Tips Backpacker Menuju Puncak Gunung Bromo

0
1597
Pemandangan Gunung Bromo.

Siapa sih, yang tidak mengidam-idamkan perjalanan travelling berdua bersama pasangan seperti di film-film, artis, selebgram, atau vlog para youtuber?

Travelling, sekarang sudah selayaknya kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh hampir setiap orang. Bagi sebagian orang, backpacker-an menjadi pilihan dalam melakukan travelling karena merasa bebas tanpa adanya panduan, dan dapat menekan biaya.

Nah, untuk itu, aku akan berbagi tips untuk backpacker-an ke Gunung Bromo, yuk disimak!

Jangan ragu!

Bukan hanya menentukan jawaban dalam soal ujian yang tidak boleh ragu-ragu, dalam menentukan tujuan perjalanan kita tidak boleh ragu-ragu juga, lho! Keraguan akan menentukan segala hal dalam perjalanan menuju ke Gunung Bromo. Pastikan kamu dan dia memang benar-benar memilih Bromo sebagai tujuan perjalanan. Sehingga akan lebih mudah dalam mengambil keputusan-keputusan dalam perjalanan

Sering kali kita menemui kesulitan saat diperjalanan seperti tersesat, macet, bingung dengan jadwal keberangkatan dan lain-lain. Untuk itu, kita tidak boleh ragu jika memang ingin pergi ke Gunung Bromo. Buatlah kesepakatan antara kamu dengan dia.

List destinasi terdekat.

Supaya perjalanan kalian tidak rugi karena sudah melakukan perjalnan jauh, dan hanya mendapatkan satu spot saja, jadi pastikan kalian harus mencari informasi terlebih dahulu dari berbagai sumber soal destinasi apa saja yang ada di sekitar Gunung Bromo, sehingga sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Gunakanlah Sepeda Motor.

Menggunakan sepeda motor atau mobil sebenarnya tidak menjadi masalah, karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, jika kamu ingin perjalanan yang murah meriah tentunya pergilah dengan motor! Selain bensinnya terhitung irit, sebenarnya jika pergi dengan motor pribadi maka kamu bisa sampai langsung di lokasi Gunung Bromo.

Jika pergi dengan menggunakan mobil, maka di kaki gunung kalian akan dicegat oleh penduduk setempat untuk mengganti mobilmu dengan mobil Jeep khas di sana yang tentunya berarti kamu harus membayar uang sewa lebih yang cukup mahal. Hal itu sudah seperti menjadi peraturan umum tidak tertulis yang harus dipatuhi.

Tapi, pastikan kalian jago ya mengendarai motornya, karena lautan pasir yang akan dilalui agar sedikit menuntut keahlian dalam berkendara.

Perjalanan Menggunakan Motor.
Berani menawar.

Calo-calo di sana adalah penduduk yang sudah sehari-hari bertemu dengan wisatawan, sehingga tidak jarang mereka memberikan harga tertentu pada wisatawan yang mereka temui. Jika budget memang menipis, namun kamu ingin menyewa mobil Jeep, maka tawarlah harga hingga mencapai harga yang disepakati. Jangan lupa untuk searching terlebih dahulu di internet sebagai referensi.

Kalau kamu tetap tidak ingin menaiki Jeep, tetapi kamu membawa mobil pribadi yang di-stop cari jalan keluar yang lain. Misalnya dengan menyewa sepeda motor pribadi abangnya, meski seharusnya tidak mereka sewakan.

Gunakan pakaian yang sesuai.

Daerah pegunungan walaupun kalian tidak mendaki, harus banget menggunakan pakaian yang hangat! Sebenarnya pakaian hangat ini lebih ditujukan saat perjalanan menggunakan sepeda motor karena angin-angin pegunungan akan dengan mudahnya menyentuh kulit.

Jangan lupa juga untuk membawa jas hujan yang siap dipakai untuk berpergian jauh terlebih jika mengunjungi pada musim hujan.

Jangan lupa sarapan.

Kalau kalian berangkat pagi-pagi sekali, pastikan untuk sarapan terlebih dahulu. Karena, sepengalaman aku yang meski sudah terbiasa dengan pendakian yang sesungguhnya, namun karena tidak sarapan, ketika harus mendaki anak tangga yang sebenarnya mudah malah menjadi lemas, tidak bertenaga. Nah, makanya pastikan kalian sarapan terlebih dahulu, agar aktivitas kamu tidak terganggu!

Selain itu, bawa juga bekal makan siang dan camilan kesukaan kalian, agar lebih hemat dan tidak repot mencari makanan.

Pastikan Untuk Mengabadikan Momen.
Abadikan momen sebanyak mungkin.

Setelah semua perjuangan yang dilalui untuk mencapai puncak, pastikan untuk mengabadikan momen kalian sebanyak mungkin melalui foto. Agar suatu hari nanti kalian bisa melihat foto-foto tersebut untuk mengenang perjuangan kalian mencapai puncakĀ  Gunung Bromo.

Jika berangkat dengan mobil, ingin mengejar sunrise, menginaplah!

Jika kalian memang ingin mengejar sunrise di atas, maka aku sarankan kalian untuk pergi dengan mobil dan menginaplah di kaki gunung. Carilah tempat umum seperti Masjid, kantor-kantor, atau tempat yang lainnya untuk memarkirkan mobil dan menginap di mobil. Mengejar sunrise akan beresiko jika kamu berangkat dari tempat yang cukup jauh.

Nah, sekian tips yang bisa aku bagikan kepada kalian. Semua yang aku tulis di sini adalah berdasarkan pengalaman aku yang sedikit banyak disesali sewaktu pergi ke Bromo. Selamat berjalan-jalan~

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.