Tempat-Tempat Bersejarah di Kota Tua Jakarta

3
605
Museum Fatahillah Kota Tua Jakarta.
Museum Fatahillah Kota Tua Jakarta.

Sahabat semuanya, kali ini saya akan bahas mengenai perjalanan wisata dadakan lagi di Kota Tua Jakarta. Nah, sebelum membahas lebih dalam, yukk mari simak berikut ini:

Kota Tua Jakarta atau sering di sebut Kotu “Kota Tua”, dan juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Old Batavia), adalah sebuah wilayah kecil di Jakarta, Indonesia. Wilayah khusus ini memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka).

Kota Tua dahulu dijuluki “Permata Asia” dan “Ratu dari Timur” pada abad ke-16 oleh pelayar Eropa, Jakarta Lama dianggap sebagai pusat perdagangan untuk benua Asia karena lokasinya yang strategis dan sumber daya melimpah.

Sahabat semuanya, Kota Tua adalah peninggalan sejarah Indonesia masa lampau, meski saat ini hanya menjadi catatan sejarah yang tak kan pernah terlupakan oleh semua rakyat Indonesia namun saat ini masih banyak di minati untuk di kunjungi baik itu Bersama sahabat, teman atau pun pasangan sahabat semuanya, nah bagi yang jomblo jangan minderr yak. Di sana banyak kok yang jomblo, Eh, kali aja nemu jodoh. 😀 ^_^

Di Kota Tua ini sahabat semuanya bisa mengabadikan moment foto bareng, selfi ria, bahkan Kota Tua juga sempat dijadian foto Pra Weeding lohh.. yang Jomblo banyak-banyak bersabar :D, selain bisa mengabadikan moment, sahabat semuanya juga bisa mengunjungi Museum disana, seperti Museum Fatahillah.

Panorama indahnya Kota Tua
Panorama indahnya Kota Tua.

Tidak hanya bisa menikmati indah nya panorama Museum Fatahillah, teman-teman juga bisa mengunjungi Museum wayang. Selain itu sahabat semuanya juga bisa masuk ke Museum Fatahillah dan menyaksikan peninggalan sejarah masa lampau seperti peralatan perang (bambu runcing), pakaian yang digunakan, senjata-senjata khas masa lampau,  batu peninggalan sejarah dan juga sahabat semuanya bisa belajar dan menggali lagi ilmu sejarah yang mungkin saat ini sudah mulai memudar.

Selain itu sahabat semuanya juga bisa menyaksikan langsung seperti apa mata uang/transaksi tunai masa lalu. Dan mengenai biaya masuk ke Museum Fatahillah jangan khawatir mahal ya sahabat, bagi anak-anak dikenakan biaya masuk Rp.4.000,- /anak dan Rp.5.000,- untuk orang dewasa.  Cukup murah bukan ???

Kota Tua Jakarta
Foto bersama dengan Orang melayang di Kota Tua Jakarta.

Tak kalah menarik sahabat semuanya juga bisa menikmati foto bersama dengan manusia / orang melayang dan ini asli loh sahabat semuanya. Mengenai tarif berfoto tidak di bandrol kok. Seikhlasnya sahabat semuanya aja yang mau memberi.

Kota Tua Jakarta
Kuliner di Kawasan Kota Tua.

Selain terdapat banyak sekali spot-spot menarik untuk berfoto, sahabat semuanya jangan khawatir kalau soal makanan deh. Yang suka makan-makan di Kota Tua di sediakan kok tempatnya di belakang Kota Tua. Sahabat semuanya juga bisa menyicipi kuliner di Kawasan Kota Tua diantaranya favorit sahabat saya nih, yakni telur gulung dan selain itu sahabat semuanya juga bisa mencicipi bakso, mie ayam, ketoprak, nasi padang juga ada :D. Dan satu lagi yang paling khas sahabat yaitu Pecel, pokoknya enak dehh.

Stasiun kereta Api Kota Tua Jakarta
Stasiun kereta Api Kota Tua Jakarta.
Kota Tua Jakarta
Museum Bank Indonesia Kota Tua Jakarta.

Kemudian tidak hanya bisa mengunjungi Museum Fatahillah, Museum Wayang dan menikmati indahnya berfoto bersama orang terbang, sahabat semuanya juga bisa nih mengunjungi Museum Bank Indonesia, Bank Mandiri, Bank BNI masa lalu, ya walaupun sih cuma mengabadikan moment disana. Di Kota Tua juga terdapat Stasiun kota yang sampai sekarang masih aktif dan bisa digunakan.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.