Taman Indonesia Kaya, Pilihan Asyik Menghabiskan Malam di Semarang

0
578
Aula Taman Indonesia Kaya.

Ketika berjalan-jalan di Semarang beberapa waktu lalu, saya dikejutkan dengan sebuah foto taman yang sangat cantik. Foto tersebut menggambarkan sebuah taman berhiaskan lampu taman menawan. Saya pun menyempatkan untuk menyambangi taman tersebut. Setelah saya lihat lokasinya, ternyata letaknya tak jauh dari kawasan Simpang Lima. Tepatnya berada di depan SMA Negeri 1 Semarang. Untuk datang ke taman ini, saya hanya perlu naik BRT Trans Semarang dan turun di depan halte sekolah tersebut.

Baru saja turun dari bus, saya langsung takjub. Ternyata benar, gemerlap lampu kuning bak kunang-kunang terlihat apik dari kejauhan. Inilah taman yang saya maksud. Taman Indonesia Kaya atau sering disebut TIKA. Saking tidak sabarnya, saya sampai berlarian menuju pintu masuk taman ini. Ternyata, ada banyak pintu masuk yang bisa dibuat untuk berfoto.

Saya memlilih masuk melalui pintu yang berdekatan dengan sebuah aula besar. Di sana, banyak keluarga berkumpul menghabiskan malam. Anak-anak berlarian ke sana ke mari dan terlihat sangat mengasyikkan. Ah, saya juga ingin main, tapi ya ingat umur lah.

Maka, saya pun langsung menuju kerlip lampu yang terpasang di pepohonan di sekeliling aula tersebut. Lampu-lampu itu tertata rapi dan cukup banyak sehingga nyalanya sangat terang. Saya mengikuti alur jalan setapak yang membawa saya semakin jauh ke bagian dalam taman ini.

Area Pejalan Kaki yang Bisa Digunakan Untuk Berkelliling.

Beberapa kali terlihat ornamen khusus yang juga menjadi pemanis dari taman ini. Salah satunya adalah ornamen tokoh wayang Pandawa. Ada Puntadewa, Werkudara (Bima), Janaka (Arjuna), serta si kembar Nakula dan Sadewa. Ornamen wayang ini juga berhiaskan kerlip lampu yang dari kejauhan tampak berkilau.

Berjalan cepat membuat saya sedikit lelah. Maka, saya memutuskan untuk berhenti sebentar untuk duduk di kursi taman yang tersedia cukup banyak. Jadi, saya tak sampai kehabisan tempat duduk untuk menikmati malam indah di Taman Indonesia Kaya Semarang ini.

Selepas mengambil satu buah jepretan, saya kembali menyusuri jalan setapak tersebut. Ternyata, ada banyak persimpangan yang membuat saya takjub. Taman ini benar-benar didesain dengan detail yang unik. Jadi, saya seperti berada di negeri dongeng yang memiliki banyak pilihan kenikmatan. Tinggal pilih saja jalan yang mana yang disukai.

Saya terus memotret tiap bagian taman ini. Memotret keindahan dan juga kebersihannya. Ya, saya tidak menemukan satupun sampah yang tercecer di taman ini. Banyaknya tong sampah yang tersebar bisa jadi salah satu alasannya. Namun, saya yakin warga Semarang yang memiliki taman ini sangat kaya akan budaya. Salah satunya adalah budaya menjaga kebersihan ini. Oleh karena itu, nama Taman Indonesia Kaya sangat tepat jika disematkan pada taman yang terletak tepat diantara Semarang bagian atas dan bawah ini.

Karakter Pandawa Lima.

Saya terus berjalan menyusuri jalan setapak tersebut. Pada sebuah ujung jalan, saya mendengar suara gemericik air dan tawa keras dari anak-anak. Ternyata, di sana ada air mancur menari yang sedang dinyalakan. Ketika baru pertama datang tadi, air mancur itu belum menyala. Air mancur ini terletak di sisi kiri dari bangunan aula tersebut.

Penuh dengan anak-anak yang bermain air, saya jadi terbawa suasana. Walau malam telah datang, anak-anak itu tak menghiraukan dinginnya udara. Orang tua mereka pun tak terlalu risau meski air mancur menghujam tubuh anak-anaknya. Yang penting, mereka tak terlalu lama dan segera membilas diri setelah usai bermain di toilet yang tak jauh dari air mancur tersebut.

Keceriaan anak-anak itu bermain semakin lengkap kala alunan musik dolanan mengalun dari sebuah pengeras suara di dekat air mancur itu. Lagu Gambang Semarang dan Padhang Bulan adalah beberapa lagu yang mengalun. Alunan lagu ini semakin meneguhkan bahwa Indonesia kaya akan budaya sesuai tajuk dari taman ini.

Semoga saja, keindahan dan kebersihan Taman Indoensia Kaya ini tetap terjaga serta menjadi kebanggaan wisata Kota Semarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.