Teduh Hostel
Kamar kapsul di Teduh Hostel.

Di daerah Jakarta Kota, ada banyak tempat wisata. Wisata sejarah Batavia di Kota Tua, wisata kuliner di Gang Gloria, wisata sejarah maritim di Sunda Kelapa, dan wisata pecinan di Glodok. Semuanya bisa kamu nikmati, tetapi hotel di daerah itu cukup mahal, dari 300 sampai 500 ribu an. Kalau kamu travelling dengan gaya low budget, kamu bisa cobain hostel.

Nah, untuk para traveller, ada hostel murah yang bagus nih! Namanya Teduh Hostel. Hostel ini deket banget dari Stasion Jakarta Kota, cuma 5 menit-an kalau jalan kaki. Letaknya di Jalan Gang Asem, walaupun namanya Gang Asem, tapi letaknya gak masuk masuk ke gang kecil kok. Ketika menuju ke hostel, kamu akan melihat kesibukan pekerja di ruko dan pertokoan di Pinangsia. Daerah ini adalah salah satu kawasan pecinan di Jakarta Utara.

Setelah berjalan kaki, kita sampai di Teduh Hostel. Saya gak nyangka kalau bangunan ruko itu ternyata hostel yang mantap. Dari luar kelihatannya seperti ruko biasa, hanya ada plang “Teduh Hostel” yang menandai. Setelah masuk, ternyata interiornya segar dan kreatif. Mural dan tata ruang yang minimalis benar benar “ala backpacker”.

Penginapan Jakarta
Resepsionis Teduh Hostel.

Ketika masuk, resepsionis menyambut saya. Lalu, saya melakukan check in dan pengisian identitas. Sebelumnya, saya sudah booking hostel di salah satu website penyedia akomodasi. Untuk registrasi dan menginap, ada deposit yang harus dipenuhi. Bisa memakai Kartu Tanda Penduduk atau uang sejumlah 200 ribu rupiah. Saya menitipkan KTP untuk deposit. Registrasi pun selesai, saya mendapat name tag bertulis “u3”, yaitu nomor kamar saya.

Setelah itu, saya diajak berkeliling hostel. Hostel ini memiliki 3 lantai. Di lantai 1, ada dapur, toilet, TV, playstation, kursi santai, ruang makan, dan smoking area. Resepsionis menerangkan bahwa setiap pagi akan diberikan sarapan yaitu roti tawar dan selai. Setiap saat pun tersedia kopi, teh, dan air mineral gratis. Microwave dan alat masak pun tersedia di dapur lantai 1.

Dorm Teduh Hostel
Kamar Dorm Teduh Hostel.
Fasilitas Teduh Hostel
Sarapan gratis di hostel.

Di lantai 2, ada kamar dorm yang berkapasitas 22 orang, ada 3 kamar mandi bershower, dan loker penyimpanan barang. Di lantai 3, ada kamar dormitory juga, ada 3 kamar mandi dengan shower, dan loker penyimpanan barang. Kebetulan saya dapat kamar di lantai 3. Kamar huruf U di paling atas. Unik juga, bentuk hostel ini mirip mirip hotel kapsul. Jadi, satu orang satu kasur, dengan ruangan 3 kali 1 meter persegi. Di ruangan tidur, ada 2 buah AC, dan satu terminal listrik setiap kasurnya. Penerangan lampu yang redup dan keheningan kamar membuat suasana tidur kita menjadi nyaman dan nikmat.

Waktu menunjukan pukul 6 sore. Saya ingin berkeliling dan kuliner-an dulu, maka saya pergi ke daerah Kota Tua. Kelilingan kawasan pusat kota kuno ini akan saya bahas di tulisan lain. Setelah kenyang jalan jalan, saya kembali ke hostel sekitar pukul 10 malam. Ada peraturan, bahwa pintu hostel akan ditutup jam 3 subuh, lalu dibuka kembali jam 6 pagi. Jadi, jangan khawatir kalau kamu mau pulang larut malam, pintu masih dibuka sampe subuh kok.

Nginap di Teduh Hostel
Lounge hostel.

Pukul 10 malam saya mandi di kamar mandi hostel. Ternyata, bisa pakai air panas, mandi malam hari sangat nikmat kalau pakai air panas. Apalagi setelah jalan jalan seharian. Badan saya terasa letih, setelah selesai mandi saya beristirahat di kamar. Nikmat sekali rasanya bisa menyentuh kasur dan meregangkan badan.

Jangan khawatir, harga kamar di hostel ini cukup murah kok. Cuma 80 sampai 90 ribuan aja per orangnya. Gimana? Tertarik mencoba?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.