Tetap Terhubung dengan Internet Selama di Bangkok, Thailand

0
142
Konter TrueMove.

Bepergian ke Thailand untuk kali pertama memang merepotkan bagi masyarakat Indonesia. Penyebabnya tentu adalah bahasa karena Thailand memiliki bahasa tulis dan lisan yang berbeda jauh dengan bahasa latin. Aksara Thai yang digunakan memiliki bentuk yang unik sehingga bagi wisatawan yang berkunjung menjadi kendala tersendiri. Jika bepergian dengan jasa travel, tentu wisatawan tak perlu khawatir karena semua informasi sudah disediakan. Sementara untuk wisatawan yang bepergian sendiri atau tanpa menggunakan jasa travel, informasi selama di Thailand perlu dicari sendiri agar tidak tersesat. Oleh karena itu, keberadaan internet sangat dibutuhkan saat di Thailand, baik untuk mencari objek wisata, transportasi, atau mengakses google map.

Sebenarnya, ada tiga tipe internet yang bisa kalian gunakan untuk berlibur di Thailand. Pertama, kalian bisa menggunakan internet roaming dari sim card Indonesia. Jadi, internet kalian langsung aktif setelah kalian turun dari pesawat di bandara. Kekurangannya terletak pada harga yang ditawarkan. Tentunya lebih mahal dibandingkan dengan membeli kartu internet di Thailand. Kelebihannya adalah perjalananmu sudah pasti tanpa terkendala oleh minimnya informasi.

Ramainya staf yang menjual sim card dan pengunjung.

Kedua, kalian bisa menggunakan sim card Thailand khusus untuk mengakses internet selama di Thailand. Oleh karena itu, kalian tidak bisa menggunakan kartu itu untuk fasilitas lain seperti menelepon. Untungnya kalian bisa memanfaatkan aplikasi telepon gratis dari layanan media sosial. Terkait perbedaan harga dengan tipe sebelumnya, saya rekomendasikan untuk menggunakan kartu internet sim card Thailand karena jauh lebih murah. Kalian bisa memesan dari Indonesia lalu mengambil kartunya di bandara atau langsung membeli sesampainya di Thailand. Banyak toko online di Indonesia yang menawarkan jasa jual sim card Thailand. Jika ragu atau kurang percaya, kalian bisa membeli kartu saat tiba di Thailand.

Meskipun lokasi pembelian berbeda, harganya tetap sama-sama murah dan bertipe prabayar sehingga sangat cocok untuk kalian yang hanya berlibur di Thailand dalam jangka waktu yang singkat. Bahkan, agar lebih hemat, saya dan teman-teman hanya membeli satu sim card untuk dipakai bersama-sama. Kami sharing internet dengan metode tethering. Di Thailand, ada tiga pilihan sim card yang bisa kalian sesuaikan dengan budget yang kalian miliki dan lama berlibur di Thailand.

TrueMove

Sim card TrueMove dari segi harga sangat murah dengan jaringan 3G/4G/LTE. Bahkan, kartu ini memungkinkan kalian untuk terhubung dengan free wifi hotspots di Bangkok. Untuk wisatawan, saya rekomendasikan membeli sim card dengan masa berlaku 7 hari seharga 299 baht. Ada pula paket combo 3 hari dengan harga 150 baht.

Membeli sim card di terminal 1 Bandara Don Mueang.
DTAC

Sim card DTAC paling dikenal di kalangan wisatawan karena kecepatannya yang tinggi. Nah, karena kecepatannya inilah, harganya pun lebih mahal. Untuk wisatawan, kalian bisa memilih paket limit 500 MB selama 7 hari atau paket seharga 299 baht untuk 3 GB yang bisa digunakan selama 8 hari. Tentunya lebih hemat jika membeli satu untuk dipakai banyak orang.

AIS

Sim card AIS juga memberikan pilihan yang tak kalah menarik untuk wisatawan. Paket yang ditawarkan untuk wisatawan adalah paket data internet unlimited dengan maksimal kuota sebesar 3 GB. Harganya sebesar 299 baht dan lama penggunaan selama 8 hari.

Proses registrasi sim card.

Nah, kalau saya dulu memilih membeli DTAC dengan pertimbangan akan digunakan  dengan teman-teman.  Di mana belinya? Sesampainya kalian di Bangkok, tepatnya di Bandara Internasional Suvarnabhumi atau Don Mueang, kalian bisa langsung ke counter TrueMove, DTAC, atau AIS di Terminal Kedatangan. Kalau di Bandara Don Mueang, ada di lantai 1. Tak usah khawatir, semua counter bersebelahan sehingga kalian bisa melihat-lihat dulu sebelum membeli. Kalian pun akan diminta menyerahkan paspor dan HP untuk dibantu pengaturan dan registrasi sim sehingga kalian tidak perlu khawatir zonk saat membelinya. Selain di bandara, kalian bisa membeli juga di 7-eleven Bangkok. Sayangnya, kalian harus registrasi sim card sendiri atau minta tolong kepada staf 7-eleven.

Ketiga, kalian bisa memanfaatkan keberadaan internet gratis selama di sana, baik di bandara, hotel, maupun transportasi umum. Namun, kalian harus siap dengan segala informasi terkait perjalanan kalian di Thailand sebelum berangkat. Pastikan kalian tidak membutuhkan informasi tambahan sehingga mengharuskan kalian bertanya ke warga lokal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.