Thailand, Negeri Gajah yang Aesthetic

0
262
Kuil di chinatown thailand.

Jika kalian ingin backpacker-an ke luar negeri dengan biaya yang bersahabat dengan kantong, maka Thailand merupakan pilihannya. Untuk melakukan perjalanan ke Thailand, biaya yang dibutuhkan tidak semahal ke negara lain. Biaya tiket pesawat dari Jakarta ke Thailand PP dibandrol dengan harga mulai 1.200.000. Harga tersebut tentunya dengan maskapai LCC ya. Bukan hanya itu, maskapai-maskapai LCC sering mengadakan diskon untuk penerbangan ke Thailand dari Jakarta.

Bukan sekedar tiket pesawatnya yang murah, transportasi umum disana pun cukup murah. Kita bisa menggunakan sky train, tuk-tuk, bus, atau pun kapal untuk penyebrangan. Tidak sulit menjangkau transportasi-transportasi umum tersebut, beberapa di antaranya memiliki petunjuk yang jelas walaupun orang di sana banyak yang masih susah berbahasa Inggris. Menariknya jika kita malas menggunakan transportasi yang benar-benar umum, kita biss menggunakan taksi online dan offline juga tersedia di sana. Harganya bersaing, cukup install aplikasinya dan cek harga secara berkala. Menggunakan taksi online lebih mudah karena kita tidak perlu khawatir nyasar.

Harga penginapan di Thailand beragam mulai dari 150.000,- per malam tergantung bagaimana fasilitas penginapannya. Terdapat berbagai macam pilihan seperti hotel, apartemen yang disewakan, hostel dan lain sebagainya. Untuk booking penginapan di Thailand bisa lewat aplikasi. Terdapat banyak pilihan dengan harga yang beragam. Terkadang juga ada diskon khusus untuk penginapan yang bisa dimanfaatkan.

Tempat wisata di Thailand terkenal dengan kuil-kuilnya. Harga tiket untuk berkunjung ke kuil-kuil juga relatif murah sekitar 50.000 an kecuali di Grand Palace yang membutuhkan sekitar 250.000. Banyak sekali pilihan kuil di sini, tapi yang saya sarankan adalah Wat Arun yang murah dan cukup aesthetic bangunannya. Setiap kuil di Thailand, akan diawali dengan kata “Wat” yang berarti kuil. Bukan hanya kuil, masih banyak tempat wisata di Thailand seperti pasar apung, Asiatique, kebun binatang, tempat pembuatan gula putih Thailand, Cathucak Weekend Market, dan masih banyak lagi.

Pemandangan di pasar apung.

Salah satu destinasi wisata yang aku kunjungi adalah pasar apung. Wisata ini menarik karena kita akan diantar keliling pasar apung dengan menggunakan perahu motor. Bukan sekedar mengelilingi pasar apung tapi kita juga diajak mengelilingi perkampungan apung di sana. Kita bisa melihat bagaimana rumah-rumah berada di tengah rawa-rawa dan dikelilingi sungai. Jika kalian pernah menonton film dari Thailand yang berjudul Pee Mak, ya seperti itulah pemandangannya. Lucu dan nyentrik melihat warga di sana ke mana-mana menggunakan perahu motor sebagai transportasi utamanya. Di pasar apung ini kita bisa menikmati aneka makanan tradisional Thailand seperti mango stiky rice, es krim coconut, semacam gorengan khas Thailand, minuman-minuman tradisional dan lain sebagainya. Kebanyakan makanan khas Thailand mengandung kelapa karena di egara gajah ini banyak sekali pohon kelapa.

Bianglala di Asiatique Reverfront.

Setelah itu, untuk membeli oleh-oleh kami memilih 2 tempat yakni Asiatique dan Cathucak. 2 tempat ini sanget terkenal di Bangkok. Cathucak hanya buka di akhir pekan mulai siang hingga malam. Harga oleh-oleh di Cathucak lebih murah dibandingkan di Asiatique. Asiatique berada di pinggir sungai Chao Phraya. Jadi, jika kita ingin pergi ke Asiatique setelah menggunakan sky train, kita bisa menggunakan kapal untuk sampai ke sana melalui jalur air. Di tempat ini tersedia berbagai macam oleh-oleh mulai dari makanan, kaos, cinderamata dan lain sebagainya. Harganya tidak terlalu mahal juga tidak murah. Kita bisa menawarnya jika ingin berbelanja di sana. Menariknya, di Asiatique terdapat bianglala besar yang lucu serta terdapat restoran apung di mana kita bisa makan di atas kapal ditengah Sungai Chao Praya.

Terdapat beberapa macam oleh-oleh yang bisa kita beli seperti kaos, gantungan kunci, tempelan kulkas, diary book, tas, Thai tea, bumbu tomyam, serta make up dan jajanan lain yang lebih murah dibanding di Indonesia. Kita juga bisa membuat jasa titip karena banyak sekali barang-barang dari Thailand yang murah dan asli dibanding di Indonesia. Tapi hal tersebut akan sedikit mengganggu acara traveling kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.