Taman Sempur, Alun-alunnya Kota Bogor

0
62
Jogging Track Taman sempur.

Sebagai warga Bogor yang budiman dan setia, tentunya wajib hukumnya untuk membahas tempat ikonik Bogor yang satu ini, yaitu Taman Sempur!

Taman Sempur atau yang biasa dikenal dengan Lapangan Sempur merupakan salah satu lokasi rekreasi di Kota Bogor yang kecil ini. Eits jangan lupa, Bogor kota itu kecil, yang besar itu jika bersama dengan kabupatennya. Letaknya benar-benar di tengah kota, berdekatan dengan ring 1 alias Istana Negara.

Sekilas Sempur Dari Waktu ke Waktu

Dahulu Sempur merupakan lahan persawahan yang kemudian beralih menjadi daerah permukiman. Jaraknya yang tidak jauh dengan Istana Bogor menjadikan Sempur sebagai pemukiman favorit bagi orang-orang Eropa. Entahlah, bagiku Sempur tidak lain halnya dengan Alun-Alun Kota Bogor seperti alun-alun yang ada beberapa kota yang dulunya memiliki istana pada zaman kerajaan.

Sempur yang dulu bukanlah yang sekarang~

lapangan basket yang bisa digunakan siapa aja.

Sebelum menjadi Taman Sempur, Sempur merupakan sebuah Lapangan umum (bukan lapangan bola). Masyarakat Bogor datang untuk berolahraga di tengah lapangan, duduk-duduk, ataupun sekedar jajan. Waktu itu Lapangan Sempur sering kali menjadi tempat pelepas penat dan tempat para PKL. Sempat juga setelah adanya kebijakan Car Free Day Bogor yang dilaksanakan di sekitaran Lapangan Sempur pada setiap hari Minggu, Lapangan Sempur akan dipadati dengan banyak sekali orang yang niatnya-mau-olahraga-tapi-malah-cari-jajan.

Kemudian setelah Bogor mendeklarasikan dirinya sebagai kota yang ramah dengan pelari, Lapangan Sempur pun mulai direvitalisasi dan menjelma menjadi Taman yang memiliki Jogging track yang super cantik dan menarik.

Menghabiskan hari di Taman Sempur

Sekarang mau itu pagi, siang, sore, atau pun malam, sempur menjadi tempat favorit bagi warga Bogor. Tidak hanya menjadi tempat untuk jogging, Sempur juga menjadi pusat kegiatan bagi semua kalangan. Baik itu anak-anak, remaja, atau pun orang dewasa memiliki space yang sama.

Sempur bisa menjadi lokasi yang tepat untuk hanya sekedar duduk-duduk menghirup udara segar, meeting point, kegiatan sosial, berolahraga, atau mengasuh anak-anak. Pada akhir minggu biasanya dari berbagai komunitas di Bogor sering kali mengadakan kegiatan di Sempur. Seperti pada saat adanya musibah banjir dan longsor yang menimpa Jakarta-Bogor belum lama ini, berbagai komunitas mengadakan penggalangan dana dan bantuan yang dengan meeting poin di Sempur.

Duduk-duduk di siang hari dibawah pohon rindang.

Untuk komunitas-komunitas tertentu yang sering mengadakan pentas terbuka, biasanya akan melakukannya di sekitar Taman Ekspresi. Taman Ekspresi tempat yang cocok untuk sekedar duduk-duduk bersama teman, ngumpul dan menghabiskan malam.

Bagi kalian yang senang berolahraga sendirian, barang bawaan bisa dititipkan ke pos polisi yang berada di area jogging track sehingga tidak perlu takut kehilangan. Jogging track yang dipasang mengitari lapangan terbuat dari semacam karet sintetis sehingga tidak membuat kaki cepat capek atau kotor jika setelah hujan.

Jika tidak menyukai olahraga lari, di Sempur juga terdapat arena skateboard, wall climbing, dan juga lapangan basket yang bisa digunakan secara umum.

Semakin sore banyak jajanan enak enak loh.

Di sini juga terdapat aneka jajanan street food Bogor yang murah meriah dan menggiurkan. Aneka jajanan seperti es doger, mie ayam, cimol dan jajanan lainnya dijajaki oleh pedagang kaki lima. Sehabis olahraga, kemudian jajan dan duduk di taman ekspesi atau pinggir lapangan bisa menjadi acara yang sederhana tapi romantis.

Salah satu acara yang pasti diadakan di sini yaitu upacara bendera. Di sempur terdapat tiang bendera yang besar. Pada waktu-waktu tertentu seperti Hari Kemerdekaan, maka Sempur digunakan sebagai lapangan upacara. Beberapa sekolah SMA maupun SMP di Kota Bogor juga sering menggunakan Lapangan Sempur sebagai arena latihan baris berbaris.

Nah bagi kalian yang akan mengunjungi Sempur, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, ketertiban, dan menjaga fasilitas yang ada di sana. Karena Taman Sempur milik kita semua!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.