Tips Liburan Bersama Teman-Teman Agar Tetap Seru

0
298
pixabay.com

Saat ini solo traveling selalu menjadi gaya traveling yang diminati. Salah satu alasan yang sering dilontarkan mengapa memilih solo traveling, karena cukup “melelahkan” untuk berkompromi dengan segala kebiasaan travel buddy-nya. Entah itu urusan itinerary yang menjadi berantakan, ataupun masalah idealis masing-masing saat menentukan kegiatan travelingnya. Namun, bukan berarti liburan bersama teman itu selalu gak seru loh! Kamu pun masih bisa liburan seru tanpa drama, apalagi momen-momen jengkel. Berikut beberapa tipsnya untuk kamu para travelovers.

Pastikan Dulu Siapa Partner Liburanmu
Ya, walaupun sebenarnya di sini tujuannya supaya kamu bisa jalan-jalan seru sama teman-teman, tetap saja kamu pun harus selektif memilih teman liburanmu. Pilih teman liburan yang gak neko-neko juga bisa diajak kerjasama atau kompromi. Supaya liburanmu tetap sama-sama enak. Kecuali kalau kamu bisa kompromi dengan orang yang cukup “rewel” kalau diajak jalan-jalan. Gak mau dong, traveling kamu malah jadi ribet gara-gara harus nenangin teman kamu yang rewel?

Rundingkan Waktu Liburan
Ini pasti krusial banget kalau sampai miskomunikasi. Pasalnya, yang namanya sama-sama sibuk, pasti masalah waktu harus berunding barengan dulu. Jangan sampai kamu sudah tentukan tanggal liburan, temen kamu ternyata salah ambil tanggal cuti. Bisa jadi, kalian belum sempat liburan bareng, malah udah jengkel duluan. Jangan sampai miskomunikasi soal waktu ya!

Survei Dulu Sampai Punya Keputusan Mantap
Riset akomodasi, tempat wisata, kuliner, dan lainnya itu perlu. Bisa jadi kamu dan teman kamu punya tujuan yang berbeda-beda. Survei bersama untuk keperluan travelingmu tentu perlu, agar kamu bisa berkompromi dengan teman kamu jauh sebelum liburan. Daripada kamu ribut pas lagi jalan sama teman kamu saat liburan malah bikin jengkel. Mending kamu susun itinerary bareng temen kamu dulu sampai mantap.

Mulai Atur Keuangan Sebelum Pergi
Jalan-jalan bareng teman jelas seru, apalagi kalau sampai belanja bareng teman. Gak jarang juga, teman adalah salah satu “godaan” terbesar kamu saat belanja bareng teman. Aturan pertama, kamu ataupun teman kamu jangan sampai jadi “penggoda” utama saat belanja bareng. Aturan lainnya yang jadi krusial adalah jangan sampai kecolongan soal itungan budget penting. Baik itu biaya akomodasi, transportasi, sampai bujet makan. Jadi, kamu dan teman kamu perlu atur semua keuangan kamu dan teman kamu, termasuk bujet khusus untuk belanja kamu. Jangan sampai setelah di tempat, kamu dan teman kamu saling “tutup dan gali lubang” terus atau saling membayarkan. Rencana keuangan kalian pasti kacau.

Traveling Kalian Harus Sama-Sama Nyaman
Setelah kalian sudah mantap traveling bersama, pastikan kalian sama-sama nyaman. Mulai dari pemilihan akomodasi, kemudian destinasi yang kalian sama-sama senangi, dan yang pasti kalian sama-sama setuju dengan beban keuangan yang perlu kalian tanggung. Setelah seluruhnya telah terpenuhi, jangan lupa untuk saling kompromi dengan kebiasaan-kebiasaan yang sering kalian lakukan. Jadi, liburan kalian tetap seru. Kalau kamu tiba-tiba ada rencana dadakan di luar itinerary, harus gimana dong? Jangan ragu untuk berkompromi kalau ada rencana di luar itinerary. Kamu juga bisa ajak teman kamu untuk ikut rencana kamu di luar itinerary. Kamu juga harus bisa berkompromi kalau ternyata temanmu melakukan hal yang sama. Jadi, rencana traveling kamu dengan teman lebih seru tanpa ada momen-momen jengkel.

 

Penulis: Nadia Khalishah

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.