Taman Lansia – Bandung

1
1549

Taman Lansia – Bandung.

Suatu hari ketika liburan, saya mengajak anak-anak untuk jalan pagi seputar rumah, Kami jalan menelurusi Jalan Cihapit, kemudian menyebrang ke Jalan Taman Cibeuying, sampai akhirnya kami tiba di Jalan Cisangkuy. Nah, perlu diketahui, di daerah seputar Gedung Sate terdapat banyak taman. Sejak Pak Ridwan Kamil menjadi walikota Bandung, maka taman-taman ini direnovasi sedemikian rupa dan diberi tema. Di antaranya adalah Taman Cibeuying dan Taman Lansia. Yang mau saya ceritakan di sini adalah Taman Lansia.

Taman Lansia - Bandung

Sesuai namanya, taman ini diperuntukan bagi para orang tua lanjut usia yang hendak berjalan-jalan di taman. Ternyata ketika saya tiba di sana, banyak orang yang sedang jogging atau jalan pagi di sana. Bukan cuma orang tua, tapi lebih banyak bapak/ibu berusia sekitar 30-60 tahun. Jadi saya dan anak-anak bergabung untuk ikut jalan kaki. Ternyata jogging di sana enak sekali. Kami tidak kepanasan karena taman tersebut penuh dengan pohon-pohon rindang, dan sejauh mata memandang itu, semuanya kelihatan hijau sehingga mata juga jadi segar.

Taman Lansia - Bandung

Di taman tersebut dibuat jalur untuk berjalan mengelilingi taman, yang bisa dilalui oleh dua orang yang berjalan berdampingan. Track nya tidak rata seperti di GOR, tapi ada jalan menaik, kemudian menurun.

IMG_20151130_075658

Juga ada banyak tempat duduk dengan meja-meja untuk orang duduk-duduk di sana.

Taman Lansia - Bandung

Di tengah-tengah juga ada jembatan, dengan anak tangga untuk orang bisa naik turun.

Taman Lansia - Bandung

Di salah satu bagian taman, ada jalan yang diatasnya terdapat banyak batu-batu kecil, untuk orang berjalan di atasnya tanpa alas kaki, katanya itu baik untuk kesehatan karena batu-batu itu akan menekan syaraf yang ada di telapak kaki.

Taman Lansia - Bandung

Selain banyak yang jogging, banyak juga orang yang datang untuk foto-foto. Ada sekelompok anak kuliah yang datang, sepertinya untuk belajar fotografi.  Ada juga keluarga yang membawa bayinya untuk di foto. Bahkan ada wanita cantik yang sepertinya foto model, juga sedang diarahkan gayanya oleh fotografer di sana.

Sejak itu saya memutuskan untuk berganti tempat jogging dari GOR ke Taman Lansia. Alasan utamanya adalah selain di sana lebih adem, sepatu saya juga tidak kotor oleh tanah merah yang biasa menjadi track GOR.

Oya di hari-hari tertentu, ada juga kelompok yang melakukan senam aerobik. Kalau tidak salah setiap hari Rabu dan Jumat Jadi dipasang lagu dari tape yang dibawa sang instruktur, kemudian mereka mulai dari jam 7.30-8.30 untuk senam. Bukan cuma ibu-ibu saja, tapi banyak bapak-bapak juga yang ikutan.

Nah, setelah selesai berolah raga, yang gawat adalah di sekeliling luar taman lansia, terdapat banyak sekali kios-kios makanan, mulai dari ayam penyet, bubur, kupat tahu, nasi kuning, dll. Juga banyak rumah makan yang asyik buat nongkrong, misalnya Yoghurt Cisangkuy yang sudah terkenal sejak jaman dahulu, ada Pasar Cisangkuy, dll. Bahkan di dalam taman  juga banyak penjual baso cuanki khas Bandung. Jadi, setelah membuang kalori, kita bisa tergoda untuk langsung mengisi kalori lagi dengan jajan di sekitar Taman Lansia.

Taman Lansia - Bandung

Ada satu hal lagi yang menarik khususnya untuk para wisatawan dari luar kota, khusus hari Sabtu, Minggu, dan Libur, di luar Taman Lansia akan ditemukan banyak sekali kuda. Para wisatawan dipersilahkan untuk menyewa kuda, didampingi oleh mas-mas yang membawa kuda tersebut, dengan membayar sekitar Rp 15.000 – 25.000 untuk sekali putaran di luar taman. Anak-anak biasanya sangat suka naik kuda. Ada juga delman yang bisa dinaiki satu keluarga. Bagus juga untuk foto-foto sambil naik kuda ini.

IMG_20150924_112723

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.