Tenangnya, Danau Mandalawangi di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

0
749
Menikmati tenangnya suasana di Danau Mandalawangi.

Travellovers, apa kegiatan kalian nih di akhir pekan? Sudah punya list tempat wisata yang dikunjungi dong pastinya yah. Seperti saya nih yang memilih menghabiskan akhir pekan di daerah Cianjur. Lebih tepatnya di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Sudah kita tau yah travellovers, bahwa Kabupaten Cianjur memiliki pesona alam yang sangat luar biasa indahnya. Dan menjadi salah satu destinasi incaran pengunjung yang ingin mencari suasana yang berbeda. Tentunya yang kita tidak dapatkan diperkotaan.

Kali ini saya memilih menikmati ketenangan di alam Kabupaten Cianjur, tepatnya di Danau Mandalawangi. Untuk travellovers yang suka mendaki atau kemping pasti sudah tidak aneh yah dengan Danau Mandalawangi ini. Kenapa saya bilang seperti itu? Karena Danau Mandalawangi ini berada di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Suasananya bikin betah loh travellovers.

Tepatnya ada di Komplek Wisata Cibodas, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Seperti yang saya bilang yah travellovers, Danau Madalawangi ini termasuk kedalam zona pemanfaatan Kawasan Nasional Gunung Gede Pangrango yang luasnya sekitar 3 Ha. Makanya untuk travellovers yang sering ngedaki dan kemping pasti hafal dengan danau ini.

Saya kesini menggunakan motor karena lebih cepat dan bisa berhenti kalau ada spot kece buat foto selama perjalanan hehe. Tapi untuk travellovers yang membawa kendaraan roda empat atau kendaraan umum juga bisa banget kok. Karena aksesnya mudah banget untuk dijangkau oleh kendaraan apapun.

Travellovers, karena Danau Mandalawangi ini berada di kawasan bumi perkemahan jadi jangan aneh yah kalau disini banyak yang kemping. Entah bersama teman, keluarga, bahkan sekolah atau universitas. Tapi jangan khawatir yah buat travellovers yang kesini hanya untuk jalan-jalan aja alias nggak bermalam, bisa banget kok.

Ini dia tiket masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Untuk HTM berkemah dan rekreasi pun berbeda yah travellovers. Untuk travellovers yang ingin berkemah untuk umum kalian akan dikenakan HTM sebesar Rp. 24.000/orang di weekday dan Rp. 29.000/orang di weekend. Untuk pelajar yang ingin berkemah akan dikenakan biaya Rp. 15.000/orang di weekday dan Rp. 18.000/orang di weekend.

Nah itu untuk HTM untuk umum dan pelajar yang akan berkemah yah, sedangkan untuk travellovers yang hanya berekreasi saja akan dikenakan HTM Rp. 16.000/orang di weekday dan Rp. 18.500/orang di weekend untuk pengunjung umum dan untuk pelajar akan dikenkan biaya Rp. 9.000/orang di weekday dan Rp. 10.500/orang di weekend.

Lanjut yah travellovers, memasuki kawasan perkemahan travellovers akan melewati mulut Komodo besar sebagai terowongan. Tenang ini cuma patung yah travellovers, tapi asli patung Komodonya besar banget dengan mulutnya menganga lebar. Mulutnya yang menganga besar itu sebagai pintu kita menyebrang karena tepat dibawahnya ada aliran Sungai Cikundul yang mengalir jernih.

Ini dia patung Komodo di kawasan Danau Mandalawangi travellovers. Gede banget kan?

Setelah melewati Patung Komodo, kita sudah bisa melihat pengunjung yang sedang asik piknik dengan  keluarga dan teman-temanya, dan juga ada yang sibuk membangun tenda untuk menginap. Deretan Pohon Pinus pun menjulang tinggi dengan suara serangga khas pegunungan yang saling bersautan. Suara gemercik aliran sungai pun menambah syahdu suasan sekitar. Nyaman rasanya.

Lanjut tracking sedikit dengan jalur yang sudah di beri bebatuan dan sangat aman, kita menuju Danau Mandalawangi yang tepat berada ditengah-tengah diantar rapatnya tenda-tenda yang akan bermalam. Tidak bisa dipungkiri yah travellovers, danau memang salah satu tempat yang cocok untuk menenangkan diri dan bisa menjadi pusat berkumpul untuk menikmati alam sekitar.

Danau dengan air yang jernih ini pun mampu membius siapapun yang berkunjung kesini. Entah hanya untuk beristirahat atau berwisata air. Karena di Danau Mandalawangi ini terdapat penyewaan perahu untuk kalian yang ingin mengelilingi indahnya Danau Mandalawangi. Ohiya travellovers, saking jernihnya air di Danau Mandalawangi ini, kalian bisa melihat ikan-ikan yang sedang berenang kesana kemari. Kalian cukup memandanginya saja yah tidak untuk diambil atau dipancing. Hehe

Nah travellovers, ternyata selain kita bisa menikmati indahnya suasan sekitar kawasan perkemahan dan juga tentunya Danau Mandalawanginya, kita jugsa bisa mengunjungi Air Tejun Rawa Gede, Sungai Cikundul, dan mencoba juga fasilitas-fasilitas yang sudah disediakan seperti flying fox dan perahu. Seru banget kan travellovers?

Ohiya buat travellovers yang mau bermalam musti dipersiapkan perlengkapanya yah, seperti tenda, matras, sleeping bag dan perlengkapan lainnya. Dan harus jaga kebersihan sekitar juga yah travellovers. Selamat berakhir pekan travellovers.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.