Tiongkok Kecil Heritage: Ikon Lasem!

0
1687
Rumah ini bernama "Rumah Merah" di Tiongkok Kecil.

Lasem terdengar kurang familiar di antara wilayah wisata lain di Jawa Tengah. Yogyakarta dan Semarang mungkin lebih populer dan familiar ya? Tetapi, siapa sangka, Lasem menyimpan banyak sekali cerita dan kisah yang menarik untuk disimak.

Setiap daerah wisata pasti memiliki ikon yang selalu dikunjungi oleh wisatawan. Seperti kompleks Kota Tua di Jakarta, Braga di Bandung, dan Simpang Lima di Semarang. Lasem pun punya ikon, namanya Tiongkok Kecil Heritage. Belum lengkap rasanya, kalau jalan- jalan ke Lasem tanpa mampir ke Tiongkok Kecil, emangnya apa yang unik dari Tiongkok Kecil?

Bangunan antik di Tiongkok Kecil.

Lasem adalah kota permulaan mendaratnya orang Tionghoa di Nusantara, walaupun tujuan awalnya hanya berdagang, tetapi proses sosial yang terjadi begitu dinamis. Makanya, akhirnya banyak orang Tionghoa yang tinggal di Lasem semenjak abad ke 15. Lalu, terbentuklah pemukiman warga Tionghoa di Lasem. Komplek ini terletak di dekat alun-alun dan Masjid Jami Lasem.

Tiongkok Kecil Heritage adalah kawasan yang unik, mungkin di Indonesia jarang sekali kawasan yang seperti Tiongkok Kecil. Kawasan ini merupakan komplek pecinan kuno, yang memiliki bentuk bangunan dan peninggalan peninggalan budaya yang sangat bersejarah.

Klenteng di komplek Tiongkok Kecil.

Rabu, 13 April 2019, saya mengunjungi kawasan Tiongkok Kecil. Wangi dupa dan udara panas Lasem menyambut saya ketika berkeliling. Bangunan-bangunan kuno yang antik ternyata sangat indah untuk di foto dan dikunjungi, rasanya seperti kembali ke 50 tahun lalu!

Patung Dewa di sudut Tiongkok Kecil.

Yang ikonik dari kawasan Tiongkok Kecil adalah gedung-gedung kunonya. Bentuk bangunannya khas sekali, yaitu perpaduan antara bangunan Tionghoa dan Belanda. Bentuk pintu, atap rumah, jendela, dan muka bangunan memang masih asli dari puluhan bahkan ratusan tahun lalu. Ada beberapa bangunan-bangunan yang baru dibangun, tetapi bentuk bangunannya pun tetap mirip dengan bangunan kuno. Selain bangunan-bangunan klasik, di Tiongkok kecil terdapat juga beberapa tempat-tempat wisata yang unik.

Ada beberapa objek wisata budaya dan religi yang bisa kita nikmati di wilayah Tiongkok kecil. Yang pertama adalah Klenteng Cu An Kiong dan Klenteng Gie Yong Bio. Kedua objek ini adalah tempat ibadah yang ikonik di Lasem, banyak nilai-nilai sejarah dan budaya yang bisa kita pelajari Disini. Klenteng Cu An Kiong adalah kelenteng tertua di pulau Jawa, sedangkan Klenteng Gie Yong Bio adalah klenteng dengan budaya pluralis dan toleransi yang unik. Selain Klenteng, kita juga bisa mengunjungi pondok pesantren Kauman yang terdapat di wilayah Tiongkok Kecil.

Rumah batik Lasem di Tiongkok Kecil.

Pondok ini begitu menarik, karena terletak tepat di tengah-tengah komplek Tiongkok Kecil atau pecinan kuno. Pondok pesantren ini pun dalam beberapa sudutnya terlihat dipengaruhi oleh akulturasi budaya dengan masyarakat tionghoa di Lasem. Selain itu pondok pesantren ini menjadi salah satu saksi bisu sejarah kerukunan hidup umat beragama di Lasem.

Kain kain batik khas Lasem.

Selain bangunan kuno, objek wisata religi budaya, kita juga bisa mengunjungi rumah batik khas Lasem di Tiongkok Kecil. Banyak batik tulis Lasem dan baju-baju yang sudah jadi tersedia di sini, begitu pula dengan pernak-pernik dan oleh-oleh yang bisa kita beli. Batik Lasem memang khas, cukup berbeda dengan batik batik di wilayah nusantara lainnya. Akulturasi dengan budaya Tionghoa merupakan salah satu ciri khas yang paling terlihat dari batik Lasem. Maka dari itu, ada motif naga dan motif tiga negeri.

Rumah batik ini bukan sekedar toko saja, bangunannya pun merupakan bangunan klasik. Sehingga para wisatawan bisa menikmati banyak hal di rumah batik ini.

Ayo kita wisata ke Tiongkok Kecil!

Jam Buka
Setiap Hari 08.00 - 22.00 Wib

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.