Tips Liburan Murah ke Semarang Ala Veronika

Salah satu spot menarik di Semarang yaitu Brown Canyon.

Pada jaman sekarang, traveling sudah menjadi sebuah hobi yang banyak orang sukai. Tipe–tipe traveler juga banyak, ada orang suka traveling karena mengejar destinasi viral dan foto-foto. Kemudian ada juga yang ingin menikmati suasana baru di daerah tujuan, ada juga yang mau mencoba makanan khas daerah itu. Lalu ada yang ingin belajar dan mengetahui tradisi dan budaya di daerah tujuan, ada juga yang hanya sekedar refreshing buat ngilangin penat dan stress.

Banyak orang beranggapan kalau traveling itu adalah hobi mahal hanya menghabis-habiskan uang. OH NO NO NOtraveling murah atau mahal itu tergantung siapa orangnya. Aku mau bagi tips #liburanmurahmeriah versi aku. Liburan tidak selalu dan tidak harus pergi ke tempat yang jauh, tidak harus tidur di hotel yang mewah dan mahal, tidak harus makan di restoran mewah, dan juga tidak harus naik transportasi yang kelas eksekutif. Cukup dengan budget murah tapi sudah mendapatkan kenyamanan dan keseruan serta pengalaman seru ketika libuan.

Aku sudah lama suka dengan yang namanya traveling, berawal dari niatan hati hanya untuk mempromosikan wisata yang ada di daerah aku yaitu Magelang. Menurut aku traveling yang asik dan seru itu bukan karena destinasi yang jauh. Tapi kesan dan pengalaman serta manfaat yang aku dapatkan yang berguna untuk kehidupan serta untuk cerita di hari tua. Aku akan cerita pengalaman traveling aku yang asik, berkesan, unik tapi murah meriah versi aku ke Semarang.

Tugu Muda di Semarang.
Buat Rencana

Sebagai seorang Travel BloggerContent Creator, dan juga seorang Guru Preschool membuat rencana perjalanan cukup susah, tapi tetap harus aku lakukan. Banyak sekali rencana yang hanya menjadi wacana belaka. Meskipun begitu aku tetap membuat itinerary dan menentukan budget traveling. Mulai dari transportasi, penginapan, wisata dan juga kulinerannya. Pastinya yang harus ditentukan terlebih dahulu tanggal keberangkatan karena berhubungan dengan pemesanan tiket. Kalau aku biasanya pesan tiket jauh-jauh hari dari tanggal keberangkatan dan juga pilihnya kereta yang ekonomi termurah. Tak perlu gengsi namun tetap ingat dengan tujuan utama traveling asik, murah meriah serta bermanfaat.

Menentukan Destinasi

Destinasi wisata yang aku kunjungi masih dekat dengan daerah tempat tinggal, seperti Jogja, Magelang, dan Semarang. Karena bagi aku traveling itu bukan karena destinasi tapi pengalaman, pelajaran dan cerita yang aku dapat dari tempat itu. Bukan hanya sekedar mengejar tempat yang lagi hits saja. Destinasi yang berhasil aku tentukan yaitu Kota Semarang.

Hubungi Teman

Menghubungi teman atau janjian dengan teman merupakan hal yang sangat penting. Karena bisa menjadi teman traveling. Selain itu ketika aku ke Semarang teman aku menawarkan untuk menginap di rumahnya. Dan tips kalau tidak nginap di rumah teman, bisa nginap di penginapan murah saja yang penting bisa untuk istirahat dan nyaman, karena penginapan hanya tempat singgah.

Taman Indonesia Kaya, Semarang.
Destinasi Wisata

Untuk tempat wisata yang aku kunjungi lebih banyak yang free karena biasanya wisata alam yang masih alami dan belum banyak orang ketahui, dan juga sering datang ke destinasi yang murah meriah tapi pemandangannya sangat luar biasa. Di atas tadi aku cerita kalau aku traveling biasanya kalau musim anak sekolah, tapi kenapa bisa foto-foto aku di Instagram sepi dan selalu sendiri? Ini yang membuat liburan aku selalu seru dan bercerita. Sering kali aku datang ditempat wisata selalu ramai akan pengunjung, tapi karena aku tahu cara mengambil foto dan juga tahu waktu buat traveling jadi aku selalu traveling berangkat pagi. Dan untuk foto yang bisa selalu sepi dan sendiri ya karena aku sabar menanti giliran. Dapat pelajaran juga kan? Belajar sabar dan antri, sosialisasi dengan traveler lain.

Kuliner

Kalau ngomongin kuliner, aku paling jarang kulineran. Kalau lagi traveling mau makan aja bingung mau makan apa, mentok-mentok makanan yang ada ditempat itu. Ya karena traveling aku hanya dekat masih di sekitar Jawa Tengah, jadi tidak terlalu excited dengan kulineran. Tapi mungkin kalau suatu saat nanti bisa traveling yang lebih jauh, minimal luar pulau, pasti aku akan cobain kulineran khas tempat tersebut.

Foto Candi Gedong Songo.
Perjalanan ke Semarang

Sedikit cerita pengalaman aku ketika ke Semarang. Termotivasi dengan bucket list di tahun itu. Aku berangkat ke Semarang naik bus dari Terminal Muntilan ke Terminal Semarang. Perjalanan sekitar 4 jam. Setelah sampai di Semarang saya istirahat makan siang. Setelah itu saya lanjut ke Masjid Agung Semarang dan Taman Indonesia Kaya. Di sana aku sambil menunggu teman yang akan explore bersama. Tak lama temanku datang, kami pun mampir ke Tugu Muda yang berada di depan Lawang Sewu. Setelah itu kami menuju pulang ke rumah temanku, dan aku diajak nginap di sana. Istirahat malam untuk mempersiapkan perjalanan esok hari.

Pagi hari kami sudah bangun dan sarapan untuk lanjut destinasi yang lebih jauh. Destinasi yang kami kunjungi yaitu Brown Canyon,  Candi Gedong Songo, Pagoda Watugong, San Poo Kong dan yang terakhir Lawang Sewu tapi sedihnya tidak jadi masuk ke Lawang Sewu karena pada saat itu sangat ramai pengunjung yang antri.

Perjalananku di Semarang selama 2 hari selesai dari Lawang Sewu, aku menuju ke terminal bus yang ke Magelang. Sampai jumpa Semarang!