Takut Gemuk Saat Traveling? Yuk Coba Olahraga Pound Fit!

0
1391
Tersedia alat-alat olahraga yang beragam.

Bagi seorang traveler, rasanya tidak afdol apabila belum mencoba makanan khas daerah yang dikunjungi. Belum lagi menemukan jajanan-jajanan sisi jalan yang menarik ketika berjalan menyusuri jalanan kota sembari mencari objek bagus untuk di abadikan. Alhasil, entah berapa kalori yang kita konsumsi setiap hari selama liburan. Setelah bersenang-senang, eh sedih lagi ketika melihat timbangan yang tidak disadari bergerak perlahan ke kanan. Bisa tidak ya makan banyak, jajan ini itu tapi timbangan tetap ideal?

Bagi anda yang pernah terlintas pertanyaan seperti ini, selamat! Anda tidak sendirian karena saya pun beberapa kali berpikir demikian ketika liburan. Maka dari itu, saya iseng mencari olahraga yang bisa saya cicipi ketika libur. Pilihan saya jatuh kepada sebuah olahraga bernama Pound Fit yang menurut saya cukup unik karena menggunakan stik drum.

Olahraga Pound Fit.

Setelah saya cari tahu lebih lanjut, ternyata Pound Fit ini sudah ada di U.S sejak tahun 2011, diciptakan oleh Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom namun baru masuk ke Indonesia pada tahun 2016 oleh Laila Munaf, pendiri Sana Studio Jakarta. Awalnya Pound Fit hanya berpusat di Jakarta karena memang belum banyak orang yang mengenal olahraga satu ini dan masih minim yang mengambil license Pound. Lambat laun Pound Fit mulai merambah ke kota besar lain, salah satunya adalah Kota Kembang.

Olahraga yang memadukan antara kardio, yoga, dan pilates ini memang cukup menarik apabila dilihat dari segi manfaat dan gerakannya. Penggabungan 3 jenis olahraga menjadi satu membuat semua bagian tubuh dan otot mendapatkan efek secara keseluruhan, bahkan bisa membakar hingga 600 kalori apabila dilakukan dengan teknik yang tepat. Itulah mengapa Pound Fit juga merupakan jenis latihan full body workout. Selain gerakannya yang unik karena memadukan 3 jenis olahraga sekaligus, Pound Fit juga memiliki sebuah alat yang membedakannya dengan olahraga lain yaitu Ripstix.

Suasana ketika menunggu peserta lain dan Kak Rini.

Ripstix tersebut berguna untuk melakukan gerakan yang dinamakan “drumming” (gerakan seperti menabuh drum) sebagai bentuk latihan kardionya. Ripstix ini berbentuk seperti stik drum dengan bahan plastik yang hanya tersedia dalam warna hijau terang serta cukup ringan untuk digenggam. Ternyata, ada sebuah alasan menarik mengapa dipilih warna hijau sebagai warna seluruh ripstix Pound Fit. Dilansir dari akun official instagram Pound Fit (@poundfit), ternyata penelitian menunjukkan bahwa manusia lebih fokus ketika melihat warna hijau dibandingkan warna lain. Hal ini membuat peserta lebih mudah untuk mengikuti gerakan ripstix instruktur. Menarik sekali ya, ternyata olahraga yang satu ini.

Saya dan peserta lain yang ikut kelas Pound Fit hari itu.

Long weekend di bulan Maret ini saya mencoba untuk mengunjungi sebuah studio olahraga di Jl. Gandapura no 55, Bandung yang bernama Amity Pilates Studio. Namanya memang pilates studio, namun banyak jenis olahraga yang tersedia di studio ini mulai dari Pilates, Yoga, Tower, Reformer, Fascia Release, TRX, Zumba, Strong by Zumba, Pound Fit, Muay Thai, dan yang paling baru adalah Taebo.

Saya memilih kelas Pound Fit pada Jumat sore pukul 15.45 dengan harga kelas single visit sebesar Rp 75,000,00. Setiap kelas memiliki tarif yang berbeda-beda dan akan lebih hemat apabila anda menjadi member karena akan dikenakan harga member. Menurut saya, untuk ukuran studio yang cukup luas, alat olahraga memadai, dan kamar mandi bersih, wajar apabila Amity menetapkan harga kelas yang terbilang cukup mahal. Apa lagi instruktur yang tersedia pun sudah berpengalaman dan berkompeten mengajar.

Saya bersama instruktur Pound Fit tercinta, Kak Rini.

Kelas Pound Fit berlangsung selama satu jam mulai pukul 15.45 sampai 16.45 bersama instruktur yang saya panggil Kak Rini.  Beliau dahulu mengikuti kelas Pound Fit di Jakarta sampai akhirnya memutuskan untuk mengambil license di tahun 2018 dan pindah ke Bandung untuk mengajar di Amity.

Beliau sangat ekspresif dan bersemangat sehingga kelas Pound Fit hari itu terasa sangat menyenangkan walaupun mulai terasa ada otot yang nyeri di daerah paha dan betis. Pound Fit memang lebih menekankan ke gerakan yang membentuk otot di daerah lower body sehingga rasa “pedas” di tubuh daerah bawah seperti otot paha atas, otot paha bawah, dan betis adalah hal yang lumrah.

Bagi sobat traveler yang sedang berada di Bandung ketika liburan dan penasaran dengan olah raga satu ini, yuk coba kelas Pound Fit di Amity Pilates Studio Bandung. Dijamin tidak akan menyesal dan bikin ketagihan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.