Taman Candra Wilwatikta, Taman Bekas Petilasan Gladi Para Prajurit Majapahit

0
1976
Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Pasuruan

Di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan, ada sebuah taman budaya yang telah dikenal dengan pagelaran sendra tarinya. Taman budaya ini sangat cantik dan instagenik loh teman traveler. Untuk mendapatkan foto-foto instagramable itu teman traveler hanya perlu membayar lima ribu rupiah saja untuk satu mobil. Ya benar, datang rame-rame sampai mobil terisi penuh pun bayarnya cuma lima ribu. Taman budaya tersebut bernama Taman Candra Wilwatikta. Penasaran kan seperti apa taman budaya ini?

Tentang Taman Candra Wilwatikta
Batu Selamat Datang

Taman Candra Wilwatikta merupakan taman budaya yang diyakini sebagai petilasan tempat berlatihnya prajurit-prajurit Majapahit di masa lampau. Oleh sebab itulah tempat ini bernama Candra Wilwatikta yang memiliki arti Sinar Majapahit. Taman Candra Wilwatikta menempati lahan seluas 12,3 hektare. Dari tahun ke tahun taman budaya ini berusaha berbenah, baik memperbaiki maupun memperbaruhi fasilitasnya untuk menarik wisatawan. Salah satu spot yang baru saja direnovasi adalah pendoponya yang dipercantik dan kini bernama Graha Wilwatikta.

Lokasi Taman Candra Wilwatikta
Relief di dinding Graha Wilwatikta

Candra Wilwatikta ini berada di jalan raya Pandaan – Tretes, tepatnya berada di Jalan DR. Soetomo, Sumber Gedang, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Lokasi Taman Candra Wilwatikta ini sangat mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum. Kondisi jalan menuju kesana sudah bagus dan beraspal. Jalannya pun cukup lebar. Terminal terdekat dari Taman Candra Wilwatikta ini adalah Terminal Pandaan. Jaraknya kira-kira 1,7 kilometer. Dari Terminal Pandaan, teman traveler bisa naik ojek atau naik kendaraan umum jurusan Tretes. Lokasi Taman Candra Wilwatikta berada di sebelah kanan jalan raya jika perjalanan dilakukan dari Terminal Pandaan.

Fasilitas Taman Candra Wilwatikta
Kantor resepsionis Taman Candra Wilwatikta

Taman ini memiliki sebuah ampiteater atau panggung terbuka yang mampu menampung pengunjung hingga 15 ribu orang. Jika panggung terbuka di Prambanan memiliki latar belakang Candi Prambanan, panggung megah di Taman Candra Wilwatikta ini berlatar belakangkan Gunung Penanggungan yang indah. Panggung ini pernah digunakan untuk pentas pertunjukan skala nasional maupun internasional. Bahkan di tahun 1971, pertunjukan Sendratari Ramayana Internasional pernah digelar disini hingga mampu mengangkat nama Kecamatan Pandaan. Selain ampiteater, Taman Candra Wilwatikta juga memiliki penginapan dan gedung yang bisa disewa untuk acara pernikahan maupun acara lainnya. Untuk bisa masuk ke Taman Candra Wilwatikta, pengunjung harus melewati pos satpam dan mengutarakan tujuannya. Pengunjung akan dikenai tarif lima ribu rupiah untuk mobil.

Panggung terbuka dengan view Gunung Penanggungan
Spot Foto yang Menarik

Keindahan ampiteater Taman Candra Wilwatikta membuatnya sering dijadikan oleh para fotografer sebagai tempat pengambilan foto, baik foto model maupun prewedding. Di ampiteater yang memiliki Arca Dwarapala di sisinya ini juga sering diadakan acara-acara besar seperti pementasan sendra tari dan pemilihan Duta Wisata Kabupaten Pasuruan. Tak hanya di ampiteater saja, beberapa spot foto menarik lainnya diantaranya di depan kantor resepsionis dan di depan Graha Wilwatikta. Teman traveler bisa bebas mengeksplorasi spotspot foto menarik di taman ini sesuka hati.

Tempat Wisata Terdekat

Salah satu kompleks penginapan

Jika teman traveler mampir ke Taman Candra Wilwatikta, teman traveler bisa sekalian mampir ke tempat-tempat wisata yang dekat dengan taman budaya ini. Di Kecamatan Pandaan sendiri, teman traveler bisa mampir dan berwisata kuliner di Taman Dayu atau Kawasan Wisata Cheng Hoo. Sedangkan di Kecamatan Prigen, teman traveler bisa mampir ke Kawasan Wisata Tretes atau ke Candi Jawi. Untuk teman traveler yang berasal dari luar kota, teman traveler juga bisa sekalian menginap di Taman Candra Wilwatikta loh.

Ternyata bekas petilasan gladi para prajurit Majapahit bisa disulap menjadi taman budaya yang cantik, ya. Gimana nih teman traveler? Sudah ada rencana mau berkunjung kesini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.