Tarekot, Wisata Murah Meriah di Malang

0
614
Gerbang Masuk Menuju Tarekot.

Berbicara tentang wisata di Kota Malang memang tak ada habisnya. Banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi di sini. Mulai dari wisata alam, religi, seni budaya, kuliner hingga taman rekreasi. Jika kalian ingin jalan-jalan untuk menyegarkan suasana hati namun kantong lagi tipis? Tak usah bersedih hati, karena ada banyak tempat yang bisa di kunjungi meski dengan budget pas-pasan.

Seperti minggu lalu, saya dan teman saya ingin melakukan refreshing yang tidak menghabiskan banyak dana. Tercetuslah ide brillian dari teman saya untuk ke Tarekot (Taman Rekreasi Kota). Taman rekreasi ini berada pusat kota, tepatnya di belakang kantor Balai Kota Malang. Beralamat di Jalan Mojopahit No.1, Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Bisa dijangkau dengan berjalan kaki bila dari Stasiun Malang Kota Baru.

Area ini dulunya merupakan tempat parkir mobil dinas dan bus milik Pemkot Malang, lalu pada tahun 2014 diresmikan menjadi taman rekreasi oleh wali kota malang saat itu, Bapak Mochamad Anton, atau yang sering dipanggil Abah Anton. Tujuan dibangunnya tempat wisata ini adalah untuk memfasilitasi keinginan warga Malang akan tempat rekreasi di tengah kota yang memadai dan terjangkau. Tidak dipungut biaya untuk bisa masuk ke sini, kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 2.000 untuk parkir motor saja.

Sarang Burung Berisi Berbagai Spesies Burung.

Ada banyak wahana yang disediakan di sini. Setelah memarkir motor, hal pertama yang kami lakukan adalah jalan-jalan ke mini zoo. Terdapat beberapa kandang yang dibangun menyebar di area Tarekot, yang paling besar adalah sarang burung yang berada di dekat gerbang masuk. Berbagai macam unggas dan burung hidup di dalamnya. Setelah itu kami menuju kandang reptil yang berada di belakang pujasera. Untuk sampai ke sana, kami harus menuruni tangga menuju dekat sungai. Di sana terdapat beberapa jenis ular, ular piton yang besar dan panjang juga ada. Selain itu, juga ada kandang monyet dan landak.

Setelah puas berkeliling ke kandang reptil, kami menuju ke taman bermain. Dalam perjalanan ke taman bermain, kami melewati kandang landak dan kelelawar. Taman bermainnya cukup luas dan berisi banyak permainan. Mulai dari ayunan, seluncuran, jungkat-jungkit, dan masih banyak lagi. Taman bermain ini sangat cocok untuk anak-anak.

Area Kolam Renang di Tarekot.

Nah, setelah itu kami turun ke bawah menuju ke kolam renang. Untuk masuk ke kolam, kami hanya perlu membayar Rp. 200 per orang, uang itu nantinya dipakai untuk biaya kebersihan, murah sekali bukan? Saat kami datang, kolam sudah ramai oleh pengunjung. Kamipun segera ganti baju dan berenang.

Setelah selesai berenang, perut kami mulai lapar. Kamipun beranjak menuju ke taman bermain tempat beberapa booth penjual makanan ringan berada. Kami membeli camilan yang ada di taman bermain. Ada sosis bakar, ice cream, dan makanan ringan lainnya. Selain di taman bermain, kalian juga bisa membeli makan di pujasera yang dekat dengan gerbang masuk. Setelah kenyang, kami melanjutkan perjalanan lagi.

Bus Macito yang Siap Membawa Berkeliling Malang.

Destinasi selanjutnya adalah naik Bus Macito (Malang City Tour). Bus bertingkat warna hijau ini akan membawa kami berkeliling Kota Malang. Tak perlu merogoh kocek lagi untuk bisa naik bus dengan atap terbuka ini. Halte bis berada di dekat kandang burung. Bus beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB, lalu lanjut lagi pada pukul 14.00 WIB – 15.30 WIB. Kami menunggu di halte hingga bus datang dan memulai perjalanan.

Puas sekali seharian keliling Tarekot dan berenang, ditambah berkeliling Malang menggunakan Macito. Tahukah kalian jika kami hanya menghabiskan uang Rp. 2.500 saja untuk biaya wisata, di luar biaya jajan. Traveling yang murah meriah bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.