yang ada di sekitar kita.

Tahun 2018, saya mengunjungi Pulau Bali dengan gaya backpacker. Kurang lebih pada hari ke-5, saya ingin sekali mengeksplorasi wisata religi, seperti pura dan tempat peribadatan masyarakat Bali. Setelah mencari informasi lokasi dan kondisi, saya memutuskan mengikuti aplikasi navigasi. Melewati hutan bambu, pedesaan yang sepi, dan persawahan. Beberapa kali sempat tersesat ke pemukiman tradisional, sempat bingung karena diajak bicara bahasa daerah, akhirnya saya sampai di sebuah pura bernama Pura Lempuyang. Spontanitas akan membuat pengalaman bertambah dan insting kita terlatih untuk menjelajah.

Itulah tiga langkah bagaimana menemukan surga tersembunyi di Nusantara. Jadi, ayo jelajahi Nusantara!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.