Taman Pelangi Yogyakarta, Wisata Murah dan Syahdu

0
108
Festival Lampion.

Memilih berwisata ke Yogyakarta memang sebuah pilihan yang tepat. Kehangatan dan keramahan warga Yogyakarta seperti sebuah magis tersendiri yang membuat setiap orang kembali ke Yogyakarta. Banyak sekali tempat yang dapat dikunjungi ketika berkunjung ke Yogyakarta. Tidak hanya wisata budaya, teman-teman juga dapat menemukan wisata kekinian yang tetap dipadupadankan dengan sisi budaya seperti taman pelangi Yogyakarta. Wisata Taman Pelangi Jogja Monumen Jogja Kembali cocok sekali sebagai wisata keluarga, maupun untuk kalangan anak muda. Pemandangan lampion di malam hari begitu memanjakan mata, serta sangat bagus sekali menjadi tempat berburu foto selfie yang keren.

Beragam peristiwa bersejarah yang telah terjadi dapat teman-teman lihat kembali dengan mengunjungi Museum Monumen Yogya Kembali. Monumen ini merepresentasikan kembalinya ibukota Yogyakarta sebagai tanda berakhirnya kekuasaan kolonial Belanda. Bentuk bangunan yang berbentuk kerucut selayaknya sebuah bangunan yang berbentuk gunung. Konon menurut beberapa sumber, bentuk gunung pada museum yang diresmikan pada 29 Juni 1985 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Sri Paduka Pakualam VIII ini, bermakna kesuburan sebagaimana gunung yang hijau dan subur. Di dalamnya teman-teman juga dapat menyaksikan diorama-diorama dan beragam koleksi yang mengisahkan perjuangan bangsa Indonesia.

Lampion Kerang Mutiara.

Dengan bentuk bangunan yang unik dan instagrammable, Museum Monjali terdiri dari 3 lantai yang berisi segala hal yang terkait dengan sejarah tadi. Satu lantai berisi segala barang dan peralatan peninggalan sejarah masa kemerdekaan. Lantai lainnya berisi diorama dan tempat untuk mengenang jasa para pahlawan.

Untuk mencapai Taman Pelangi, teman-teman bisa menggunakan berbagai kendaraan mulai dari kendaraan roda dua hingga bus pariwisata. Bagi teman-teman dari luar kota dan menggunakan moda transportasi kereta api yang datang dari Stasiun Tugu, kalian dapat berjalan menuju Halte Malioboro 1, lalu naik bus Trans Jogja rute 2A dan turun di Halte Ring Road Utara. Sedangkan bagi teman-teman yang datang dari Terminal  Jombor, bisa naik bus Trans Jogja rute 2B dan turun di Halte Ring Road Utara.

Taman Pelangi memiliki jam operasional Senin-Jumat dari jam 16.30 sampai jam 22.00. Pada Akhir pekan buka dari jam 17.00 sampai jam 23.00. Dan untuk bisa menyaksikan warna-warni lampion di Taman Pelangi pengunjung dikenakan biaya tiket Rp 30.000 untuk tiket saat tahun baru kemaren. Dan untuk hari biasa harga tiket Rp 10.000 jika tidak mengalami kenaikan.

Taman Pelangi di Malam Hari.

Dikarenakan saya berkunjung ke taman lampion bertepatan dengan perayaan malam tahun baru, maka terdapat beberapa acara menarik lainnya yang disajikan pihak pengelola taman pelangi. Seperti panggung hiburan dan acara puncak festival lampion yang menambah kesan Yogyakarta itu hangat.

Tapi teman-teman tidak perlu khawatir untuk hari biasa, taman pelangi juga menjadi salah satu destinasi wisata malam yang menarik untuk dikunjungi. Aneka lampion dari yang berukuran kecil, sedang, sampai besar tersebar di setiap sisi taman pelangi Jogja yang mengelilingi Monumen Jogja kembali.

Warna-warni yang disajikan di tengah gelap malam tentu menjadi daya tarik yang memikat mata. Selain indah dipandang mata, aneka lampion ini juga sangat bisa diandalkan sebagai tempat berfoto dan selfie. Selain itu di tengah komplek taman juga terdapat kolam besar yang dilengkapi dengan permainan bebek kayuh.  Dan bagi yang ingin istirahat, sholat dan makan juga tidak perlu khawatir karena kawasan wisata ini fasilitasnya sudah sangat lengkap. Untuk tempat parkir juga sangat luas, terutama untuk yang membawa kendaraan roda empat dari luar kota.

Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.