Tiga Barang yang Kalian Butuhkan untuk Island Hopping

0
1024
Kapal untuk Island Hopping.

Wisata laut di Indonesia memang tidak akan ada habisnya, mulai dari wisata pantai sampai wisata bawah laut semua bisa kalian nikmati. Karena luasnya lautan Indonesia, maka potensi wisata laut Indonesia pun sangatlah banyak. Salah satu wisata laut yang sedang populer adalah island hopping, kegiatan ini adalah wisata yang tujuannya mengeksplorasi dan menjelajahi pulau-pulau dalam satu kali trip. Island hopping biasanya dilakukan dengan menggunakan kapal.

Apabila kalian tertarik dengan island hopping, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum merasakan asyiknya island hopping. Salah satunya adalah logistik atau barang bawaan. Wisata ke pulau dan tengah laut berbeda dengan wisata kota atau pegunungan, jadi barang bawaan yang harus kalian bawa pun sangat berbeda. Berikut adalah beberapa barang yang akan sangat berguna ketika kalian melakukan island hopping.

Dry Bag, Si Kantong Ajaib
Dry bag, si kantong ajaib.

Ternyata kantong ajaib bukan hanya milik Doraemon aja, kita juga memiliki kantong ajaib. Sebuah kantong ajaib bernama dry bag. Dry bag adalah tas khusus yang dirancang untuk aktivitas di air. Dry bag akan sangat berguna ketika kita sedang menjelajahi pulau dan sedang melakukan wisata laut.

Di Indonesia sendiri, dry bag sudah banyak diproduksi dan dijual. Barang outdoor ini tidak sulit untuk ditemui dan dibeli, hampir di setiap toko outdoor gear memiliki barang ini.

Perbedaan dry bag dan tas pada umumnya sangat terlihat dari materialnya. Dry bag adalah tas yang kedap air dan walaupun kita merendamnya di dalam air, barang kita tidak akan basah. Jika kita memakai tas biasa, apalagi tas selempang atau punggung, maka tas kita berpotensi untuk kebasahan. Bisa jadi terkena ombak ataupun air laut. Nah, jika kita memakai dry bag, walaupun sambil berenang dan berjalan di laut dangkal, barang bawaan kita tidak akan kebasahan. Intinya, dry bag adalah tas yang praktis dan sesuai dengan kondisi laut.

Action Cam, Si Praktis

Handphone dan kamera biasa bisa jadi membuat trip kalian ke tengah laut menjadi sedikit repot, apalagi kalau kalian tidak memiliki tas khusus untuk kamera dan handphone. Walaupun begitu, kita tetap bisa mendokumentasikan perjalanan, solusinya adalah memakai action cam!

Action cam di Indonesia sangat banyak dijual, pilihannya pun sangatlah beragam, begitu juga dengan harga dan kualitasnya. Mulai dari merek yang paling mahal dan berkualitas, sampai merek pendatang baru pun, bisa kita beli dengan mudah.

Apapun spesifikasi dan kualitas action cam-nya, ada satu hal yang membuat action cam sangat direkomendasikan untuk island hopping, yaitu mobilitasnya. Fiturnya yang sederhana dan mudah dipakai, membuat trip island hopping kita akan terasa lebih mudah. Apalagi fitur underwater, yang membuat kita bisa mendokumentasikan kegiatan di bawah air!

Alat Snorkeling!
Alat Snorkling.

Satu lagi barang yang bisa kamu bawa saat island hopping adalah alat snorkling. Kacamata dan sepatu katak akan membuat kalian lebih nyaman dalam menikmati keindahan di bawah laut. Biasanya, trip island hopping dibarengi dengan snorkeling atau diving, karena pulau-pulau yang dijelajahi pasti memiliki spot bawah laut yang indah.

Jika memakai jasa paket wisata, kalian tidak perlu lagi membawa alat snorkling sendiri dari rumah. Tapi, kalau kalian memilih untuk menggunakan jasa transportasinya saja, maka alat snorkling harus kamu bawa dari rumah. Sebenarnya, jual beli alat snorkeling di Indonesia tidaklah sulit, bahkan di toko online pun banyak pilihan alat snorkeling. Jadi, jangan khawatir untuk coba untuk membeli alat snorkling, jika kamu ingin melihat keindahan bawah laut di Indonesia!

Itu dia tiga barang yang bisa kamu bawa ketika melakukan island hopping. Faktanya, ada 17.000 pulau di Indonesia, ayo kita mulai jelajahi satu persatu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.