Taman Tirta Gangga, Taman Wisata Air Peninggalan Kerajaan Karangasem Bali

0
312
Kolam hias dengan air mancur yang berundak-undak dan dikelilingi taman kecil.
Kolam hias dengan air mancur yang berundak-undak dan dikelilingi taman kecil.
  • Patung-patung yang dapat menjadi spot foto yang cantik.
  • Salah satu jembatan dengan ukiran khas Bali yang indah.
  • Kolam hias dengan beberapa patung yang dililit dengan kain sarung Bali. Di kolam ini wisatawan dapat menapakkan kakinya pada batu-batu yang mengapung sambil berfoto.
  • Beberapa kolam hias kecil dengan air mancur dan diselingi pohon palem yang tinggi berderet rapi memisahkan dua kolam hias besar.
  • Kolam pemandian untuk anak-anak.
  • Kolam hias dengan air mancur yang berundak-undak dan dikelilingi taman kecil.
  • Kolam dengan perahu yang bisa dinaiki wisatawan untuk berkeliling kolam.

Taman Tirta Gangga adalah objek wisata yang berupa taman wisata air. Taman ini berlokasi di JL. Raya Abang, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Perjalanan dari Denpasar ke lokasi membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Pada sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi pemandangan yang indah. Jalan akses ke lokasi sangat baik. Harga tiket masuk Rp 25.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 40.000 untuk wisatawan asing.

Taman Tirta Gangga ini merupakan taman peninggalan Kerajaan Karangasem yang masih terpelihara dengan baik. Objek wisata ini dulunya taman dan tempat pemandian raja-raja Karangasem yang dibangun pada tahun 1948 oleh Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung. Pada tahun 1963 taman ini sempat rusak karena letusan Gunung Agung, yang kemudian dibangun kembali.

Taman ini tidak terlalu luas, tapi terlihat indah. Tempatnya asri, sejuk dan banyak terdapat pohon. Air kolamnya bening, bersih, sejuk dan penuh ikan. Air kolam berasal dari  sumber mata air. Selain kolam-kolam hias juga terdapat dua kolam renang untuk dewasa dan anak-anak dan dikenakan biaya tambahan. Fasilitas disini cukup lengkap terdapat toilet, resto, toko-toko yang menjual suvenir dan pakan ikan serta tempat parkir yang cukup luas. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.