Tiongkok Kecil di Semarang

0
1654
Seperti berada di Tiongkok beneran, bukan?

Jalan-jalan ke Semarang tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Tiongkok kecil. Namanya klenteng Sam Poo Kong. Seperti namanya, bangunan di dalamnya sangat mirip dengan bangunan kuno di Tiongkok seperti sedang jalan-jalan ke Tiongkok beneran.

Klenteng tersebut berlokasi di Jalan Simongan No.129 Bongsari Semarang Barat Kota Semarang. Akses ke sana juga tidak begitu sulit, hanya berjarak sekitar 4 kilometer saja dari Stasiun Besar Semarang Poncol. Kalian bisa memesan ojek online dengan catatan jalan kaki dulu ke arah kiri stasiun sekitar 100 meter. Itu untuk antisipasi protes dari ojek pangkalan atau taksi di depan stasiun.

Kalian juga bisa mengaksesnya dengan BRT atau Bus Rapid Transit Semarang. Sama seperti bus transjakarta, bus BRT Semarang juga sangat murah dengan 3.500 saja bisa keliling Semarang. Kalau ingin yang gratis juga bisa naik bus wisata Semarang.

Gerbang seperti di kerajaan kuno.

Tiket masuk ke area wisata sebesar 7 ribu rupiah di hari biasa. Murah bukan? Eh kalau akhir pekan ditambah 2 ribu rupiah. Terus kalau mau masuk ke area sembahyang, kalian harus merogoh kocek lagi sebesar 27 ribu rupiah. Uniknya, kalian bisa memesan tiket lewat online. Jadi tidak perlu mengantre masuk apalagi kalau akhir pekan tiba, antrean bisa panjang seperti ular.

Di area wisata, kalian bisa berburu foto semenarik mungkin. Ada banyak spot foto unik, foto dengan patung ala kaisar, foto dengan bangunan klenteng yang super megah atau foto dengan gerbang masuk seperti di kerajaan-kerajaan tempo dulu. Ada banyak bangunan di sekitar area, kalau tidak terburu-buru, fotolah semua sudut bangunan yang cantik itu.

Jika kalian lapar, tersedia warung makanan di sekitar area wisata. Harga makanan yang ditawarkan bervariasi mulai yang murah sampai agak mahal. Makanan yang tersedia juga bervariasi, tergantung selera di lidah kalian. Kalian bisa duduk-duduk sebentar di bawah pohon rindang sambil menikmati sajian makanan.

Di bawah pohon rindang untuk bersantai.

Setelah makan, lanjut berburu foto lagi dengan sudut pandang yang lain. Jangan lupa untuk memakai topi atau membawa payung karena area Semarang memang sangat panas. Berlama-lama di bawah sinar matahari terik membuat kepala kadang pusing. Apalagi Semarang dekat sekali dengan wilayah industri dan pantai, jadi kalau panas itu sudah wajar. Selain topi dan payung, jangan lupa membawa air mineral yang cukup meski di area wisata terdapat penjual air mineral, tidak ada salahnya untuk menghemat budget sehingga sisa uang bisa ditabung atau eksplor wisata lainnya di Semarang.

Di area wisata tersedia musola. Meski berada di area klenteng, toleransi tetap dijaga dengan baik. Yang datang ke klenteng tidak berasal dari agama Konghucu saja. Semua pemeluk agama bebas untuk masuk asal membayar tiketnya saja. Tapi kalau kalian beragama Konghucu beneran dan ingin sembahyang di klenteng maka tentu saja masuknya gratis asal lapor terlebih dahulu. Tidak ada tempat ibadah yang berbayar bukan?

Ular piton sedang nyenyak tidur.

Di sekitar area wisata terdapat kandang ular piton. Ular yang sangat besar itu selalu tidur. Jadi jangan ganggu ular yang sedang tidur. Cukup foto-foto saja.

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Tiongkok, kalian hanya perlu datang ke Semarang tepatnya di klenteng Sam Poo Kong. Jangan lupa untuk membawa kamera terbaik untuk menghasilkan foto terkece. Lalu unggah ke media sosial dan beri caption sedang berada di Tiongkok. Teman-teman kalian pasti mengira kalau kalian sedang berada di Tiongkok kecuali teman kalian sudah pernah ke sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.