Tips Fotografi Bagi Kamu Yang Baru Coba Travel Photo Hunting

0
1775
Tips Fotografi Bagi Kamu Yang Baru Coba Travel Photo Hunting (sumber: unsplash.com)

Traveling bukan sekedar vakansi untuk memenuhi passion semata, khususnya bagi kamu photo hunter. Bagi kamu traveler yang ternyata baru-baru ini menyenangi fotografi, atau ternyata kamu sudah lama menggeluti bidang fotografi namun ingin mencoba travel photo hunting. Ada beberapa aturan yang mungkin menurutmu sepele, namun jika dilakukan mungkin akan memudahkanmu dalam menjalani proses pengambilan gambar saat traveling. Karena, kesannya mungkin akan berbeda, saat kamu melakukan sesi foto di studio dengan di lapangan. Kamu tentu perlu persiapan serta memikirkan gear yang perlu kamu bawa.

Dilansir dari Ytravelblog.com, Susan Seubert, seorang fotografer professional National Geographic berbagi mengenai tips fotografi cantik saat traveling. Berikut tips yang bisa kamu terapkan jika ingin mengambil foto saat traveling.

Selalu Cari Tahu Tempat Yang Akan Menjadi Calon Objek Fotomu
Mungkin ini hal umum yang akan kamu lakukan, namun hal yang kamu lakukan jangan hanya mencari tahu informasi lokasi yang akan kamu kunjungi. Kamu pun perlu mencari tahu angle hasil foto orang lain, contoh, melihat hasil foto destinasi pilihanmu yang terdapat di google image search. Kamu juga perlu cari tahu informasi mengenai destinasi pilihanmu melalui guidebook serta menghubungi relasimu jika mereka memiliki akses atau informasi mengenai destinasi pilihanmu.

Gunakan Pakaian Ternyamanmu
Mengambil gambar saat traveling tak menutup kemungkinan membuatmu harus menerjang banyaknya medan di perjalanan bahkan pada saat proses pengambilan gambar. Namun, tidak menutup kemungkinan juga kamu akan melakukan sesi foto di tempat seperti resto atau hotel mewah. Maka pada saat melakukan travel photography, sebisa mungkin gunakan pakaian ternyaman namun tetap sesuai dengan tempat tujuan. Bagi sebagian orang mungkin aturan seperti ini membingungkan, maka bagi kalian laki-laki atau perempuan, celana atau rok cargo adalah pilihan terbaik untuk memudahkan pekerjaanmu. Selain itu, cargo suits ini dapat menampung barang-barang penting seperti passport, dompet, ponsel, obat, dan masih banyak lagi. Kamu sudah tidak perlu bingung jika tasmu hanya memuat perlengkapan fotomu.

Referensi Lensa Untuk Traveling
Jika kamu bingung harus membawa gear apa saja saat traveling, Seubert merekomendasikan lensa berukuran 24-105mm dan 70-200mm. Selain lensa ini lebih fleksibel dalam pengambilan gambar baik untuk gambar yang wide atau detail sekalipun. Kedua lensa ini memiliki fasilitas Image Stabilization yang membantumu untuk mengambil gambar lebih fokus dan tidak kabur, atau memudahkanmu saat mengambil gambar pada slow shutter speed dan minim cahaya. Tidak masalah jika seleramu menggunakan Prime Lens, hanya saja tidak banyak Prime Lens menggunakan fitur Image Stabilization. Selain itu, Prime Lens kurang cocok untuk digunakan sebagai “mata” untuk kamera saat traveling. Karena Prime Lens bekerja optimal jika digunakan untuk fokus menangkap satu objek, hasil gambar pun kurang wide karena Prime Lens otomatis “mendekatkan” objek di depan mata. Maka, walaupun saat traveling adalah upaya kita untuk membawa barang seminim-minimnya, namun dalam hal kualitas foto, lensa adalah nyawa bagimu. Pilihlah lensa yang tepat juga kaya fitur untuk memudahkan travelingmu ya.

Jangan Ragu Untuk Mengenalkan Diri Kepada Lingkungan Yang Ingin Kalian Foto
Saat traveling kamu pasti gereget ingin foto sana-sini kan? Namun, jangan sampai gelap mata. Karena saat kamu mencoba untuk mengambil gambar, tidak semua destinasi membebaskanmu untuk mengambil gambar. Setidaknya, saat kamu sedang traveling dan ingin mengambil gambar seperti contohnya pemukiman warga atau situs-situs peninggalan tertentu. Kamu bisa melakukan pendekatan terlebih dahulu, seperti memperkenalkan diri kepada orang yang memiliki wewenang di tempat tersebut. Lebih menyenangkan lagi, jika kamu ingin mengabadikan momen tertentu di beberapa tempat komunitas tertentu, kamu juga bisa ikut partisipasi dengan warga lokal di sana. Momen fotomu tentu akan semakin seru dan berkesan!

Jangan Ragu Juga Untuk Meminta Izin Kepada Orang Yang Akan Kamu Foto
Saat kamu mengambil gambar dan menggunakan orang sebagai objekmu, nampaknya kurang etis jika kamu mengambil gambar orang tersebut tanpa meminta izin terlebih dahulu. Apalagi jika kamu menggunakan lensa tele untuk menangkap objek orang tanpa mengenalkan dirimu terlebih dahulu. Hindari sikap tersebut agar kamu tidak di-cap sebagai “turis norak”, dan cobalah untuk lebih ramah, memperkenalkan dirimu dengan orang yang ingin kamu potret, serta melakukan sedikit obrolan ringan dengan membagikan ceritamu. Setelah kamu memotret, kamu pun bisa memberikan informasi dan kontakmu agar orang yang kamu potret pun bisa menggunakan hasil fotonya.

 

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.