Tahu Tauhid Lembang
Tahu Tauhid Lembang.

Lembang adalah dataran tinggi di arah utara Bandung. Di Lembang, kita bisa menikmati udara sejuk pegunungan dan suasana asri dataran tinggi. Selain terkenal dengan wisata alamnya, Lembang terkenal dengan wisata kulinernya. Kawasan Lembang selalu macet dan dipenuhi wisatawan hampir setiap weekend, tujuan utamanya adalah wisata alam dan kuliner. Banyak kuliner lezat yang bisa kita cicipi ketika berkunjung ke Lembang. Ada sate kelinci, ketan (ulen) bakar, masakan khas Sunda di Punclut, susu murni, yoghurt, tahu Lembang, dan masih banyak lagi.

Tahu Lembang adalah kuliner yang khas dan ikonik. Tahu Lembang sedikit berbeda dengan tahu Cibuntu (Bandung) dan tahu Sumedang. Tekstur dan rasanya berbeda, hampir mirip tahu Cibuntu. Kalau penasaran, kamu bisa kulineran ke Tahu Tauhid.

Tahu Tauhid kuliner Lembang
Tahu Tauhid Goreng.

Tahu Tauhid adalah sentra pembuatan tahu Lembang yang sudah terkenal sejak dulu. Tempat ini awalnya berupa pabrik pembuatan tahu, tetapi lama kelamaan berkembang menjadi sentra kuliner yang banyak dikunjungi wisatawan. Disana, kamu bisa cobain tahu yang autentik dengan harga murah meriah, harga tahu gorengnya cuma 1200 rupiah per buah.

Kita juga bisa beli tahu mentahnya untuk dibawa pulang, harganya dari 800 sampai 1000 rupiah per buahnya. Gimana? Murah kan?

Favorit saya sih tahu gorengnya, enak banget. Biasanya dikasih sambel kecap dan cabai, kalau mau sedikit kenyang, bisa makan pakai lontong. Selain makan tahu Lembang, kamu juga bisa coba berbagai macam panganan. Seperti bandrek, bajigur, seblak, dim sum, sate kelinci, dan lain lain.

Sate Kelinci di Tahu Tauhid
Sate Kelinci di Tahu Tauhid.

Saya sempat mencoba sate kelinci, unik sih. Di daerah lain, saya belum pernah menemukan sate kelinci dan memang sate kelinci ini ciri khas kuliner dari Lembang. Tekstur daging kelinci yang disate mirip seperti ayam, hanya sedikit lebih keras dan berserat. Biasanya, makan sate kelinci dibarengi dengan lontong atau nasi, seperti sate pada umumnya. Kalau melihat kondisi alam Lembang, mudah untuk kita menemukan peternakan kelinci. Kelinci memang hewan yang cocok diternak pada kawasan dataran tinggi atau pegunungan. Sehingga di Lembang ini, kelinci menjadi bahan panganan yang lezat dan punya ciri khas tersendiri. Harga rata rata sate kelinci sekitar 20 ribu sampe 30 ribuan rupiah saja, udah dikasi nasi atau lontong. Rumah makan sate kelinci yang terkenal adalah sate kelinci karmel, banyak sekali kedai sate kelinci disana. Salah satu rumah makan itu membuka cabang di Tahu Tauhid, jadi gak perlu pusing pusing nyari lagi.

Tahu Tauhid lantai dua
Tahu Tauhid lantai dua.

Tahu Tauhid biasanya penuh kalau weekend, salah satu tempat kuliner murah meriah di Lembang yang menjadi lokasi favorit wisatawan saat ke Lembang. Untuk fasilitasnya, tempat ini cukup nyaman. Ada banyak meja dan bangku untuk tempat kita makan, ada dua lantai bahkan. Lantai pertama berdampingan dengan kasir, dapur, dan food stall. Lantai kedua kosong melompong, ada beberapa kursi dan meja yang nyaman buat nyantai dan makan.

Lahan parkirnya juga luas, bisa menampung sampai puluhan mobil dan motor. Ada mushola juga. Letaknya sangat strategis untuk dijangkau. Tepat sekali di seberang “De Ranch, Lembang”.

Kalau kita dari arah Bandung, sebelum sampai di Pasar Panoram Lembang, kita masuk ke Jalan Raya Maribaya. Lalu, tepat diantara belokan menuju Jalan Sesko AU kita bisa melihat plang “Tahu Tauhid”. Aksesnya mudah sekali.

Tertarik kulineran ke Lembang? Yuk ke Tahu Tauhid!

Jam Buka
Setiap Hari 07.00-19.00 Wib

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.