Taman Wisata Tegal Jarong: Akses Menikmati Keindahan Jatigede dengan Perahu

0
422
Perahu di Tegal Jarong.

Taman Wisata Tegal Jarong, begitulah nama tempat yang tertulis sebelum masuk area destinasi wisata ini. Tegal Jarong ini merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Bendungan Jatigede, Kabupaten Sumedang. Tempat ini bisa dibilang baru karena keberadaanya yang mulai ramai dikunjungi akhir-akhir ini.

Objek wisata Taman Wisata Tegal Jarong ini sama halnya dengan objek wisata lainnya yang ada di daerah Bendungan Jatigede, seperti beberapa objek wisata yang pernah dibahas di artikel sebelumya, yaitu Kampoeng Buricak Burinong, Puncak Damar, dan lainya. Hanya hal yang membedakan lokasi ini dengan lokasi yang lainnya adalah adanya perahu yang bisa ditumpangi oleh pengunjung yang datang ke Taman Wisata Tegal Jarong ini.

Akses Lokasi Taman Wisata Tegal Jarong.
Pintu Masuk Menuju Tegal Jarong.

Untuk ke Taman Wisata Tegal Jarong, kita bisa melalui berbagai macam akses, tergantung  berangkat dari daerah mana. Apabila kita berangkat dari arah Kecamatan Situraja atau sekitarnya, akses jalan yang akan dilalui adalah jalan proyek jadi kita harus berhati-hati. Tapi lain halnya ketika kita menuju lokasi ini apabila dari arah Majalengka atau Cirebon dan sekitarnya, jalan yang akan dilalui tidak akan separah jalan yang tadi disebutkan karena jalan yang di lewati bukan jalan proyek dan kita bisa masuk untuk datang ke lokasi ini dari daerah Kecamatan Tomo.

Akses lokasi dari arah Kecamatan Situraja atau sekitanya bisa memakai motor atau mobil, tapi tetap harus berhati-hati karena banyak batuan yang ada di jalan proyek yang akan dilewati. Apabila musim kemarau seperti sekarang ini, jalan penuh debu pasir dan apabila musim hujan, jalan lebih licin dari biasanya.

Fasilitas yang Bisa Dinikmati di Taman Wisata Tegal Jarong.
Tugu Tulisan Tegal Jarong.

Suasana yang gersang dan terik matahari yang menyengat Saya rasakan saat perjalanan menuju Taman Wisata Tegal Jarong. Bisa kita saksikan pohon-pohon dan rumput-rumput kering sepanjang jalan menujung lokasi ini. Mungkini ini karena dampak dari kemarau yang berkepanjangan.

Beristirahat sejenak sembari menikmati kopi di warung yang ada di lokasi ini, tampak deretan warung yang tersusun rapi seperti halnya di taman. Suasana yang lumayan tidak ramai karena pada hari itubukan hari libur, jadi tentunya sedikit pengunjung yang datang. Toilet dan mushola juga ada di sini. Selain itu, tempat parkir yang luas memungkinkan pengunjung yang membawa motor atau mobil tak perlu khawatir tak kebagian lahan parkir.

Selesai beristirahat dari perjalanan menuju lokasi, sekarang waktunya berkeliling melihat dan menikmati keindahan yang ada di Taman Wisata Tegal Jarong ini. Ada beberapa  tempat berswafoto yang menarik, yaitu di tugu tulisan Tegal Jarong dan di bawah tempat yang memanguntuk berswafoto dengan latar belakang ban besar yang ada tulisannya. Selain itu, pemandangan yang bisa dilihat dari Tegal Jarong ini tak kalah indah dengan pemandangan yang dirasakan di objek wisata yang ada di daerah Bendungan Jatigede lainnya.

Perahu yang bersandar di Tegal Jarong.

Hal yang berbeda dengan objek wisata lainnya adalah kita bisa menikmati keindahan Jatigede dengan perahu dan merasakan berperahu di bendungan Jatigede. Berdasarkan keterangan yang didapat, tarif perahu untuk 1 orang Rp20.000  atau untuk satu perahu Rp150.000. Bisa saja tarif perahu kurang dari itu apabila kita pintar menawar atau dari satu perahu itu muatannya penuh sesuai kapasitas.

Berperahu di atas Bendungan Jatigede dan melihat keadaan sekitar rasanya seperti berperahu di laut karena adanya pulau-pulau kecil yang ada di Bendungan Jatigede. Hal ini bisa terlihat demikian karena dulunya pulau-pulau tersebut merupakan daerah perbukitan yang ditenggelamkan untuk pembangunan Bendungan Jatigede.

Tentu saja pergi berwisata ke Taman Wisata Tegal Jarong dengan tidak meninggalkan sampah dan berperilaku baik untuk menjaga fasilitas yang ada di objek wisata tersebut adalah tindakan yang harus diutamakan. Selain untuk menjaga keindahan dan menimbulkan kerusakan, kita juga ikut serta menjaga kebersihan lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.