Taman Botani Sukorambi, Wisata Hijau yang Bisa Dilakukan Saat City Tour di Jember

0
468
Taman Botani Sukorambi
Ini dia spot foto yang paling favorit di Taman Botani Sukorambi.

Kalau Bogor punya Kebun Raya yang selalu bikin mupeng buat mampir saking ijo royo-royonya, Jember punya Taman Botani Sukorambi yang bisa jadi kebanggaan warganya, termasuk saya, hehe. Saat tinggal di Jabodetabek, saya terobsesi masuk ke Kebun Raya Bogor. Sayangnya sampai saya pindah ke Jember, hal itu belum terpenuhi dan hanya berhasil melihatnya dari trotoar jalanan.

Maka saat saya tahu di Jember ada sebuah taman dengan pohon-pohon besar, dan sebagian tua, saya penasaran. Sempat bertanya ke beberapa orang, apakah jalanannya terjal atau bikin ngos-ngosan saat menyusurinya, dan apakah benar suasananya hijau menggoda dan memanjakan mata. Pertanyaan itu terus menghantui saya.

Akhirnya, saya pun berkunjung kesana. Letaknya di Jalan Muhajir Sukorambi, sekitar 15-20 menitan dari arah kota menggunakan kendaraan bermotor. Begitu sampai di pelatarannya, kamu akan disambut lahan parkir yang sangat luas dan tulisan entrance besar yang kemudian mengantarkan kamu pada loket. Cukup murah untuk ukuran taman edukasi sekaligus destinasi wisata alam sekaligus buatan, yaitu Rp. 12.000 untuk weekday dan Rp. 20.000 untuk weekend. Tapi ingat ya, jangan kesini di hari Jumat, karena operasionalnya sedang libur.

Memasuki bagian depan Taman Botani Sukorambi, kamu akan disambut pepohonan yang tinggi-tinggi semacam sawit, kemudian di kanan kiri juga banyak tumbuhan hijau dan masing-masing ada papan nama pohonnya. Di sebelah kiri, kamu akan langsung dibuat penasaran dengan Kebun Edukasi Hidroponik yang sangat terawat. Masuklah untuk menanyakan pada petugas tentang sayuran hidroponik ini, dan jangan lupa ambil fotomu di tengah-tengah hamparan sayur yang seolah memanggil untuk segera dimakan dan dibawa pulang.

Iyap, boleh loh bawa pulang. Aneka sayur seperti kangkung, sawi, selada, dan sebagainya bisa dibeli disini. Sepaket dengan harga Rp. 5.000 aja udah cukup banyak, sekitar 3 batang kalau enggak salah.

Ada Apalagi? Tenang, ada banyak pilihan kok, seperti :

Wisata Edukasi

Selain kebun edukasi hidroponik, kamu juga bisa melongok Bunny and Friends Village yang berisi berbagai jenis kelinci, peternak maupun pedaging. Ada juga landak, dan lain-lain yang disebut friends tadi, hehe. Kamu juga bisa memegang kelinci secara langsung dengan petunjuk petugas dan bermain-main sebentar. Ah, gemas!

Ada pula track khusus menuju kandang rusa, yang di sepanjang jalannya, kamu juga bisa menyapa kalkun, dan ikan lobster yang hanya bisa dilihat pada hari Selasa. Sesampainya di kandang rusa, kamu bisa mencoba sensasi memberi makan rumput. Kalau masih ingin istirahat sejenak, area ini dipenuhi rerumputan yang dilindungi pohon-pohon yang bikin sejuk. Piknik santai rasanya enak banget disini.

Yang terbaru, ada Taman Koi yang bisa kamu temui saat berjalan ke bawah melewati jalan menurun yang cukup tajam. Letaknya tepat di sisi kiri sebelum kamu menemukan kolam renang dewasa yang utama di tengah-tengah. Taman Koi ini didesain dengan gaya arsitektur Janapanese style yang bikin betah. Ikannya juga sangat menyegarkan mata, dari ukuran besar hingga kecil. Dan, kamu juga bisa memberinya makanan khusus yang bisa dibeli dengan harga Rp. 5.000 per pack kepada petugas. Sebarkan makanan ikannya ke satu titik, julurkan tangan atau celupkan saja kedua kakimu untuk bersenda gurau dengan ikan seperti sensasi dipijat tipis-tipis.

O iya, 2019 ini juga ada kijang atau rusa di sepanjang jalan menurun menuju Taman Koi tadi.

Taman Bunga

Taman Botani Sukorambi
Rumah kaca berisi bunga yang bikin seger.

