Tidak Hanya Keindahan Bangunan, Ada Apa Saja di Masjid Agung Jawa Tengah ?

0
63
Bangunan utama Masjid Agung.

Masyarakat muslim terutama yang berdomisili di Jawa Tengah tentunya sudah tidak asing lagi dengan Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid dengan kemegahan dan keindahan bangunannya ini hingga saat ini masih dikenal sebagai destinasi yang wajib dikunjungi saat ke Kota Semarang.

Nuansa arsitektur di Masjid Agung Jawa Tengah memiliki keunikan tersendiri pada tiap bagiannya, sehingga tak salah bila banyak orang mengatakan bahwa masjid ini adalah penggabungan dari beberapa arsitektur bergaya Timur Tengah, Romawi, Islam, dan Jawa. Ketika memasuki halaman masjid, terdapat pilar-pilar dengan gaya colosseum sebagai gerbang menuju kawasan masjid. Di tengah-tengah halaman masjid yang luas terdapat enam payung hidrolitik yang mungkin sering kita lihat di masjid-masjid yang ada di Timur Tengah. Bangunan utama Masjid Agung memiliki bentuk limas yang umumnya merupakan bentuk rumah khas tradisional di Jawa. Keunikan inilah yang membuat Masjid Agung memiliki kesan yang megah. Masjid Agung Jawa Tengah terletak di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.

pemandangan dari atas Menara Asmaul Husna.

Masjid Agung ini merupakan masjid ikonik di Kota Semarang yang dikenal bukan hanya sebagai tempat ibadah saja loh! Selain digunakan dalam berbagai kegiatan keagamaan, masjid ini juga menawarkan wisata yang cocok dikunjungi ketika malam hari, yaitu menara Masjid Agung Jawa Tengah.  Menara ini dikenal sebagai Menara Asmaul Husna dengan 19 lantai dan tinggi 99 meter. Menara Asmaul Husna menjadi tempat yang cocok untuk menikmati keindahan Kota Semarang dari ketinggian pada malam hari atau untuk menikmati sunset.

Ketika sobat travelers memasuki kawasa Masjid Agung, kalian dapat langsung menuju pintu masuk menara yang terletak tidak jauh dari tempat parkir. Dari pintu masuk, akan ada tempat pembelian tiket di sebelah kanan pintu. Sobat travelers cukup merogoh kocek Rp 10.000 per orang untuk tiket masuk. Setelah itu akan ada penjaga yang mengarahkan kalian ke dalam lift dan langsung meluncur hingga lantai 19. Tak lama kemudian, sampailah di puncak menara dan sobat travelers dapat menikmati keindahan seluruh Kota Semarang dari atas.

Angin di puncak Menara Masjid Agung Semarang bertiup sangat kencang. Sembari menikmati keheningan yang jauh dari kebisingan, tempat ini juga cocok untuk sobat travelers menenangkan pikiran dari jenuhnya keseharian. Di puncak menara tersedia beberapa teleskop yang bisa digunakan dengan memasukkan uang koin Rp 1.000. Saya pun tertarik mencoba. Teleskop ini dapat digunakan untuk melihat benda-benda yang terlihat jauh. Tetapi, saat listrik di Kota Semarang tidak padam seluruhnya, tak usah berharap dapat melihat bintang karena langit terlalu terang oleh polusi cahaya.

Halaman masjid Agung Jawa Tengah.

Fasilitas menarik lain rupanya juga tersedia di Masjid Agung Jawa Tengah ini. Selain sebagai tempat ibadah dan objek wisata, juga tersedia auditorium, studio Radio Dakwah Islam, museum, dan perpustakaan yang mengarsipkan sejarah dari Masjid Agung. Museum yang ada di masjid ini juga mencatat perkembangan Islam di Jawa Tengah. Museum ini terletak di lantai dua dan tiga Menara Asmaul Husna.

Di sini, terdapat pula berbagai macam peninggalan berupa wayang, artefak, busana, keramik hingga pedang. Tersedia pula hotel yang bisa digunakan untuk menginap serta restoran yang terdapat di Menara Asmaul Husna. Restoran ini juga sangat unik karena terletak di lantai 18 Menara Asmaul Husna. Selain itu, restoran ini dapat berputar sehingga pengunjung dapat menikmati landscape Kota Semarang, memberikan suasana yang berbeda dari restoran kebanyakan.

Nah, bagaimana sobat travelers? Banyak sekali fasilitas unik dan menarik yang bisa didapatkan saat mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah, kan? Jadi ketika berkunjung ke Masjid Agung, kita tidak hanya bisa menikmati keindahan bangunan, tapi juga banyak fasilitas lain yang bisa dinikmati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.