Kalau Taman Bunga ini saya juga baru banget berkunjung. Ternyata letaknya ada di belakang parkir sepeda motor. Mulai dari bunga krisan hingga bunga anggrek yang cantik dan terawat tersedua di green house, dan bisa juga dibeli untuk dibawa pulang. Jangan lupa untuk berfoto disini, cantik banget hasilnya. Plus hati rasanya plong dan terhibur lihat kupu-kupu berkeliaran merubung kuncup ataupun bunga yang sedang mekar.

Kolam Renang dari Mata Air

Taman Botani Sukorambi
Kolam renang dari mata air alami.

Ga perlu kuatir ajak anak, adek atau keponakan atau krucil lainnya, kolam renangnya sangat lengkap. Ada kolam renang dewasa, anak-anak, dan dua kolam pelangi yang bisa dinikmati sekaligus dengan tiket masuk. Jadi, ga perlu membayar lagi untuk berenang. Yey! Airnya itu loh, tanpa kaporit, segerrr dan ga bikin lengket, karena dari mata air bukit yang ada disana. Dan, air bekas kolam renang itu juga mengalir lagi untuk irigasi sawah-sawah di sekitarnya. Keren ya! O iya, buat yang muslimah dan ingin privat berenang bebas, ada Muslimah Private Area yang bisa disewa perjam dengan beramai-ramai dengan keluarga atau teman atau bahkan mengadakan event disni, yaitu cuma Rp. 100.000 per jam. Eksklusif banget tempatnya.

Cafe Tebing

Nah, ini spot favorit yang paling baru juga. Letaknya di depan, yaitu di dekat kantor manajemen Taman Botani Sukorambi, atau di dekat Bunny & Friends Villlage. Suasananya sangat nyaman, semi outdoor dengan angin sepoi-sepoi dan kamu bisa merasakan sensasi makan di atas tebing dengan pijakan lantai berupa kaca. Hehe, buat yang agak takut dengan ketinggian, cukup memicu adrenaline juga. Tempat ini juga kerap dijadikan wedding spot loh beberapa kali terakhir.

Rumah Pohon

Kalau ingin bersantai di tempat yang agak berbeda sambil menikmati cemilan, naiklah ke rumah pohon yang terletak di atas pondok pancing atau di dekat pondok baca. Lega menikmati pemandangan Taman Botani dari atas sambil selonjoran setelah berhasil naik.

Wahana Seru Lainnya

Masih ingin mengeksplorasi Taman Botani Sukorambi? Masih ada wahana seperti sepeda angsa yang siap dikayuh mengelilingi semacam danau, ada juga water ball raksasa yang bisa coba kamu masuki dan berguling-guling di atas danau juga. Kalau ingin mencoba flying fox, bisa dengan menghubungi petugas. Atau ingin menikmati camping, memancing, dan melepas lampion di malam hari, hm kamu bisa menghubungi petugas ya. Dijamin seru, karena saya sudah dua kali coba kemping disana, hehe.

Spot Foto Instagenic

Taman Botani Sukorambi
Salah satu spot foto favorit.

Hari gini menikmati petualangan atau wisata tanpa foto yang diunggah ke Instagram? Rasanya ada yang kurang ya. Jangan kuatir, di Taman Botani Sukorambi ada banyak spot foto instagenic yang bisa kamu maksimalkan. Mulai dari di tiap tempat asik tadi. Dan di spot yang sudah disediakan seperti: area payung warna warni, cermin yang bisa dibuat untuk selfie/wefie di area yang sama, tembok berjulur tanaman rambat hijau dengan tulisan Taman Botani Sukorambi, latar sawah dengan tulisan Taman Botani Sukorambi, dan juga batang pohon besar yang ada di dekat Pondok Baca atau di area yang biasa dibuat kemping.

Jadi, kalau berkunjung ke Jember dan ingin city tour saja dengan nuansa alam yang ga kalah dengan suasana pegunungan atau bukit yang sejuk, Taman Botani Sukorambi juga bisa menjadi pilihan. Pulangnya ingin membawa hasil buah dan sayur yang ada disana? Bisa banget dengan datang ke Taman Edukasi Hidroponik atau Horti Hut yang menyediakan buah-buahan segar.

Taman Botani Sukorambi
Pas naik turun, bisa cobain naik golf cart yang satu ini.

Satu lagi, kalau kamu ingin mengolah fisik sekaligus, bisa menggunakan jalur tangga untuk naik kembali ke start awal taman Botani Sukorambi atau dari area bawah ke atas. Tapi, kalau ingin menikmati sensasi menaiki golf cart dengan track tajam, boleh dicoba. Tenang saja, para pengemudi golf cart sudah sangat teruji, kok 🙂 Tarifnya hanya Rp. 10.000 untuk dewasa dan Rp. 5.000 untuk anak-anak. Siap berpetualang?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.